Zelenskyy Desak Uni Eropa Kirim Senjata Berat dan Hentikan Bisnis dengan Rusia | DW | 30.05.2022

by -5 views
zelenskyy-desak-uni-eropa-kirim-senjata-berat-dan-hentikan-bisnis-dengan-rusia-|-dw-|-3005.2022

Kantor Zelenskyy memposting video yang menunjukkan dia mengenakan rompi anti peluru dan di depan bangunan yang hancur parah di Kharkiv.

Untuk pertama kalinya sejak invasi Rusia Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengunjungi kota timur Kharkiv hari Minggu (29/5) dan mengatakan dia telah memecat kepala keamanan Kharkiv “karena tidak bekerja untuk mempertahankan kota sejak hari-hari pertama perang skala penuh, tetapi hanya memikirkan dirinya sendiri”. Kantor Zelenskyy memposting video di Telegram yang menunjukkan dia mengenakan rompi anti peluru dan di depan bangunan yang hancur parah di Kharkiv.

Zelenskyy juga mengatakan pemboman tanpa henti Rusia telah menghancurkan kota timur Severodonetsk, yang sekarang menjadi fokus utama pasukan Moskow. “Semua infrastruktur penting telah hancur… Lebih dari dua pertiga perumahan kota telah hancur total,” katanya.

Dalam sebuah wawancara dengan CNN dia mengakui bahwa “berhasil” dalam hal persenjataan, “mereka melebihi jumlah kita, mereka mengalahkan kita.” Dalam pidato televisi terpisah, dia mengatakan Ukraina akan melakukan segala yang bisa dilakukan untuk menahan serangan Rusia di timur. “Tidak ada hari di mana kami tidak mencoba menemukan lebih banyak senjata, lebih banyak senjata modern untuk mempertahankan negeri kami, membela rakyat kami.”

Zelenskyy mendesak Uni Eropa menghentikan impor dari Rusia dan segera menyepakati pengiriman senjata berat ke Ukraina. Para diplomat di Brussel telah gagal menyepakati rencana untuk menghapus minyak Rusia secara bertahap. Pembicaraan telah berlangsung selama sebulan dan akan berlanjut hari Senin (30/5). Para petinggii Eropa akan melakukan pertemuan puncak dua hari untuk membahas perang di Ukraina. Presiden Zelenskyy juga dijadwalkan akan berbicara lagi dengan para pemimpin Uni Eropa pada pertemuan itu.

Tentara ukraina memandang ke arah sungai Donetsk di kawasan Luhansk yang jadi salah satu front pertempuran utama

Dua tentara ukraina memandang ke arah sungai Donetsk di kawasan Luhansk yang jadi salah satu front pertempuran utama

Militer Ukraina melakukan serangan balik di Kherson

Pasukan Ukraina melakukan serangan balik di selatan, mengklaim telah mendorong mundur pasukan Rusia di Kherson, satu-satunya wilayah yang sepenuhnya dikendalikan oleh pasukan Rusia.

“Kherson, tunggu sebentar. Kita sudah dekat!” Tweet staf umum Ukraina. Kherson, yang berbatasan dengan Krimea, direbut oleh pasukan Rusia pada bulan Maret dan pejabat yang didukung Moskow di wilayah tersebut baru-baru ini mendorong pencaplokan.

Rusia mengatakan telah merebut kota strategis Lyman dan mengklaim telah mengepung perkotaan pusat Severodonetsk, karena mengobarkan perang habis-habisan untuk Donbas timur — jantung industri Ukraina. Namun seorang pejabat Ukraina membantah klaim bahwa Severodonetsk telah dikepung, dengan mengatakan pasukan pemerintah telah memukul mundur pasukan Rusia dari pinggiran kota.

  • Evolusi manusia berdasar persepsi kartunis Uzbekistan, Makhmud Eshonkulov

    Apa Persepsi Para Kartunis tentang Perang di Ukraina?

    Evolusi senjata

    Orang semula berpikir, umat manusia akan hidup berdampingan secara damai selama ribuan tahun. Namun, seniman Uzbekistan Makhmud Eshonkulov memiliki pandangan berbeda. Dia menggambarkan evolusi dari seekor monyet hingga akhirnya jadi seorang prajurit modern dengan senjata presisi berteknologi tinggi. 

  • Twitter, Facebook, dan Instagram dalam koper senjata fake news

    Apa Persepsi Para Kartunis tentang Perang di Ukraina?

    Gudang senjata yang sangat lengkap

    Perang tidak lagi dilakukan hanya dengan senjata konvensional. Propaganda di semua lini adalah bagian dari perang modern. Dalam karyanya yang berjudul “Modern Weapons,” ilustrator Kuba Miguel Morales menggambarkan media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram sebagai tombol dalam sebuah koper. Kata sandinya adalah “fake.news.”

  • Kartun karya Kazys Kestutis Siaulytis tulang ikan Rusia memangsa bendera Ukraina

    Apa Persepsi Para Kartunis tentang Perang di Ukraina?

    Rusia yang tak pernah puas

    Seperti Ukraina, Lituania pernah berada di dalam Uni Soviet sampai negara ini deklarasikan kemerdekaan tahun 1990. Di bekas “negara saudara” itu, orang tahu apa yang membuat Rusia tergerak. Kartunis Kazys Kestutis Siaulytis dari Lituania menggambarkan kerangka ikan berwarna bendera Rusia memakan bendera Ukraina, menunjukkan kekhawatiran, kelaparan Vladimir Putin akan menyebar ke negara lainnya.

  • Kartun malaikat pencabut nyawa sedang bermain golf karya Menekse Cam

    Apa Persepsi Para Kartunis tentang Perang di Ukraina?

    Slogan “Make Love, Not War”

    Sejak tentara Rusia menginvasi Ukraina, protes terhadap perang agresi yang brutal itu marak di seluruh dunia. Namun, mereka melakukan protes dengan sia-sia, kata seniman Turki Menekse Cam lewat ilustrasinya yang menggambarkan malaikat pencabut nyawa sedang bermain golf saat massa memprotes di balik pagar.

  • Hubungan rumit antara Rusia, Ukraina dan NATO dipersonifikasi kartunis Amer dari UAE

    Apa Persepsi Para Kartunis tentang Perang di Ukraina?

    Demi cinta NATO

    Ukraina cukup lama memiliki hubungan dekat dengan Rusia. Namun, kemerdekaan negara itu tidak sesuai dengan pandangan Presiden Vladimir Putin. Kartunis Amer dari Uni Emirat Arab menggambarkan Ukraina sebagai seorang gadis kecil yang melihat ke arah NATO, sementara Rusia menariknya ke arah lain.

  • Vladimir Putin duduk di meja panjang yang di ujungnya terdapat sebuah cermin

    Apa Persepsi Para Kartunis tentang Perang di Ukraina?

    Meja Putin

    Di tatanan diplomatik, politisi dari negara-negara Barat terus berusaha mengajak Presiden Rusia Vladimir Putin ke meja perundingan. Meja panjang Putin, di mana dia menjaga jarak dengan banyak pemimpin, menuai komentar publik. Dari sudut pandang kartunis Jerman Agostino Tale, satu-satunya hal yang penting bagi Putin adalah bayangannya sendiri.

  • Sebuah labirin mengungkap standar ganda untuk para pengungsi Ukraina dan pengungsi non kulit putih.

    Apa Persepsi Para Kartunis tentang Perang di Ukraina?

    Pengungsi kelas satu?

    Masyarakat Ukraina berbondong-bondong melarikan diri dari perang dan Uni Eropa menyambut mereka dengan tangan terbuka. Terlepas dari simpati terhadap para pengungsi, karya seniman Filipina Zach menyiratkan standar ganda sedang diterapkan, di mana pengungsi Ukraina lebih mudah diizinkan memasuki UE karena warna kulit mereka. (ha/as)

    Penulis: Suzanne Cords


Menlu Rusia bantah isu Putin sedang sakit

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov membantah spekulasi bahwa Presiden Vladimir Putin sedang sakit, dengan mengatakan tidak ada tanda-tanda penyakit apa pun.

Menjawab pertanyaan dari penyiar Prancis TF1, diplomat top Rusia itu mengatakan: “Saya tidak berpikir bahwa orang waras dapat melihat pada orang ini tanda-tanda semacam penyakit,” dan menambahkan bahwa Putin muncul di depan publik “setiap hari”.

Kesehatan dan kehidupan pribadi Putin adalah hal yang tabu di Rusia, dan hampir tidak pernah dibahas di depan umum.

Sergei Lavrov selanjutnya menerangkan, “pencaplokan” wilayah timur Ukraina bertujuan “memulihkan integritas teritorial mereka.” Dia mengatakan “prioritas utama” Moskow adalah “pembebasan” wilayah Donetsk dan Luhansk.

hp/vlz (afp, rtr, dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.