in ,

SKS: Pentingnya Pendidikan Agama Sejak Masih Usia Dini



Padasuka.id – Banten. Membekali anak dengan pendidikan agama Islam adalah hal yang reramat penting dilakukan sejak usia dini, bahkan sejak dalam kandungan. Sebab dengan pendidikan agama anak akan tumbuh menjadi generasi islami sebagaimana harapan orang tuanya, kelak di kemudian hari. Demikian antara lain uraian ceramah Ustadz Abdul Hakim Abubkar, S.Ag dalam acara akikahan Abdullah Ahsanu Amala putera Ustadz Muhammad Sodikin di Kampung Kalipaten, Kelurahan Pakulonan Barat, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu siang 12 Juli 2020.

Dari kanan: Ust Abdul Hakim Abubakar, Ust. Muh. Sodikin menggendong sang putera bersama istri, dan Ust. Sahrudin

Lebih lanjut ustadz yang akrab disapa Santri Kanjeng Sunan (SKS) ini mengatakan, di masa sekarang kebanyakan orang lebih cenderung mengarahkan pendidikan anaknya pada sekolahan umum karena dianggap lebih menjamin masa depan. Padahal masa depan, lanjutnya lagi, sudah ada penjaminnya, yakni Allah SWT. Hanya saja, sebagai manusia kita tinggal berikhtiar untuk mencapai yang terbaik. Dan, dengan pondasi agama yang tertanam sejak usia dini, tandasnya, dimungkinkan ketangguhan anak lebih tertata mengarungi masa depan yang penuh tantangan.

Pada bagian lain, SKS menerangkan nama Abdullah Ahsanu Amala. Menurutnya, nama Abdullah berarti Hamba Allah yang juga merupakan nama dari ayah Nabi Muhammad SAW. Sedangkan Ahsanu Amala adalah bagian dari kalimat yang tertera dalam Al-Quran Surat Al-Mulk Ayat ke-2, yakni:

ٱلَّذِى خَلَقَ ٱلْمَوْتَ وَٱلْحَيَوٰةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۚ وَهُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْغَفُورُ

Artinya:

“Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.”

Maka, dengan nama Abdullah Ahsanu Amala, diharapkan menjadi doa bagi putera Ustadz Sodikin akan menjadi hamba Allah yang lebih baik amalnya.

Sebagian jamaah dalam acara akikahan tersebut

Menurut Ustadz Sodikin, nama puteranya itu adalah pemberian dari KHR Syarif Rahmat RA, SQ, MA (Ketua Umum Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga) yang merupakan kiainya. Ia menuturkan, saat mengaji pada Kiai Syarif pada era tahun 1990-an. Saat itu pesantrennya masih bernama As-Syarifiyah. Yang mana, pesantren tersebut bermula dari asrama di daerah Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Editor : M.A.R & Anuro

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
4-gunung-di-indonesia-yang-sudah-bisa-didaki-saat-new-normal

4 Gunung di Indonesia yang Sudah Bisa Didaki saat New Normal

gak-perlu-datang-pagi-buta!-begini-cara-daftar-antrean-bpjs-kesehatan

Gak Perlu Datang Pagi Buta! Begini Cara Daftar Antrean BPJS Kesehatan