Wujudkan Gigi Cantik dan Indah dengan Perawatan Estetik Gigi

by -2 views
wujudkan-gigi-cantik-dan-indah-dengan-perawatan-estetik-gigi

Tidak dapat dimungkiri lagi, memiliki gigi yang sehat dan bersih merupakan idaman setiap orang. Selain berfungsi sebagai alat pencernaan awal, gigi juga berperan penting dalam penampilan wajah.

Sebuah survei yang dilakukan di London mengungkapkan betapa pentingnya penampilan seorang wanita di mata pasangannya. Survei ini melibatkan 1.248 pria Inggris.

Menurut survei tersebut, meskipun mayoritas peserta menyatakan puas dengan penampilan pasangan, ternyata 1 dari 4 responden menginginkan pasangannya untuk menjalani pembedahan kosmetik.

Di antara responden tersebut, mayoritas pria (57%) menginginkan pasangannya menjalani liposuction (sedot lemak), diikuti dengan breast enlargement (pembesaran payudara) dan dental surgery (perawatan gigi). Karena itu, mari kenali lebih jauh mengenai perawatan estetik gigi.

Berubahnya Tren Perawatan Gigi

Tampaknya memang telah terjadi pergeseran tren pada jenis perawatan gigi. Dahulu perawatan di bidang kedokteran gigi lebih fokus pada oral hygiene, diagnosis, dan pencegahan penyakit mulut.

Artikel Lainnya: Bagaimana Susunan Gigi Pengaruhi Bentuk Wajah?

Namun kini, tuntutan estetik semakin tinggi dan tren lebih mengarah pada cosmetic dentistry. Saat ini, salah satu tujuan utama dari perawatan gigi adalah untuk meningkatkan penampilan wajah dari pasien.

Sebagai contoh, bahan tambal yang dulu lazim digunakan adalah amalgam, di mana bahan ini terbuat dari campuran perak dan timah yang berwarna seperti logam yang tentu tidak sewarna dengan gigi dan dapat mengganggu penampilan

Kini, penggunaan amalgam sudah semakin ditinggalkan meski kekuatannya masih sulit digantikan oleh bahan tambal lain.

Penambalan gigi sudah beralih pada bahan tambal estetik yang sewarna gigi seperti resin komposit, sehingga penambalan dapat menghasilkan gigi yang natural seperti aslinya.

Artikel Lainnya: Perawatan Gigi yang Perlu Dilakukan Ibu Hamil Sesuai Usia Kehamilan

Berbagai Perawatan Estetik Gigi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa saat ini perawatan kecantikan gigi tidak hanya berfungsi untuk menjaga kebersihan mulut, tetapi juga meningkatkan penampilan dari wajah.

Berikut adalah berbagai jenis perawatan estetik gigi atau prosedur kosmetik gigi yang perlu Anda ketahui:

1. Tambalan Gigi

Perawatan gigi ini bertujuan untuk mengatasi gigi berlubang atau rusak. Proses penambalan tersebut menggunakan bahan yang terbuat dari composite resin, yang warnanya akan menyerupai sehingga tidak terlihat berbeda dengan gigi asli.

2. Pemutihan Gigi

Prosedur ini dikenal dengan istilah bleaching, yaitu perawatan yang dapat mencerahkan dan memutihkan gigi dari perubahan warna. Perawatan estetik gigi ini dapat dilakukan baik di rumah maupun di klinik gigi.

Namun, tidak semua gigi dapat diputihkan dengan cara ini. Oleh karena itu, sebelum melakukan perawatan tersebut, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi.

3. Veneer Gigi

Veneer adalah cangkang tipis yang terbuat dari porselen atau bahan komposit. Mereka dibuat dan ditempel dengan semen khusus pada bagian depan gigi.

Perawatan ini dapat digunakan untuk merawat gigi yang agak bengkok, gigi yang berubah warna, atau untuk menutupi celah di antara gigi. Namun perlu diingat, perawatan veneer hanya dilakukan pada gigi yang sehat.

Artikel Lainnya: Ingin Memutihkan Gigi? Kenali Dulu Metodenya

4. Implan Gigi

Implan merupakan suatu perangkat logam yang dirancang untuk menggantikan gigi yang hilang. Alat ini biasanya terbuat dari titanium dan dimasukkan ke dalam tulang rahang di mana tempat gigi tersebut hilang.

Implan ini dirancang sebagai akar gigi yang dapat mengikat gigi tiruan seperti mahkota, jembatan atau gigi palsu.

5. Mahkota Gigi

Mahkota gigi, atau yang disebut juga dengan dental crown, adalah perawatan yang dilakukan untuk menggantikan gigi yang hilang. Mereka biasanya terbuat dari akrilik atau porselen yang telah menyatu dengan logam untuk menahan tekanan dari gigitan.

6. Perawatan Ortodontik

Ortodontik tidak hanya untuk anak-anak, perawatan ini semakin banyak dicari oleh orang dewasa untuk tujuan kosmetik. Perawatan ini bertujuan untuk merapikan bentuk gigi yang tidak rata. Saat ini, braces atau kawat gigi hadir dengan berbagai jenis dan warna yang beragam.

Itulah beberapa jenis perawatan estetik gigi yang bisa dilakukan. Namun, perlu diingat bahwa perawatan-perawatan tersebut hanya boleh dilakukan oleh dokter gigi profesional.

Untuk mengetahui informasi lainnya mengenai kesehatan gigi dan mulut, Anda bisa mengunduh aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat konsultasi langsung dengan dokter gigi menggunakan fitur Live Chat.

[FY]

Leave your vote

526 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia #RumahBlogInspirasi #KabarWarga #MenabarInformasiAntiBasi Official Kabarwarga

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *