Wireless Mouse VS Hamster, Mana yang Benar? | AsiaQuest Indonesia

by -7 views
wireless-mouse-vs-hamster,-mana-yang-benar?-|-asiaquest-indonesia

Penamanan wireless mouse menuai perdebatan di beberapa belahan dunia. Beberapa orang menyeruakan ketidaksetujuannya tentang penamaan mouse tanpa kabel (wireless mice) yang tidak sesuai dengan kaidah biologi. Sampai-sampai, ada sebuah petisi yang meminta rebranding wireless mouse ke hamster di Change.org, lho. Apakah masalah wireless mouse vs hamster ini sampai sedahsyat itu? 

Sebuah akun yang bernama The People’s Republic of Anatomically Correct Computer Accesorry Names mengunggah petisi “Rename the wireless mouse to hamster” empat tahun yang lalu. Sampai saat ini sudah ada lebih dari 16 ribu orang yang menandatangani petisi ini. 

Bagi sebagian orang, masalah penamaan ini terlalu dibesar-besarkan. Namun, bukankah kobaran api yang besar pun dimulai dari percikan api yang kecil? Sudah sepantasnya kita tidak menyepelekan sesuatu tidak peduli seberapa tidak pentingnya masalah itu. Dikhawatirkan, kesalahan penamaan ini dapat memicu masalah yang lebih besar pada masa mendatang. 

Anatomi Hamster dan Tikus yang Sesungguhnya

Lalu, di manakah letak kesalahannya? Kalau kita merujuk ke anatominya, hamster memang lebih pas untuk mewakili mouse tanpa kabel. Kenapa? Pasalnya, binatang tikus memiliki ekor dan hamster tidak.  

Petisi ini meminta penamaan yang lebih akurat sesuai dengan anatomi hamster dan tikus yang sebenarnya. Untuk mouse berkabel, namanya tetap mouse karena masih memiliki ekor (kabel). Namun, para inisiator petisi ini meminta nama mouse tanpa kabel diubah menjadi hamster. 

Rebranding Logitech dari Wireless Mouse ke Hamster!

Menyikapi petisi ini, Logitech pun mengeluarkan reaksi tak terduga. Perusahaan perlengkapan komputer asal Amerika ini mendengarkan opini publik hingga akhirnya melakukan rebranding wireless mice-nya. 

Kini, semua produk wireless mice keluaran Logitech akan disebut dengan hamster. Setelah menyadari bahwa produknya tidak berekor laiknya hamster, Logitech tanpa ragu untuk mengganti namanya. 

Logitech sendiri memiliki empat produk yang terinspirasi dari hamster, yaitu MX Master 2S, MX Anywhere 2S, MX Vertical, dan MX Ergo. 

Hamster Logitech

Sumber: Logitech.com

Tiap-tiap tipe dibuat sedemikian rupa dengan tetap memasukkan karakteristik hamster pada desain dan fungsinya. Sebagai contoh, MX Vertical berbentuk mungil dan slim laiknya hamster yang mewakili sisi ergonomis produk. 

Tidak sebatas itu saja, Logitech juga menyiapkan campaign superunik untuk mensosialisasikan produk hamsternya. Inti utama dari campaign ini adalah mengajak pengguna hamster Logitech memperlakukan device ini laiknya hamster sungguhan. 

Apa saja rekomendasi dari Logitech untuk merawat hamster kesayangan Anda dengan baik?  

-Hamster tidak menyukai suhu ekstrem: Jangan meletakkan hamster di bawah sinar matahari langsung, penghangat ruangan ataupun mesin AC karena mungkin dapat mempengaruhi fungsinya. 

-Hamster suka bersembunyi saat tertidur: Jika si hamster menghilang, cari di tempat-tempat sempit atau di tumpukan barang. 

-Hamster dapat mengenali namanya: Hamster sungguhan ternyata dapat mengenali namanya jika dilatih. Makanya, jangan lupa beri nama hamster Logitech Anda, ya. 

-Hamster sangat ramah: Kendatipun suka hidup menyendiri, tetapi hamster juga tidak menolak kalau hidup dengan orang lain. Sapa terus si hamster dengan menekan tombol “click”. 

Dengan adanya campaign ini, Anda pun dapat memperlakukan device hamster Logitech laiknya binatang peliharaan. Mulai dari sekarang, stop menyebut wireless mouse/mice, tetapi panggil device tersebut dengan hamster!

Sumber: 

  1. Logitech.com
  2. Change.org

Photo by Nestorsh from Pexels

More

Leave a Reply

Your email address will not be published.