Teknologi IoT : Keuntungan dan Kelebihan Menggunakannya

by -2 views
teknologi-iot-:-keuntungan-dan-kelebihan-menggunakannya

Teknologi IoT (Internet-of-Things), terdiri dari semua perangkat berkemampuan koneksi internet yang mengumpulkan, mengirim, dan bertindak berdasarkan data yang mereka peroleh dari lingkungan sekitarnya dengan bantuan memanfaatkan sensor, prosesor, dan perangkat komunikasi yang disematkan.

Beberapa perangkat seperti kendaraan, peralatan rumah tangga yang terhubung melalui internet untuk bertukar data dan informasi. Dan data bisa dibagi antara orang dan benda atau benda ke benda serta kombinasi jenis apa pun.

Dengan perkembangan konstan di bidang ini, teknologi IoT memiliki beberapa manfaat dan keistimewaan yang dapat membantu perusahaan maupun orang-orang untuk mempermudah hidup mereka. 

Beberapa kelebihan dan keuntungannya dapat disorot di bawah ini:

Kelebihan Teknologi IoT

1. Kemudahan transfer data

Melalui teknologi IoT, perangkat dapat terhubung secara virtual, transfer data adalah tugas yang mudah. Ini bermanfaat bagi bisnis dan orang yang hidup dalam masyarakat sekarang ini.

Dengan IoT, berbagai perangkat yang terhubung ke internet dapat mengumpulkan, menerima, berkomunikasi satu sama lain melalui IP. Untuk meningkatkan efisiensi dan menyederhanakan proses pengumpulan data, IoT dapat sangat membantu bisnis Anda.

2. Akses dari Mana Saja

Teknologi IoT dapat digunakan untuk banyak hal, tetapi sebagian besar kasus penggunaannya terjadi secara real-time. Yang Anda butuhkan hanyalah smartphone dengan konektivitas internet. Keduanya, ketika dipasangkan bersama, membuat kerja jadi jauh lebih “pintar”.  Ini memungkinkan Anda mengakses perangkat dari jarak jauh.

3. Pemantauan Proses

Penggunaan IoT lainnya, terutama yang sangat bermanfaat bagi bisnis di bidang manufaktur dan produksi barang, adalah pemantauan proses. Proses manufaktur yang mengikuti jalur perakitan saat ini juga sangat diawasi. Namun dengan penambahan IoT, proses tersebut dapat dipantau dengan lebih detail.

Banyak data yang dicatat dapat dianalisis untuk meningkatkan proses, membuatnya lebih efisien, dan juga membantu mengurangi biaya

4. Personalisasi

Koneksi yang lebih dipersonalisasi adalah koneksi yang lebih baik, karena koneksi yang dipersonalisasi lebih relevan, lebih menarik, tidak terlalu mengganggu, dan lebih menyenangkan.

Saat perangkat IoT mengumpulkan lebih banyak data dari Anda, mereka akan dengan cepat mempelajari apa yang Anda suka serta tidak suka kemudian menyesuaikan layanan mereka dengan preferensi Anda.

5. Otomatisasi

Kelebihan dari IoT salah satunya adalah meringankan beban kerja dengan otomatisasi. Sebab memiliki perangkat yang melakukan sebagian besar pekerjaan untuk Anda berarti dapat menghemat lebih banyak waktu dan biaya. 

Dari segi bisnis, perangkat IoT yang digunakan membutuhkan sedikit atau tanpa campur tangan manusia, memungkinkan mereka untuk beroperasi sepenuhnya sendiri. Sehingga, otomatisasi mampu membantu meningkatkan kualitas layanan dan mengontrol tugas sehari-hari tanpa campur tangan manusia.

Keuntungan Teknologi IoT

1. Peningkatan Produktivitas dan Manajemen Waktu yang Lebih Baik

Secara keseluruhan, IoT adalah alat penghemat waktu yang luar biasa karena kemampuan untuk mengoperasikan banyak hal dari satu perangkat. Peningkatan konektivitas ini berarti dapat menurunkan jumlah waktu yang biasanya dihabiskan untuk melakukan tugas yang sama. Akhirnya, Anda akan memiliki lebih banyak waktu luang. 

2. Hemat Uang

Dengan memungkinkan data untuk dibagikan dan dikomunikasikan antara perangkat elektronik dan kemudian menerjemahkannya ke dalam cara yang dibutuhkan, IoT membuat sistem bisnis menjadi efisien. Dengan IoT, peralatan elektronik saling berkomunikasi secara efektif, sehingga mengurangi atau menghemat biaya dan energi.

3. Kenyamanan 

Peralatan pintar menjadi lebih umum, terutama di rumah. Peralatan-peralatan itu hanya memerlukan satu atau dua tindakan dari smartphone Anda untuk bekerja otomatis. Kenyamanan yang ditawarkan ini dapat menghemat waktu Anda dan membuat hidup lebih mudah.

4. Kemampuan untuk memprediksi dan bertindak

Data yang terkumpul dapat digunakan untuk melacak riwayat yang memprediksi dan menempatkan Anda di depan masalah sebelum terjadi. Misalnya, garansi pabrik dan informasi pemeliharaan dapat dipasangkan dengan data yang dikumpulkan IoT untuk memprediksi strategi pemeliharaan minim risiko. 

Pada akhirnya, semua manfaat yang ditawarkan teknologi IoT ini mengarah pada peningkatan kualitas hidup. Memiliki perangkat “pintar” yang mampu melacak dan memesan sesuatu, mematikan lampu, dan membantu mengelola tugas-tugas penting yang mungkin tidak sempat Anda lakukan sendiri tentu menghilangkan banyak kepusingan.

Baca juga: 9 Sektor Industri Ini Wajib Implementasikan Teknologi IoT

Perbaikan gaya hidup Anda, manfaat kesehatan, dan peningkatan kebugaran juga merupakan bagian dari masa depan IoT. Misalnya, mereka yang berolahraga secara teratur dapat memanfaatkan teknologi yang dapat dikenakan untuk membantu mereka melacak detak jantung, suhu tubuh, hidrasi agar tetap bugar dan memantau kesehatan mereka.

Leave your vote

153 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *