Tingkatkan Pelayanan, Puskesmas Taram Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektor | Ɍ™

by -9 views
tingkatkan-pelayanan,-puskesmas-taram-gelar-lokakarya-mini-lintas-sektor-|-Ɍ

Limapuluh Kota – Puskesmas Taram Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota Gelar acara Lokakarya Mini Lintas Sektor triwulan II tahun 2022 sebagai salah satu ruang membangun komitmen, menyatukan misi ditingkatan pemangku kepentingan, camat sebagai pemerintah kecamatan, Wali Nagari sebagai representasi masyarakat Nagari, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan puskesmas sebagai instasi kesehatan untuk sama-sama bersinergi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, di Aula Puskesmas Nagari Taram Selasa 31 Mei 2022.

Dalam sambutan dan sekaligus membuka acara Lintas Sektoral Puskesmas Taram, Camat Harau Andri Yasmen menyampaikan, “Terkait dengan pelaksanaan lokakarya mini Lintas Sektor kita ini, kita harus evaluasi agar kita tau perkembangan yang telah kita capai serta apa yang telah kita canangkan. Serta kita harus mendapatkan semua data, seperti data Stunting yang ada di wilayah keja puskesmas taram, mari kita selalu memberikan sosialisasi kepada masyarakat atau mengajak masyarakat untuk ikut dalam semua program Puskesmas agar apa yang sama-sama kita sepakati dapat merobah tatanan hidup masyarakat serta tercapai target dengan maksimal,” terang camat.

Contoh dalam hal Stunting, katanya, apa yang harus diperhatikan dalam pencegahan stunting, yaitu perbaikan terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih, ”Seringkali masalah-masalah non kesehatan menjadi akar dari masalah stunting, baik itu masalah ekonomi, politik, sosial, budaya, kemiskinan, kurangnya pemberdayaan perempuan, serta masalah degradasi lingkungan. Karena itu, mari kita tegaskan masalah kesehatan ini, karna ini membutuhkan peran semua sektor untuk tatanan masyarakat,” ujarnya lagi.

Pelaksanaan Lokakarya Mini Lintas Sektor puskesmas ini sebagai implementasi terhadap amanat Permenkes tentang manajemen puskesmas serta sebagai bentuk dukungan kepada puskesmas dalam melaksanakan tugasnya sebagai penyelenggara layanan kesehatan di wilayahnya. Dengan lokakarya lintas sektor ini diharapkan mendapat dukungan dan masukan dari lintas sektoral dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat.

“Dan mungkin saran kedepan bagi Puskesmas Taram, untuk Lokakarya Mini Sektor ini agar dapat kita adakan pada tingkat nagari yang ada, agar semua tercapai sesuai dengan sasaran,” tutup Andri Yasmen.

Hj. Tri Mujiati.S.ST Kepala Puskesmas Taram, menyampaikan pencapaian program yang telah di capai puskesmas taram di wilayah kerja Puskesmas. “Dalam pencapaian program-program yang telah kita sepakati sesuai dengan target apa yang telah kita sepakati dalam Lokakarya Mini Lintas Sektor ini belum mencapai sesuai apa yang kita inginkan, jadi kami minta semua stake holder yang ada untuk saling bekerja sama dalam pencapaian target, agar kesehatan dan tatanan hidup masyarakat dapat kita capai dengan baik,” ujar Tri Mujiati.

Pencapaian program apa yang telah kita canangkan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, bukanlah menjadi tanggung jawab sektor kesehatan, puskesmas atau rumah sakit semata, tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama secara kolektif semua elemen, baik yang memiliki keterkaitan langsung maupun tidak, karena kesehatan memiliki relasi dan dampak besar pada semua sektor, terang Kapus

*Lokakarya Mini Lintas Sektor Puskesmas adalah salah satu ruang membangun komitmen, menyatukan misi sebagai instasi kesehatan untuk sama-sama bersinergi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, maka dari itu kita bangun komitment untuk kesehatan dan tatanan masyarakat yang lebih baik,” tutup Hj.Tri Mujiati.

(Bambang)

More

Leave a Reply

Your email address will not be published.