Tata Cara Tahallul: Lengkap dengan Zikir dan Artinya

by -6 views
tata-cara-tahallul:-lengkap-dengan-zikir-dan-artinya

BincangSyariah.ComTahallul secara bahasa artinya adalah menjadi boleh atau menjadi halal. Dalam fikih, tahallul maknanya adalah keluar dari ihram karena telah selesai melaksanakan keseluruhan manasik haji. Berikut tata cara tahallul, lengkap dengan zikir dan artinya.

Maksudnya adalah orang yang tadinya haji sudah boleh dan halal melakukan hal-hal yang tadinya dilarang selama haji. Seperti memakai wewangian, memakai pakaian yang berjahit, berhubungan intim bagi suami istri dan lain sebagainya.

Rukun Haji; Tahallul

Tahallul ini termasuk salah satu rukun dalam haji yang tidak boleh ditinggalkan meskipun hanya dengan memotong tiga helai rambut untuk menandai selesainya ihram. Syeikh Zainuddin Abdul Aziz al-Malibari dalam kitab Fathul Muin Syarah Qurratul ‘Ain menjelaskan

وخامسها إزالة شعر من الرأس بحلق أو تقصير لتوقف التحلل عليه وأقل ما يجزئ ثلاث شعرات فتعميمه لبيان الأفضال

“Rukun haji kelima, memotong rambut baik mencukup sampai habis maupun hanya memotong sedikit karena berada disinilah tahallul. Paling tidak, cukuplah melakukannya pada tiga helai rambut. Tentang Rasulullah Saw mencukur seluruh rambut kepala beliau adalah untuk menerangkan yang lebih utama.”

Adapun bagi perempuan memotong sebagian adalah lebih utama dari pada mencukurnya sampai pendek sebagaimana hal ini lebih disunnahkan bagi laki-laki.

Syekh Zainuddin menjelaskan bahwa memotong rambut, thawaf dan sa’i tidak ada batas akhir waktunya. Namun makruh mengakhirkannya sampai lewat tanggal 10 Dzulhijjah dan lebih makruh lagi sampai setelah hari tasyriq yaitu tanggal 11, 12, 13, Dzulhijjah. Lebih-lebih lagi setelah keluar dari kota Makkah.

Ketika akan tahalul dan sebelum menyukur rambut, Imam Ghazali dalam Ihya Ulumuddin mengatakan bahwa dianjurkan menbaca doa berikut ini,

اللَّهُمَّ اجْعَلْ لِكُلِّ شَعْرٍ نْورًا يَوْمَ القِيَامَةِ

Allahummaj’al likuli sya’ratin nuuran yaumal qiyaamati

Artinya; Ya Allah, jadikanlah cahaya untuk setiap helai rambut yang aku potong ini pada hari kiamat nanti.

Setelah selesai proses tahallul, kemudian disambung dengan membaca doa berikut ini;

الحَمْدُ للهِ الَّذِي قضَى عَنَّا مَنَاسِكَنَا اللَّهُمَّ إِيمَاًنا وَيَقِينًا وَعَوْنًا وَاغْفِرْلنَا وَلِوَالِدَيْنَا ولِسَائِرِ المُسْلِمِينَ وَالمُسْلِمَاتِ

Alhamdulillaahil ladzii qadhaa ‘annaa manaasikanaa. Allahumma zidnaa iimaanan wa yaqiinan wa ‘aunan waghfir lanaa wa liwaalidainaa wa lisaa’iri muslimiiina wal muslimaati

Artinya; Segala puji bagi Allah yang telah menyelesaikan manasik kami. Ya Allah, tambahkanlah kepada kami iman, keyakinan dan pertolongan serta ampunilah kami, kedua orangtua kami dan seluruh kaum muslimin dan muslimat.

Demikian penjelasan terkait tata cara tahallul, salah satu rukun haji, yang dilengkapi dengan zikir dan artinya. Wallahu’alam. (Baca: Jumlah Minimal Rambut yang Dipotong Ketika Tahallul Menurut Ulama 4 Madzhab).

*Tulisan ini telah diterbitkan di BincangMuslimah.Com*

More

Leave a Reply

Your email address will not be published.