Tutorial Membuat Vas dan Pot DIY yang Satisfying Kalau Berhasil

by -3 views
tutorial-membuat-vas-dan-pot-diy-yang-satisfying-kalau-berhasil

Oleh Dwi Ayu Silawati


30 Maret 2021

www.instagram.com

Buat yang punya tangan-tangan kreatif dan nggak bisa diam, coba bikin proyek seru di rumah, yuk. Mulai dari yang mudah dulu nih. Vas dan pot bunga DIY

Beli memang lebih murah dan praktis. Tetapi kalau ada waktu, tenaga, dan kreativitas, jangan malas untuk berkreasi. Siapa tahu ketagihan bikin lebih banyak untuk dijual atau jadi hadiah untuk kerabat dan keluarga. Bisa menghemat atau bahkan nambah penghasilan. Dijamin estetik dan layak dipajang, mari mencoba bikin wadah vas dan pot bunga ini!. 

1. Punya gergaji dan bor, bikin dari limbah kayu

www.instagram.com

Punya atau menemukan limbah balok kayu? Siapkan gergaji untuk membuat rangka kubusnya. Hias dengan potongan memanjang membentuk pola stripes seperti ini. Rekatkan dengan lem super atau lem kayu. Bor bagian bawahnya untuk akses keluar air yang berlebih. Jadi deh pot tanaman yang keren. 

2. Tas besek bekas

www.instagram.com

Sebenarnya kamu nggak perlu membuat tas besek dari bambu dan mengayamnya. Beli saja atau pergunakan tas besek bekas yang masih layak pakai. Masukan pot plastik berisi tanaman di dalamnya. Dipajang di dalam ruangan lebih cantik, bukan? 

3. Ala stucco

www.instagram.com

Tidak perlu bikin dari awal. Kerangka vas bisa didapatkan dari gelas atau vas bekas yang menurutmu bentuknya sudah nggak begitu relevan lagi. Lapisi dengan clay, beri tambahan detail seperti pegangan atau apapun menurut selera. Biarkan kering dan cat dengan cat akrilik atau cat tembok. Untuk dapat detail ala stucco alias efek tekstur tidak rata, kamu bisa mencampur cat dengan pasir atau baking powder sebelum dilukiskan pada clay

4. Paperbag atau kanvas

www.instagram.com

Kamu juga bisa membuat pot dari paperbag yang dilapisi contact paper. Contact paper ini dijamin waterproof jadi bisa membuat paperbag yang dipakai aman saat penyiraman. Selain itu, tas kanvas bekas yang bahannya lumayan tebal bisa juga dipakai sebagai planter. Daripada dibuang, ‘kan?

5. Cat sendiri untuk dapat warna dan corak favorit

www.instagram.com

Tak suka dengan warna pot yang ada di rumah? Cat saja dengan warna baru. Tambahkan detail dan corak sesuai kreasimu. Boleh tambah varnish untuk membuat catnya melekat lebih lama. 

6. Mangkuk yang digabung

www.instagram.com

Selain jadi wadah lilin begini, kedua mangkuk yang ditangkupkan sedemikian rupa ini bisa dipakai sebagai pot yang terlihat classy. Nggak nyangka kalau bahannya mangkuk plastik atau melanin yang sudah buluk. Poles dengan cat saja bisa sekece ini.

7. Clay

www.instagram.com

Cukup dengan clay yang ditempel pada kaleng atau gelas bekas, kamu bisa mewujudkan planter keren untuk dekorasi kamar dan rumah. Benar-benar murah dan mudah dibuat asal bersedia meluangkan waktu dan tenaga untuk beli bahannya. 

Rumah berantakan sebentar demi membuat pot dan vas bunga bukan masalah. Meski kebanyakan pakai bahan dan barang bekas, hasilnya elegan, ‘kan? Silakan dicoba! Pasti bikin hati puas saat melihat hasilnya. 

Leave your vote

581 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *