Juraij ar-Rohib (3/4)

List item

Juraij adalah ahli ibadah yang sangat masyhur dikalangan Bani Isroil, setiap hari beliau selalu menghabiskan waktu untuk beribadah di mihrob khusus miliknya. Kuatnya ibadah beliau menjadi perbincangan di masyarakat.

Karena jadi perbincangan di masyarakat, seorang pelacur yang sangat cantik berkata : “Kalau kalian mau, aku akan menggodanya dan menunjukan buktinya kepada kalian”.

Maka mulailah wanita in menjalankan aksinya, didatanginya mihrob Juraij, dia menggodannya namun Juraij sama sekali tidak melirik kepadanya. Karena putus asa, wanita ini akhirnya pergi, dia melihat seorang penggembala kambing, maka terjadilah apa yang terjadi, dan dia hamil.

Setelah melahirkan, wanita ini mengumumkan bahwa anaknya adalah hasil dari hubungan dirinya dengan Juraij. Maka masyarakatpun gempar, mereka datang kepada Juraij, menyuruhnya untuk turun, merendahkan martabatnya, menghancurkan mihrobnya dan memukulinya.

Kemudian Juraij bertanya: “Kenapa kalian berbuat ini?” mereka menjawab bahwa Juraij telah berzina dengan pelacur sampai melahirkan bayi. “Bawa kemari bayi tersebut” pinta Juraij. Maka didatangkanlah bayi tersebut. Setelah bayi itu tiba, Juraij melakukan sholat, setelah selesai, beliau mendatangi bayi dan memegang perutnya seraya bertanya: 

“Wahai bayi, siapa bapakmu?” maka bayi ini tiba-tiba bisa berbicara: “Bapakku adalah seorang penggembala kambing”. Melihat kejadian itu, masyarakat menjadi sadar, mereka menciumi Juraij, mengusap kaki dan tangannya. Wahai Juraij sebagai permohonan maaf, kami akan bangun mihrob dari emas untukmu. Namun Juraij menjawab: 

“Tidak usah, namun bangunlah dari tanah seperti semula”, dan merekapun melakukannya. Kisah ini terdapat di shohih Muslim, kitab: Birr al-walidain, bab : Mendahulukan birr al-walidain atas ibadah sunah.

Written by buzz your story

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Nabi Musa AS (2/4)

Sayyidah Maryam binti Imron AS (4/4)