Tips Atasi Nyeri Saat Behel Dikencangkan

by -0 views
tips-atasi-nyeri-saat-behel-dikencangkan

Gigi dapat mengalami nyeri ketika dokter gigi mengencangkan dan menyesuaikan behel. Tekanan dari kawat behel menyebabkan gigi merasakan sakit. 

Bagaimana cara mengatasinya? Simak panduan medis soal cara menghilangkan rasa sakit gigi akibat behel yang kencang berikut ini:

1. Oleskan Anestesi Topikal

Nyeri gigi akibat behel dikencangkan dapat dihilangkan menggunakan obat anestesi topikall. Obat anestesi dapat dioleskan menggunakan kapas.

Dokter gigi Callista Argentina menjelaskan penggunaannya dapat menyebabkan gigi mengalami kebas (baal) atau mati rasa. “Jadi, sinyal rasa sakit ke otak pun terblokir, sehingga pasien tidak merasa sakit,” jelasnya.

Artikel Lainnya: Ini Kondisi Gigi yang Perlu Pakai Behel, Apa Saja?

2. Obat Pereda Nyeri

Meski bisa meringankan, menurut drg. Callista anestesi topikal kurang umum digunakan untuk mengatasi nyeri akibat kawat gigi dikencangkan. Ia justru merekomendasikan obat pereda nyeri.

“Karena, anestesi lokal dalam kedokteran gigi biasanya digunakan untuk pencabutan gigi susu,” ungkap drg. Callista.

“Biasanya, untuk mengatasi rasa sakit saat behel dikencangkan, menggunakan obat pereda sakit yang mengandung paracetamol atau asam mefenamat, tidak dengan anestesi lokal,” terangnya.

Menurut ortodontis Andrew W. Skorobatckyj, DDS, asal Amerika Serikat, obat pereda nyeri dapat diminum satu jam sebelum dokter gigi mengencangkan kawat gigi. 

Obat ini membantu meringankan potensi ketidaknyamanan selama proses pengencangan kawat gigi. 

3. Air Dingin atau Kompres Dingin

Cara menghilangkan rasa sakit gigi karena behel selanjutnya adalah minum air dingin. Berdasarkan North American Journal of Medical Sciences, air dingin dapat memberikan efek serupa bius lokal. Rasa sakit pun bisa mereda. 

“Air dingin bisa membuat pembuluh darah menyempit, sehingga mengurangi bengkak penyebab rasa sakit. Air dingin juga memperlambat sinyal rasa sakit ke otak, sehingga persepsi rasa sakit bisa berkurang,” papar drg. Callista.

Selain itu, gigi yang nyeri juga bisa diberi kompres dingin. Melansir Healthline, caranya dengan memberikan kompres dingin pada bagian yang sakit, lakukan selama 20 menit. Langkah ini bisa diulang setiap beberapa jam sekali.

Cara menghilangkan rasa sakit gigi karena behel ini membantu mengurangi peradangan dan ketidaknyamanan akibat kawat gigi dikencangkan.

Artikel Lainnya: Susunan Gigi Tidak Normal, Kenali Maloklusi Gigi

4. Konsumsi Makanan Bertekstur Lunak

Nyeri karena behel dikencangkan bisa menyebabkan gigi lebih sensitif. Oleh karena itu, hindari makanan bertekstur renyah dan keras.

Pilihlah makanan yang bertekstur lebih lunak. Jadi, gigi tidak perlu terlalu banyak mengunyah dan bergerak.

Beberapa makanan bertekstur lunak yang dapat dikonsumsi antara lain puding, sup, maupun kentang rebus. Selain itu, bisa juga mengonsumsi olahan sayur, telur rebus maupun goreng, bubur, dan jus buah.

Proses pengencangan behel memang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun, jangan khawatir karena rasa nyeri hanya bersifat sementara.

Rasa nyeri akibat behel dikencangkan dapat menghilang dalam hitungan hari. Yang penting, tetap lakukan cara menghilangkan rasa sakit gigi karena kawat gigi sesuai anjuran dokter gigi.

Jika ingin tanya lebih lanjut seputar sakit gigi dan pemakaian behel, konsultasi lebih cepat lewat LiveChat dokter gigi.

(FR/AYU)

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *