Ternyata Puntung Rokok dan Abunya Bisa Jadi Pembasmi Hama Tanaman

by -19 views
ternyata-puntung-rokok-dan-abunya-bisa-jadi-pembasmi-hama-tanaman

Mulai saat ini hindari untuk membuang puntung rokok anda secara sembarangan. Bukan karena hanya demi menjaga kebersihan lingkungan atau agar anda tetap bisa menjaga ketertiban namun ada fungsi yang terduga. Sebuah puntung rokok dapat menyelamatkan tanaman anda dari serangan hama.

Pasti anda akan bertanya-tanya bagaimana bisa sebuah puntung rokok bisa digunakan sebagai pembasmi tanaman? Jangan kaget dan jangan gusar karena memang sejatinya tak ada yang mubazir dari sebuah produk rokok baik itu bungkusnya hingga batangnya.

Dari batangnya kita bisa menikmati ketenangan dan kemakmuran jiwa saat kita menghisapnya. Dari bungkusnya kita juga bisa memanfaatkannya untuk hal-hal yang sangat berguna mulai dari ganjalan pintu hingga asbak portabel yang bisa dibawa kemana-mana.

Bahkan sebelumnya juga ada penemuan yang menjadikan puntung rokok sebagai bahan baku untuk pembangunan rumah. Menarik bukan? Maka seharusnya bukan tak mungkin juga jika ada yang bisa meracik bahan tersebut untuk digunakan sebagai pembasmi hama tanaman.

Sebenarnya puntung rokok memiliki satu kadar yang bisa digunakan untuk hal yang bermanfaat bagi para petani. Tahukah anda bahwa masih ada sisa-sisa nikotin yang masih melekat pada puntung dan inilah yang menjadi bahan bakunya.

Karena ketergantungan akan benih dan begitu juga pada pupuk dan pembasmi hama, akibatnya banyak petani yang menggunakan pestisida. Justru hal ini akan berpengaruh secara tidak langsung bagi tanaman tersebut meski dibilang pestisida cukup sukses dalam mematikan hama.

Inovasi kemudian muncul dengan membuat pestisida dari puntung bekas dan terbukti lebih ramah lingkungan. Kementerian Pertanian Republik Indonesia menyebutkan bahwa Pestisida dari tembakau ini ramah lingkungan karena nikotin lebih mudah terurai di alam sehingga tidak merusak lingkungan.

Tertarik untuk membuatnya? caranya sangat mudah sekali! Pertama beli rokok di warung, rokok apa saja yang kamu sukai. Kedua hisap rokok itu sembari beristirahat sebelum memulai meraciknya.

Ketiga mulai untuk mengumpulkan puntung-puntung bekas tersebut dalam satu wadah. Kalau bisa puntungnya yang dikumpulkan dalam jumlah banyak yaaa, kalau satu doang kan percuma. Lalu kemudian rendam dalam air kemudian airnya disaring.

Tak butuh waktu berhari-hari untuk merendam puntung dan air, setengah hari sudah cukup untuk menjadikannya sebuah pestisida yang alami. Lalu masukan dalam penyemprot dan langsung bisa digunakan.

Kelebihan lain dari pembasmi hama dari puntung ini adalah dapat merusak syaraf hama, mengacaukan sistem hormon hama. Selain itu juga bisa dipergunakan untuk mengendalikan pertumbuhan jamur dan bakteri, serta dapat menyebabkan gangguan metamorfosa dan gangguan bagi serangga.

Biar lebih ampuh, anda bisa menambahkan bahan lain dalam air rendaman tersebut. Tapi jangan mencampurkan satu bungkus rokok penuh yang isinya belum dihisap ya! nanti kan rokoknya mubazir, wkwkwkwk.

Indi Hikami

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *