Tagihan Kartu Kredit Bebas Jebol Kalau Pakai Cara Ini

by -0 views
tagihan-kartu-kredit-bebas-jebol-kalau-pakai-cara-ini

Menjadi pengguna kartu kredit sejak lama, pasti kamu sudah terbiasa dengan berbagai penawaran menariknya. Mulai dari cicilan 0%, point reward, cashback, hingga diskon di berbagai merchant yang bekerja sama dengan bank penerbit.

Kamu dapat menikmati penawaran tersebut. Ada yang bisa diperoleh tanpa syarat, tetapi ada juga yang dengan syarat. Misalnya dengan melakukan minimal transaksi yang telah ditentukan bank penerbit.

Ini dilakukan untuk memanjakan pengguna. Agar terus meningkatkan transaksi kartu kredit, sehingga bank ikut mendapat keuntungannya.

Namun penggunaan kartu kredit yang tidak bijak bisa membuatmu jatuh miskin. Tagihan membengkak, dan kamu tidak mampu untuk membayarnya. Tetapi utang wajib dibayar atau dilunasi.

Bila terjadi gagal bayar, tentu saja bank dapat menyita aset atau barang berharga di rumah untuk melunasi utang kartu kreditmu. Kalau sampai terjadi, riwayat kredit kamu menjadi buruk di SLIK Checking atau pengganti BI Checking.

Berikut cara cerdas yang bisa kamu lakukan untuk mengontrol penggunaan kartu kredit:

Baca Juga: 8 Tips Ngopi Hemat di Starbucks

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Kartu Kredit

  • Buat daftar belanja yang tepat

Membeli berbagai barang dengan mudah memang menyenangkan, apalagi jika bisa dapat dalam waktu cepat. Inilah keuntungan yang diberikan kartu kredit kepada penggunanya.

Karenanya, banyak pengguna, mungkin termasuk kamu jadi sering belanja dengan kartu kredit untuk mendapatkan barang yang diinginkan secara spontan. Sampai lupa bahwa pembelian tersebut adalah utang yang menjadi beban keuangan setiap bulan.

Hentikan kebiasaan belanja tanpa rencana dengan kartu kredit. Buatlah daftar atau catatan belanja setiap minggu atau setiap bulan yang menjadi kebutuhanmu, bukan keinginanmu.

Dalam membuat rencana belanja tersebut, kamu juga perlu melihat kemampuan keuangan, bukan dari limit atau sisa limit kartu kredit yang dimiliki. Tujuannya, agar kamu tidak membeli barang yang di luar kemampuan bayar.

Selain itu, penting menerapkan disiplin. Disiplin berbelanja sesuai catatan atau daftar yang sudah dibuat. Hindari belanja di luar itu kalau tidak ingin tagihan kartu kredit membengkak.

  • Batasi maksimal penggunaan

Memiliki limit kartu kredit yang besar, siapa tidak mau. Dengannya, kamu akan lebih leluasa bertransaksi. Namun di balik itu, mengandung risiko besar karena bisa saja membuatmu kewalahan dengan tagihan yang datang.

Mau limit kartu kredit besar atau kecil, sebaiknya tidak menghabiskannya. Batasi maksimal penggunaannya. Misalnya limit kartu kredit Rp 10 juta, gaji Rp 5 juta, maka penggunaan paling banyak ditentukan sebesar Rp 1,5 juta atau 30% dari gaji.

Ini supaya kamu tidak kesulitan untuk membayar tagihan kartu kredit. Sebab, kalau bisa hindari minimum payment 10% dari tagihan agar tidak jadi akumulasi utang di bulan-bulan berikutnya.

Lagi-lagi, batas maksimal penggunaan ini harus diukur dengan kemampuan bayarmu. Bukan untuk memenuhi gaya hidupmu yang tinggi.

Apabila transaksi sudah mendekati atau mentok di batas maksimal tersebut, segera hentikan penggunaan kartu kredit hingga kamu melunasi tagihannya.

Baca Juga: 5 Kesalahan Pengguna Kartu Kredit yang Bikin Utang Menggunung

Kartu Kredit

Saat menggenggam kartu kredit, banyak sekali penawaran menarik setiap bulan yang kamu dapatkan. Beragam promo seperti tidak ada habisnya.

Semua promo tersebut akan menguntungkanmu, tetapi juga bisa menjerumuskanmu. Belanja jadi tidak terkontrol. Belanja barang yang bisa ditunda atau sifatnya keinginan lebih banyak dibanding kebutuhan.

Perilaku tersebut namanya pemborosan. Untuk itu, kamu harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Belanja barang yang benar-benar dibutuhkan.

Setiap bulan kamu akan menerima tagihan kartu kredit. Semua transaksi keuangan akan tertera detail dan jelas.

Selalu cek dan evaluasi tagihan yang datang. Apakah jumlah dan transaksinya sudah benar agar terhindar dari kesalahan yang mungkin saja terjadi.

Dari tagihan tersebut kamu juga dapat melakukan evaluasi. Apakah belanjamu lebih banyak kebutuhan atau keinginan. Apa saja yang membuat tagihan jadi membengkak. Dengan begitu, kamu dapat mengerem pembelian atau belanja dengan kartu kredit.

Baca Juga: 4 Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit tanpa Masalah

Jadilah Pengguna Bijak dan Bayar Tagihan Tepat Waktu

Menggunakan kartu kredit merupakan salah satu cara mudah untuk bertransaksi, seperti belanja. Pastikan kamu menjadi pengguna bijak dengan melakukan kontrol dalam pemakaian kartu kredit.

Gunakan sesuai kemampuan finansialmu. Dan tidak lupa membayar tagihan kartu kredit tepat waktu agar terhindar dari denda keterlambatan yang membuat tagihanmu semakin besar.

Baca Juga: Punya Kartu Kredit? Anda Harus Tahu Apa itu CVV atau CVC

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *