Nabi Musa AS (2/4)

List item

Al-Imam Ibnu Katsir ketika menafsirkan surat al-Qoshosh ayat 81 membawakan riwayat dari Ibnu ‘Abbas tentang tuduhan zina yang dilontarkan Qorun kepada Musa.

Dalam riwayat tersebut disebutkan bahwa Qorun mejanjikan seorang wanita pelacur harta yang banyak dengan syarat dia harus memfitnah nabi Musa di khalayak ramai bahwa Musa sudah berzina dengannya. Ketika nabi Musa berdiri dihadapan bani Isroil, mengajarkan kitab Allah yang ketika itu adalah Taurot, pelacur ini berkata :

”Wahai Musa bukankah enkau telah berbuat begini dan begini denganku?” Mendengar perkataan itu, gemparlah bani Isroil. Nabi Musa kemudian sholat dua roka’at, memohon pertolongan Allah, kemudian berkata : 

“Aku bersumpah kepadamu dengan nam Allah yang telah membelah lautan untuk menyelamatkan bani Isroil, apa yang membuatmu melakukan hal ini kepadaku?”

Bergetarlah wanita tersebut karena merasa takut, kemudian dia menjawab: “Sesungguhnya Qorun menjanjikanku harta yang banyak bila aku mengatakan fitnah ini kepadamu, namun aku sekarang memohon ampun kepada Allah dan aku ingin baertaubat”.

Mendengar pengakuann tersebut, bersujudlah nabi Musa meminta Allah memberi hukuman kepada Qorun, kemudian Allah mewahyukan kepada Musa, bahwa bumi sudah ditundukkan untuknya.

Maka Musa memerintahkan bumi untuk menenggelamkan Qorun dan semua hartanya, Allah abadikan kisah ini dalam firmanNya: 

“Maka Kami benamkan Qorun beserta rumahnya ke dalam bumi, maka tidak ada baginya suatu golonganpun yang mampu menolongnya dari adzab Allah, dan tiadalah ia termasuk orang-orang yang dapat membela dirinya”.

Written by buzz your story

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Nabi Yusuf AS (1/4)

Juraij ar-Rohib (3/4)