VIRAL, Uang Rp 1.000 Kelapa Sawit Dijual hingga Rp 300 Juta, Ini Tanggapan BI

by -1 views
viral,-uang-rp-1.000-kelapa-sawit-dijual-hingga-rp-300-juta,-ini-tanggapan-bi

VIRAL, Uang Rp 1.000 Kelapa Sawit Dijual hingga Rp 300 Juta, Ini Tanggapan BI

Bank Indonesia buka suara terhadap viralnya uang logam di Indonesia pecahan Rp1.000 seri kelapa sawit karena harganya yang fantastis.

di berbagai situs e-commerce Indonesia, Sabtu (20/6/2020), harga koin tersebut fantastis hingga belasan, puluhan, bahkan ratusan juta rupiah untuk satu kepingnya.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko menyatakan bahwa uang koin ini masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.

“Terkait dengan uang logam atau koin Rp 1.000 gambar kelapa sawit, kami sampaikan bahwa sampai dengan saat ini, uang logam pecahan Rp 1.000 tahun emisi

1993 dengan gambar kelapa sawit masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah, karena belum dicabut dan ditarik dari peredaran,” ungkap Onny pada keterangannya, Jumat (19/6/2020).

Onny menyebut soal penggunaan uang sebagai barang koleksi diperbolehkan saja. Mengenai harganya yang mencapai ratusan juta, harganya pun tergantung kesepakatan pembeli dan penjualnya.

“Selanjutnya jika ada masyarakat yang akan mengkoleksi bukan transaksi layaknya koleksi numimastic atau koleksi uang-uang kuno, biasanya harganya tergantung kesepakatan antara pembeli dan penjual,” tambah Onny.

Beberapa waktu terakhir, salah satu jenis uang logam Indonesia banyak diperbincangkan akibat dijual dengan harga yang fantastis.

Leave your vote

153 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *