Upgrade Terbaru Microsoft 365 Menyambut Windows 11

by -2 views
upgrade-terbaru-microsoft-365-menyambut-windows-11

Microsoft 365 resmi meluncurkan sistem operasi terbaru mereka, Windows 11 awal Oktober lalu. Dengan adanya upgrade sistem operasi ini, otomatis beberapa layanan Microsoft yang terhubung dengan Windows pun mengalami penyesuaian.

Salah satunya bisa Anda temukan pada platform produktivitas Microsoft yaitu Microsoft 365. Transisi dari Windows 10 menuju Windows 11 sedikit banyak akan mempengaruhi Microsoft dan layanan yang ada di dalamnya seperti Microsoft Teams, Outlook, aplikasi Office,  Endpoint Manager, Yammer, dan Viva. Seperti apa upgrade terbaru yang ditawarkan Microsoft 365 untuk menyambut Windows 11?

Layanan meetings yang lebih inklusif

Upgrade pertama Microsoft 365 datang dari Teams. Microsoft Teams sendiri merupakan platform komunikasi dan kolaborasi. Selain untuk menyesuaikan transisi Windows, upgrade Teams juga dimaksudkan untuk menyesuaikan situasi dunia kerja saat ini.

Seperti yang Anda ketahui, saat ini dunia kerja telah mengalami perubahan. Dari yang mulanya hanya dilakukan di kantor, kini beralih pada model remote atau hybrid. Perubahan ini otomatis membuat platform komunikasi seperti Teams makin banyak digunakan. Untuk memenuhi segala kebutuhan penggunanya, Teams pun terus meningkatkan layanan. Berikut adalah beberapa upgrade terbaru Teams:

  • Pilihan bahasa yang lebih variatif untuk live caption dan transcript

Kini, meeting menggunakan Teams dapat disematkan live caption serta live transcript. Pilihan bahasa yang tersedia pun lebih variatif. Total tersedia 27 bahasa, termasuk Indonesia, Jerman, Jepang, dan Hindi.

User yang menggunakan smartphone dapat melihat caption dalam bahasa pilihan mereka. Sedangkan user dengan PC dapat mengganti bahasa lisan. Untuk mengaktifkan fitur ini klik opsi More Actions.

  • Topics integration dengan Yammer dan Viva

Photo Credit: Microsoft

Sering kesulitan mencari materi untuk presentasi kerja? Anda bisa memanfaatkan fitur terbaru Microsoft Yammer yaitu Topics integration. Melalui fitur ini, Anda bisa mencari topik yang lebih relevan. Selain itu, integrasi dengan Viva juga memungkinkan Anda menemukan pengalaman yang sesuai dengan topik.

Semua konten dari Yammer dan Viva pun dapat dihubungkan ke Teams. Dengan begitu, konten presentasi yang akan Anda tampilkan saat meeting pun lebih  inklusif.

Opsi co-author untuk dokumen terenkripsi Microsoft 365

Upgrade Microsoft 365 berikutnya bisa Anda temukan pada platform pengolah dokumen mereka seperti Word, Excel, dan PowerPoint. Kini, aplikasi Microsoft 365, baik yang dipasang di desktop Windows maupun macOS sudah dilengkapi dengan fitur AutoSave atau penyimpanan otomatis.

Upgrade terbaru Microsoft 365 ini juga membuka opsi co-author untuk dokumen yang telah terenkripsi. Artinya, Anda bisa membuka, menyunting, dan menyimpan dokumen Word, Excel, dan PowerPoint milik orang lain yang dibagikan kepada Anda.

Palet warna yang lebih beragam di Visio web

Photo Credit: Microsoft

Sebelumnya, Visio hanya memiliki pilihan warna yang terbatas untuk objek mereka. Anda hanya bisa memilih Theme Colors, Standard Colors, serta opsi untuk mengubah transparansi objek diagram. Tersedia juga opsi untuk menyimpan warna yang Anda pilih sebelumnya. Jadi, Anda bisa lebih mudah mengakses warna yang sudah digunakan pada diagram sebelumnya.

Endpoint analytics

Photo Credit: Microsoft

Bagi pengguna Microsoft 365 for Business, transisi dari Windows 10 ke Windows 11 tentu memerlukan waktu adaptasi, terlebih untuk pengguna berskala besar. Anda perlu menyiapkan para karyawan agar terbiasa dengan sistem operasi baru.

Tidak perlu khawatir Anda bisa memanfaatkan layanan Endpoint analytics dari Microsoft Endpoint Manager. Layanan ini menawarkan metrik Windows yang akan membantu Anda menghitung jumlah perangkat dengan Windows versi sebelumnya.  Tidak hanya berhenti di situ, Endpoint juga menawarkan langkah-langkah perbaikan untuk memutakhirkan versi sistem operasi Windows Anda.

Photo Credit: PxHere

Perubahan dari Windows 10 menuju Windows 11 sedikit banyak akan mempengaruhi layanan Microsoft lainnya, termasuk untuk Microsoft 365. Dengan mempelajari gambaran upgrade seperti apa yang mereka tawarkan, Anda dan perusahaan bisa melakukan persiapan yang lebih matang.

Belum menggunakan Microsoft 365 dan upgrade terbaru ini membuat Anda tertarik untuk mencobanya?

Untuk berlangganan Microsoft 365 for Business sebenarnya tidak terlalu sulit, Anda cukup menghubungi Microsoft Partner seperti EIKON Technology. Melalui Microsoft Partner yang resmi seperti EIKON Technology, Anda bisa mendapatkan produk resmi yang aman digunakan. Klik di sini untuk free trials Microsoft 365!

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *