Tak Ada Takutnya, Kapal Taiwan Curi Ikan di Laut Natuna

by -41 views
tak-ada-takutnya,-kapal-taiwan-curi-ikan-di-laut-natuna

Kapal Taiwan baru-baru ini ditahan di Indonesia karena diduga menangkap ikan secara ilegal.

Sebuah kapal Taiwan lengkap dengan sepuluh awaknya ditangkap di Indonesia pada Jumat (22/1) karena dicurigai menangkap ikan secara ilegal di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) negara itu, kata Angkatan Laut Indonesia, Sabtu (23/1).

Kapal yang diberi nama Hai Chien Hsing 20 itu ditangkap di Laut Natuna Utara, yang berada dalam Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia, demikian keterangan pers yang dikeluarkan oleh TNI AL.

Kapal yang diawaki oleh seorang kapten Taiwan, juga memiliki dua orang Taiwan lainnya dan tujuh pelaut Indonesia di dalamnya, kata Angkatan Laut Indonesia, seraya menambahkan, ada 12 ton ikan disita dalam operasi tersebut.

Kapal itu ditarik ke pangkalan angkatan laut Ranai Indonesia untuk penyelidikan lebih lanjut, kata Angkatan Laut kepada Channel News Asia (CNA).

Lebih detailnya, penangkapan kapal pencuri ikan dilakukan Guspurla Koarmada I yang tengah berpatroli rutin menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia Usman Haruan (KRI USH-359). Di tengah patroli, pasukan mendadak mendeteksi kontak asing yang dicurigai kapal ikan sedang melakukan aktivitas penangkapan ikan di Laut Natuna Utara sekira pukul 10.30 WIB.

“Dalam patroli rutin yang dilakukan oleh KRI USH-359 pada Jumat ini mendapati kegiatan ilegal yang dilakukan kapal ikan asing berbendera Taiwan,” ungkap Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K. dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Mata Mata Politik.

Komandan KRI USH-359 Kolonel Laut (P) Binsar Alfred Syaiful Sitorus lantas menindaklanjuti kontak mencurigakan di 6 NM (Nautical Miles). Dengan spontan, ia menginstruksikan agar segera mendekati dan memastikan kapal yang disinyalir sedang melakukan kegiatan penangkapan ikan secara ilegal.

Kapal berbendera Taiwan pun menyadari kehadiran KRI dan berusaha menghindari dengan menambah kecepatan. Ia tampaknya berusaha keras untuk menjauh ke arah utara menghindari kejaran KRI USH-359.

“Komandan KRI USH-359 memerintahkan peran tempur bahaya umum dengan menerapkan prosedur untuk berusaha memberhentikan kapal dengan cara memberikan isyarat untuk berhenti namun tidak diindahkan oleh kapal tersebut,” ucapnya.

Usai melaksanakan manuver untuk menyetop kapal, akhirnya kapal asing itu dapat dihentikan dan dirapatkan dengan KRI. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan oleh Tim Visit Board Search and Seizure.

Dari pemeriksaan mula, KIA bernama Hai Chien Hsing 20 dengan bobot 70 Gross Ton berbendera Taiwan dengan sembilan orang ABK yang terdiri dari dua warga negara Taiwan dan tujuh warga negara Indonesia.

“Nakhoda diketahui bernama  Hu Shih Jung, WN Taiwan,” kata dia, dikutip dari Suara.

Adapun dari hasil pemeriksaan diperoleh fakta, kapal tersebut diduga melakukan penangkapan ikan di ZEE Indonesia tanpa dilengkapi dokumen perizinan yang sah (ilegal) dengan menggunakan alat tangkap yang tidak sesuai dengan aturan. Dalam kapal ini, didapati ikan campuran sebanyak 12 ton dalam empat peti palka.

Penerjemah dan editor: Purnama Ayu Rizky

Keterangan foto utama: [Ilustrasi] Kapal asing yang tertangkap mencari ikan di perairan Indonesia akan ditenggelamkan di era Menteri Susi Pudjiastuti. (Foto: ANTARA Foto/Humas KKP)

Tak Ada Takutnya, Kapal Taiwan Curi Ikan di Laut Natuna

, , , ,

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *