Toyota YR Garis Siap Mengaspal di Indonesia, Spesifikasi Ngerih!

by -0 views
toyota-yr-garis-siap-mengaspal-di-indonesia,-spesifikasi-ngerih!

Menonjolkan performa tinggi, Toyota GR Yaris Indonesia resmi diumumkan kehadirannya. Mobil ini adalah salah satu dari dua mobil spesial Toyota, yakni Toyota GR Supra dan GR Yaris. Disebut spesial karena mobil ini memang dibuat untuk kebutuhan performa tinggi.

Sebagai mobil spesial, Toyota GR Yaris juga memiliki kuota produksi yang terbatas. Termasuk untuk pasar Indonesia yang mendapat jatah di kisaran ratusan unit saja. Jadi jangan heran kalau Toyota GR Yaris Indonesia langsung ludes selepas diumumkan.

Toyota GR Yaris Indonesia

Demi menawarkan performa tinggi, mobil ini dijejali dapur pacu yang tak main-main. Ditambah lagi dengan penggunaan fitur canggih. Toyota GR Yaris sejatinya layak masuk kategori mobil sport. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

1. Desain agresif

Toyota GR Yaris Indonesia
Toyota GR Yaris Indonesia

Tak sekadar sporty, tampilan Toyota GR Yaris kental nuansa agresif. Bisa dilihat dari dimensinya yang tampak ringkas dan lincah khas mobil sport. Sementara tampilan depannya didominasi oleh grille besar yang seakan mengintimidasi.

Sentuhan menarik lainnya juga terletak pada desain foglamp yang agresif lantaran bentuknya menonjol. Bergeser ke samping, desain ringkas mobil ini tak lepas dari desain dua pintu yang identik dengan mobil sport. Apalagi Toyota GR Yaris dibelali lingkar velg 18 inci yang membuatnya terlihat semakin sempurna.

Toyota GR Yaris Indonesia
Toyota GR Yaris Indonesia

Tapi bagian paling menariknya justru ada di sektor buritan. Sebab tampilan belakangnya dibuat memberi kesan padat dan berotot. Terutama di bagian tepian bumper belakang yang mengotak tegas. Makin menarik kala Toyota memadukannya dengan diffuser yang berpadu dengan sepasang knalpot di kedua sisinya. Keren!

Baca jugaNew Toyota Yaris Meluncur, Harga Mulai Rp260 Juta

2. Mesin performa tinggi

Toyota GR Yaris Indonesia
Toyota GR Yaris Indonesia

Alasan mobil ini disebut spesial bersumber dari dapur pacu yang digunakan. Di balik kap, mobil ini dibekali mesin 3-silinder dengan kubikasi 1.600 cc dan dilengkap turbocharger. Kombinasi ini sukses mendongkrak tenaganya hingga mencapai 261 PS pada putaran 6.500 rpm.

Torsinya pun tak main-main. Asupan turbo membuatnya mampu melontarkan tarikan hingga 360 Nm pada putaran 3.000-4.600 rpm. Menariknya lagi, sistem pemindah dayanya juga dipercayakan pada sistem 4WD. Dipadukan dengan transmisi 6-percepatan berteknologi Intelligent Manual Transmission (iMT), yang juga bisa dikendalikan lewat paddle shift.

Toyota GR Yaris Indonesia
Toyota GR Yaris Indonesia

Mobil ini juga dilengkapi dua mode berkendara, yakni mode sport dan mode track. Untuk mode sport, Toyota GR Yaris Indonesia dioptimalkan untuk bergerak lincah di jalan raya. Sedangkan mode track akan membuat mobil ini mengeluarkan semua potensinya. Wew!

3. Fitur

Toyota GR Yaris Indonesia
Toyota GR Yaris Indonesia

Toyota masih membekali mobil ini dengan tampilan speedometer yang memadukan desain analog dan digital. Hal ini sepertinya dilakukan untuk tetap memberi kesan sporty yang kental bagi pengemudinya. Tapi bergeser ke sebelahnya, terdapat head unit bergaya floating dengan layar yang besar sebagai pusat hiburan.

Fitur lainnya yang turut hadir adalah AC otomatis dan tombol start/stop. Sedangkan di fitur keselamatan, mobil ini telah dilengkapi fitur Pre-Colission System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Tracing Assist (LTA), dan Automatic High Beam (AHB).

Baca jugaToyota Avanza Veloz GR Limited, Mobil Sejuta Umat Jadi Sporty

4. Kuota terbatas dan harga

Toyota GR Yaris Indonesia
Toyota GR Yaris Indonesia

Toyota memproduksi GR Yaris dalam jumlah terbatas. Pabrikan Jepang ini tercatat hanya memproduksi Toyota GR Yaris sebanyak 25 ribu unit. Jumlah tersebut kemudian disebar ke seluruh dunia sesuai jatah yang telah ditentukan.

Untuk Indonesia, memperoleh jatah sebanyak 127 unit saja. Alhasil, hanya butuh waktu beberapa saat kuota tersebut habis dipesan. Bahkan pihak Toyota Indonesia sampai menyebut akan melakukan cara undian untuk menentukan konsumen yang berhak.

Padahal Toyota GR Yaris baru akan masuk Indonesia pada November 2021 mendatang. Harganya pun tentu tak bisa dibilang murah. Disebutkan harga Toyota GR Yaris akan berada di kisaran 750 juta-800 juta per unitnya.

Jadi, tertarik meminang Toyota GR Yaris Indonesia ini?

Baca juga artikel terkait Otomotif atau tulisan menarik lainnya dari Yudhianto Thohirin.

Leave your vote

780 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *