in ,

Sosok Misterius Transfer Bitcoin Senilai Rp14,4 Triliun, Menggemparkan Blockchain

Sosok Misterius Transfer Bitcoin Senilai Rp14,4 Triliun

Foto ilustrasi Bitcoin via Getty Images

Bitcoin tetap bertahan, sekalipun demam pemakaian mata uang kripto ini meredup di berbagai negara. Bahkan, Bitcoin masih bisa menggegerkan Internet, kali ini bukan karena nilai tukarnya kembali melejit, melainkan adanya transfer dengan nominal fantastis tanpa diketahui siapa pelakunya.

Pada Selasa (30/6) malam, seseorang atau sebuah lembaga, mentransfer Bitcoin senilai US$1 miliar (setara Rp14,4 triliun). Transaksi itu bisa dipantau siapapun yang memiliki akses ke blockchain. Masalahnya, pengirim dan penerima uang sebanyak itu tak bisa dilacak siapapun.

Nominal US$1 miliar diperkirakan merupakan angka transfer terbesar sepanjang sejarah transaksi Bitcoin. Selama ini, nominal transaksi atau pengiriman Bitcoin berjumlah besar hanya dilakukan entitas bisnis yang bisa dilacak. Pelaku transfer ini bisa saja orang superkaya, investor, atau raksasa bisnis tertentu. Mengingat sifat transaksinya selama ini, Bitcoin tidak perlu mengungkap siapa pengirim uang kripto tersebut.

Masalahnya, bisa saja dana Rp14,4 triliun tadi dikirim dari hasil aktivitas ilegal. Entah itu pencucian uang, mendanai terorisme, atau malah uang tebusan untuk kelompok peretas. Sekalipun demikian, dengan makin banyaknya negara yang mulai meregulasi Bitcoin, maka transaksi fantastis tersebut tetap bisa terlacak dari pajak si penerima.

Sifat Bitcoin yang mendukung anonimitas membuat was-was penegak hukum berbagai negara. Bitcoin semakin sering dipakai untuk transaksi kejahatan atau pembelian di pasar gelap.

Ketika komunitas mata uang kripto sudah geger membahas US$1 miliar yang ditransfer sosok misterius, bisa dibayangkan aparat hukum berbagai negara juga blingsatan mencari siapa pelakunya.

Sebelum transfer menggegerkan kemarin, pada 2019 transfer fantastis juga terjadi di pasar Bitcoin, ketika ada sosok anonim mengirim uang nyaris US$1 miliar, terekam denga jelas di transaksi Blockchain. Sementara bulan lalu, pengamat mata uang kripto geleng-geleng melihat ada pelaku pasar dapat puluhan juta Dollar dalam bentuk Ethereum sebagai biaya transaksi.

Artikel ini pertama kali tayang di Motherboard

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

covid-19,-politisasi-masker,-dan-sikap-terbaru-trump:-‘saya-sepenuhnya-dukung-pemakaian-masker’

Covid-19, politisasi masker, dan sikap terbaru Trump: ‘Saya sepenuhnya dukung pemakaian masker’

kepala-desa-di-garut-dituding-jual-gedung-sd-negeri-dengan-harga-rp80-juta

Kepala Desa di Garut Dituding Jual Gedung SD Negeri Dengan Harga Rp80 Juta