Upaya Pelacakan dan Tes Masif ala Pemkot Surabaya Diapresiasi Kawal Covid-19

by -2 views
upaya-pelacakan-dan-tes-masif-ala-pemkot-surabaya-diapresiasi-kawal-covid-19

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Upaya tracing (pelacakan) dan testing (tes) yang dilakukan secara masif oleh Pemkot Surabaya dalam memutus mata rantai Covid-19, menuai banyak apresiasi, salah satunya datang dari Kawal Covid-19.

Koordinator Data Kawal Covid-19, Ronald Bessie mengungkapkan bahwa selama ini penanganan yang dilakukan pemkot melalui kebijakan tracing dan testing berdampak cukup besar dalam menekan angka penyebaran Covid-19.

“Kemudahan masyarakat untuk memperoleh tes swab di puskesmas itu adalah upaya pemerintah yang sangat baik,” kata Ronald Bessie, Senin (15/2/2021).

Upaya testing Covid 19 B

Ronald melanjutkan, dari tracing yang dilakukan secara masif itu membuat pasien terpapar dapat segera mendapatkan treatment (perawatan) yang tepat. Dari sini, laju angka kematian dapat terus ditekan seiring meningkatnya angka kesembuhan pasien Covid-19 yang teridentifikasi sejak dini.

Hal ini juga dapat dillihatnya dari data yang ditampilkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur maupun Pemkot Surabaya.

“Jumlah tes yang meningkat itu yang akan membatasi wabah dan penularan. Dan dampaknya juga dapat menurunkan angka kematian,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Ronald menyebut bahwa kondisi Kota Pahlawan saat ini sudah jauh lebih baik. Namun begitu, ia meminta agar penanganan serupa secara konsisten agar terus dilakukan meski kondisinya sudah cukup membaik. Bahkan, ia juga mengajak agar daerah-daerah di sekitar Surabaya ikut melaksanakan upaya yang sama. Mengingat, tingginya konektivitas antara Surabaya dengan kota-kota di sekitarnya.

“Karena menempel tidak bisa lepas, (kota di sekitar) itu sangat penting sekali,” urainya.

Ribuan tes yang disediakan bagi warga Surabaya maupun non Surabaya oleh Dinas Kesehatan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Pahlawan juga merupakan langkah yang baik.

“Lalu saya juga mendengar adanya swab hunter dan operasi yustisi. Itu juga yang menambah banyak dampak dan berefek pada jumlah kasus dan termasuk mengurangi angka kematian,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Febria Rachmanita menambahkan total keseluruhan data tes swab PCR sampai dengan per 14 Februari 2021 mencapai 557,893 sampel.

Sementara, untuk hasil tracing pada kontak erat per 14 Februari 2021 menunjukkan peningkatan 1.174 orang kontak erat. Oleh karena itu, secara kumulatif total tracing sampai kemarin telah berjumlah 481,218 kontak erat.

“Untuk ratio tracing saat ini 1:23.27. Lalu teridentifikasi 11 klaster besar di Kota Pahlawan,” bebernya dalam upaya tracing (pelacakan) dan testing (tes) yang dilakukan secara masif oleh Pemkot Surabaya dalam memutus mata rantai Covid-19.(*)

Leave your vote

631 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia #RumahBlogInspirasi #KabarWarga #MenabarInformasiAntiBasi Official Kabarwarga

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *