31.1 C
Jakarta
Wednesday, May 25, 2022

Tanaka, Perempuan Tertua di Dunia Bagikan Rahasia Panjang Umur

Tanaka, Perempuan Tertua di Dunia Bagikan Rahasia Panjang Umur

Kabar duka datang dari perempuan tertua di dunia, Kane Tanaka yang baru saja meninggal dunia pada 19 April 2022 di usia 119 tahun. Kabar tersebut dikonfirmasi oleh sang putri lewat akun Twitter pada 25 April 2022.

Perempuan yang pernah menjalani kehidupan semasa perang dunia berkecamuk ini menyebutkan apa saja makanan dan minuman favoritnya. Apa saja yang jadi favoritnya?

Makanan dan Minuman favorit sang Perempuan Tertua di Dunia

Nenek yang lahir 1903 ini menceritakan apa saja makanan yang jadi kesukaannya. Makanan yang disebutnya kebanyakan makanan manis, dan makanan khas Jepang.

Mengutip Kumparan, pada tahun 2020 lalu Tanaka pernah diwawancarai oleh Japan National Tourism Organization. Ada pertanyaan yang diajukan, salah satunya perihal makanan kesukaannya.

Minuman Favorit Tanaka

Kane Tanaka mengakui bahwa ia begitu menyukai minuman karbonasi, cokelat dan juga kopi.

“Hal favorit saya adalah minuman bersoda (terutama Coca-Cola) tetapi juga kopi dan cokelat,” jawab Tanaka.

Sumber: pixabay.com

Kecintaannya terhadap minuman berkarbonasi membuatnya mendapatkan kado spesial dari Coca-Cola; yakni minuman dengan botol yang tertuliskan nama beserta usia Tanaka saat berulang tahun ke 119 pada Januari lalu.

Tanaka juga kemudian menambahkan jika hampir makanan dia sukai. Bahkan dia pun membagikan rahasianya agar bisa berumur panjang, loh.

Sumber: pixabay.com

“Sebenarnya tidak ada yang tidak saya sukai,” tambahnya.

Cintanya terhadap makanan minuman manis seperti Cola, kopi dan permen merupakan rahasia Tanaka bisa hidup lebih dari 100 tahun.

Rahasia Panjang Umur Tanaka Lainnya

Kemudian ia juga mengatakan rahasia lainnya. Sangat sederhana, cukup dengan makan makanan yang disukai, melakukan apa yang dia suka, dan menikmati hal tersebut.

Di samping makanan, Tanaka juga mengungkap bagaimana dia bisa berusia panjang meski melakukan hal-hal yang begitu sederhana. Kane Tanaka menyebut bahwa dirinya juga suka bermain Othello, mengerjakan teka-teki, permainan papan.

Sumber: pixabay.com

Selain permainan di atas, perempuan tertua di dunia ini juga mengatakan jika berbicara dengan banyak orang bisa membuat umur jadi panjang.

Artikel terkait: Jangan Penasaran Lagi, Ini 5 Rahasia Panjang Umur Ala Jepang

Kuliner Rekomendasi Tanaka si Perempuan Tertua di Dunia

Tak hanya menyebutkan makanan yang disukainya, Tanaka juga memberikan rekomendasi kuliner yang harus orang-orang coba jika berkunjung ke daerah asalnya di Fukuoka, Jepang. Berikut rekomendasinya.

Ramen Hakata

Sumber: pixabay.com

Dilansir Wikipedia, Hakata ramen merupakan mi kuah Jepang yang asalnya dari Tiongkok. Orang Jepang kerap menyebutnya chuka soba atau shina soba.

Ramen tersebut populer di daerah Kyushu tepatnya Fukuoka. Terbuat dari kuah rasa tonkotsu (daging babi). Di kota asalnya terkenal sistem tambah mi ke dalam kuah dan mangkuk yang sama.

Hal ini disebabkan karena mi tersebut mudah melar saat berada di dalam kuah.

Motsu Nabe

Makanan rekomendasi Tanaka selanjutnya yakni Motsunabe. Berupa rebusan khas Jepang yang berisi jeroan hewan serta daging sapi atau babi. Selain daging, rebusan tersebut juga terdapat sayur-sayuran seperti sawi, kol, dan daun bawang.

Jeroan yang biasa digunakan adalah hati, usus, serta babat.

Mentaiko

Sumber: CNN Indonesia

Hidangan telur ikan yang berasal dari ikan spesies kod atau ikan pollock. Telur ikan ini disantap dengan cara digarami. Selain populer di Jepang, kuliner ini juga laris di Korea dan Rusia.

Bentuknya seperti potongan daging atau hati ayam yang padat. Jika dilihat dari dekat akan nampak butiran-butiran telur ikan yang diselaputi membran tipis.

Dilansir dari IDN Times, telur ikan ini terbagi jadi tiga jenis yakni tarako, mentaiko, dan karashi mentaiko. Mentaiko sendiri telur ikan yang telah dibumbui.

Mizutaki

Nama lain dari Nabenomo. Makanan kuah yang disajikan dalam wadah hot pot karena mesti dimakan dalam kondisi panas-panas persis seperti Motsu nabe. Biasanya Mizutaki berisikan ayam yang direbus langsung dalam hot pot.

Kulit ayam dan tulangnya juga ikut dimasak di dalamnya tanpa tambahan bumbu lain, sehingga hanya akan keluar rasa kuah yang khas dari tulang dan kulit ayamnya.

Kedai Makanan Yatai

Sumber: pixabay.com

Konsepnya sama seperti warung kaki lima di Indonesia, bedanya kedai makanan ini akan terus berpindah-pindah lokasi berjualan. Para penjual menggunakan gerobak, mobil boks atau tenda-tenda kecil.

Yatai mudah ditemukan di daerah stasiun kereta, pinggir jalan yang ramai. Hidangan utama yang dijual biasanya ramen, sushi, dango, gyoza, kabayaki, oden, takoyaki dan masih banyak lagi.

***

Ternyata rahasia hidup bahagia dan panjang umur ala Kane Tanaka sangat sederhana ya, Parents. Kira-kira mana rekomendasi dari Tanaka yang Parents tertarik untuk cicipi?

Rasa Bahagia hingga Umur Panjang, Ini 8 Manfaat Berdoa bagi Kesehatan

8 Makanan Favorit Ratu Elizabeth yang Membuatnya Selalu Sehat dan Panjang Umur

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles