Tips Menemukan Hewan Peliharaan yang Hilang

by -9 views
tips-menemukan-hewan-peliharaan-yang-hilang

Hilangnya Pororo, kucing online yang terkenal di TikTok, sempat membuat heboh publik dan jagat dunia maya. Tak hanya pemiliknya, para pengikut Pororo juga ikutan panik dan khawatir. Netizen lalu ramai-ramai berbagi info hewan peliharaan hilang tersebut di sosial media masing masing.

Tak hanya itu, netizen juga turut mendoakan keselamatan Pororo dan berharap kucing yang kerap diajak pemiliknya ini berjualan online secara live, bisa segera ditemukan dalam keadaan selamat. 

Sempat Hilang, Pororo si Kucing Viral Akhirnya Ditemukan

tiktok/cicichania96

Pororo di kabarkan hilang pada (28/05) di sekitar daerah Margahayu atau Rancabolang, Bandung, Jawa Barat.

Kabar Pororo hilang ini sempat menjadi viral, namun  berselang 1 hari pencarian, pemiliknya mengumumkan bahwa Pororo sudah ditemukan dalam keadaan selamat pada (29/05).

Kabar bahagia ini membuat Netizen beramai-ramai mengucapkan syukur.

Sementara itu, kasus hilangnya Pororo ini turut menyadarkan pemilik hewan yang harus lebih memperhatikan gerak-gerik hewan peliharaannya. Tidak semua kucing peliharaan adalah hewan rumahan yang anteng dan penurut.

Sebagian kucing mempunyai karakter pengembara, apalagi bila ada keributan, teman baru atau pun makanan yang bisa ditemukan di luar rumah.

Tips Mencari Hewan Peliharaan yang Hilang

Pexels

Bila hewan peliharaan tiba tiba tidak bisa ditemukan atau hilang, sebagai pemilik Anda tidak boleh panik. Berikut beberapa tips menemukan hewan peliharaan hilang dilansir dari Kompas.

Pertama-tama coba periksa rumah dan halaman, khususnya di ruang kecil dan nyaman yang bisa jadi tempat persembunyian kucing.
Jangan lupa untuk mengecek setiap ruangan di rumah, termasuk di balik tirai, di bawah selimut, di samping mesin cuci, atau gudang.
Bila dirumah sedang ada pekerjan pembangunan, jangan lewatkan untuk memeriksa materialnya seperti di bawah papan atau lubang yang cukup besar untuk ditiduri kucing.

Setelah semua proses pencarian sudah dilakukan dan yakin kucing tidak ada di rumah, kita bisa minta tolong pada tetangga.
Libatkan tetangga dekat rumah dengan meminta tolong tetangga untuk memeriksa rumahnya, halaman dan bagian bawah mobilnya.
Terakhir, pasang iklan media sosial lengkap dengan foto terbaru, nama kucing kita dan detail kontak yang bisa dihubungi.

Tips Membujuk Kucing yang Enggan Pulang Agar Mau pulang 

Pexels

Sementara itu, bila sebagai pemilik Anda yakin bahwa hewan peliharaan Anda masih ada di sekitar rumah namun enggan pulang karena mungkin mereka  masih asyik bermain di luar rumah atau alasan lainnya sehingga belum mau pulang.

Anda bisa lakukan hal berikut untuk membujuk kucing yang ‘hilang’ pulang ke rumah, diantaranya:

Tinggalkan mainan favorit kucing atau beberapa alas tidurnya yang belum dicuci di halaman atau teras rumah
Tinggalkan pakaian yang belum dicuci yang memiliki aroma tubuh kita di teras atau halaman
Taruh bekas kotoran kucing dari litter box milik peliharaan kita, untuk ‘memandunya’ pulang ke rumah

Cari dan panggil kucing dengan berkeliling lokasi yang dicurigai pada pagi hari atau larut malam atau ketika situasi lebih tenang
Masukkan makanan keringnya ke dalam botol dan kocok hingga berbunyi nyaring untuk memanggil kucing pulang
Jangan lelah memanggil kucing dengan namanya, beri jeda sesaat agar mereka mendengar panggilan Anda

Yang pasti, saat terjadi kehilangan hewan peliharaan, pemilik jangan langsung panik agar bisa berpikir lebih jernih untuk melakukan proses pencarian.

6 Cara Membuat Kucing Senang Tinggal di Rumah, Perhatikan Tanda Kucing Stres

Belajar Bahasa Kucing: Arti Meongan, Perubahan Ekor, hingga Cara Menjawab Balik

Beda Warna Mata pada Kucing, Ternyata Ini Penyebabnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.