in ,

Update Corona di Indonesia: 49.009 Positif, 19.658 Sembuh, dan 2.573 Meninggal



closeup of a caucasian doctor man holding a world globe with a protective mask with the word coronavirus written in it


Update Corona di Indonesia: 49.009 Positif, 19.658 Sembuh, dan 2.573 Meninggal/ Foto: iStock

Jakarta

Penyebaran virus Corona belum juga reda, Bunda. Sampai hari ini masih banyak masyarakat Indonesia yang tertular COVID-19.

Berdasarkan data yang diumumkan BNPB pada Rabu (24/6/2020), hari ini jumlah spesiment yang telah diperiksa adalah 21.233 spesimen. Jadi total spesimen yang diperiksa seluruhnya 689.492. Data tersebut pun menunjukkan bahwa jumlah kasus positif Corona di Indonesia bertambah 1.113 orang.

“Dari data ini kita dapat kasus konfirmasi positif sebanyak 1113 orang sehingga totalnya 49.009,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers di channel YouTube BNPB, Rabu (24/6/2020).



Sementara itu, jumlah pasien sembuh bertambah menjadi 417, sehingga akumalasi sembuh adalah 19.658 orang. Lalu, kasus meninggal 38 orang, sehingga total meninggal 2.573 orang.

“Kami masih melakukan pemantauan terhadap ODP 36.648 orang, dan pengawasan terhadap PDP 13.069 orang,” jelas Achmad Yurianto.

Poster

Poster/ Foto: Edi Wahyono

Dalam kesempatan tersebut Achmad Yurianto juga menyinggung soal penggunaan masker, Bunda. Ia mengatakan bahwa seorang yang membawa virus dan tidak menggunakan masker, lalu melakukan kontak dekat dengan orang yang rentan yang juga tidak menggunakan masker maka kemungkinan terjadi penularan 100 persen.

Namun, risiko penularan bisa turun hingga 70 persen apabila banyak orang memakai masker. Meskipun mereka melakukan kontak dengan yang sakit pembawa virus yang tidak menggunakan masker, risiko tertular jadi berkurang.

Lebih lanjut, jika orang yang membawa virus menggunakan masker, dan orang lain di sekitarnya tidak menggunakan masker, maka penularan turun jadi sekitar 5 persen.

“Apabila dua-duanya menggunakan masker, maka penularan turun drastis jadi 1,5 persen. Menggunakan masker adalah cara yang paling tepat.” tukasnya.

Sekali lagi, jangan lupa memakai masker ya, Bunda, saat bepergian keluar rumah.

Simak juga the new normal di masa pandemi dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/rap)

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

kajian-islam-via-daring:-bagaimana-kualitas-sanadnya?

Kajian Islam Via Daring: Bagaimana Kualitas Sanadnya?

terpopuler:-nama-bayi-berarti-kebahagiaan,-azriel-jadi-pemarah-usai-ortu-cerai

Terpopuler: Nama Bayi Berarti Kebahagiaan, Azriel Jadi Pemarah Usai Ortu Cerai