Sering Pakai Anting Bikin Belakang Telinga Bau, Ini Penyebabnya

by -35 views
sering-pakai-anting-bikin-belakang-telinga-bau,-ini-penyebabnya

Pakai anting memang bisa menunjang penampilan. Sayangnya, sejak pakai aksesoris itu, belakang telinga jadi bau.

Kalau diperhatikan, tidak ada luka, gatal, atau tanda-tanda iritasi lainnya. Lantas, apa yang bikin area belakang telinga bau? Apakah hal semacam ini normal saat pakai anting?

Penyebab Lubang Anting Telinga Bau

Kabar baiknya, belakang telinga bau karena pemakaian anting terbilang normal.  Dokter Arina Heidyana mengatakan,

“Belakang telinga bau saat pakai anting disebabkan oleh penumpukan sebum (minyak), debu, sel kulit mati, bakteri, dan keringat. Selama tidak ada keluhan lain, seperti nyeri, bengkak, bernanah, dan tanda infeksi lainnya, maka tidak perlu khawatir, cukup dibersihkan saja.”

Kondisi ini juga bisa disebut sebagai ear cheese. Semua bagian tubuh terus-menerus memperbarui dan mengganti sel kulit matinya. Telinga jadi salah satu area yang sel kulit matinya susah dibersihkan.

Jika telinga dipasangi anting, sel kulit mati yang bercampur dengan minyak dan keringat makin menumpuk.

Tumpukan itu biasanya akan menempel di kulit dan belakang anting. Karena teksturnya yang agak mirip keju lembek dan aromanya pun sama, kotoran itu disebut ear cheese.

Semakin jarang dibersihkan, apalagi saat mandi, semakin tercium baunya. Kondisi tubuh yang berkeringat pun akan memperkuat aromanya.

Bahan anting, baik itu terbuat dari plastik, perak, besi, dan lain sebagainya, bukan penyebab utama dari belakang telinga yang bau.

Apa pun bahan anting yang digunakan, ear cheese akan tetap terjadi jika Anda jarang membersihkannya.

Artikel Lainnya: Telinga Berbau Tidak Sedap, Apa Penyebabnya?

Cara Mengatasi Telinga Bau akibat Pemakaian Anting

Belakang telinga yang bau karena pakai anting tentu bukan “bonus” yang Anda inginkan ketika membeli dan memakai aksesoris tersebut.

Oleh karena itu, lakukan cara berikut ini agar belakang telinga tidak bau akibat pemakaian anting:

  • Lepas anting saat hendak berolahraga. Tujuannya, agar keringat, minyak, dan sel kulit mati tidak menumpuk di area tindikan.

Jika lupa mencopot anting, segera lap belakang telinga, khususnya area yang bertindik dengan tisu bersih.

  • Lepas anting saat mandi. Anda keliru jika berpikir bahwa mandi dengan anting bisa sekaligus membersihkan benda tersebut.

Pakai anting saat mandi justru membuat sisa busa sabun dan sampo terjebak di area tindikan.

  • Beberapa kali dalam seminggu, cuci anting Anda dengan air dan sabun berbahan lembut. Jika di rumah tak ada sabun seperti itu, cucilah dengan air garam. Keringkan dengan kain atau tisu bersih.
  • Setiap mandi, jangan lupa bersihkan bagian belakang telinga. Gosok perlahan supaya sel-sel kulit mati dan kotoran lainnya ikut terangkat. Jangan lupa lap bagian tersebut dengan handuk agar tidak lembap.
  • Jika ada tanda-tanda lain, seperti gatal, kemerahan, dan perih, lebih baik berkonsultasi dengan dokter. Selain menyuruh Anda untuk tak pakai anting dulu, biasanya dokter akan meresepkan salep antibakteri dan antiinflamasi.

Artikel Lainnya: 6 Kesalahan yang Sering Anda Lakukan pada Telinga

Penyebab Belakang Telinga Bau selain Pemakaian Anting

Selain anting, beberapa hal lain yang bisa membuat belakang telinga jadi bau, antara lain:

  • Polusi

Polusi, terutama asap, sangat berpengaruh terhadap munculnya aneka bau di tubuh. Jika Anda bepergian ke area yang berasap, misalnya jalan raya, risiko telinga kotor dan berbau juga lebih besar.

  • Sering Membiarkan Rambut Tergerai

Rambut yang sering tergerai, apalagi dalam cuaca panas, akan meningkatkan kelembapan di kulit telinga. Area yang hangat, lembap, dan berkeringat merupakan kondisi yang sangat disukai oleh bakteri.

  • Menggaruk dengan Tangan Kotor

Selain wajah, telinga termasuk bagian yang tidak boleh disentuh apalagi digaruk dengan tangan yang belum dibersihkan.

Selain menambah jumlah bakteri, sering menggaruk telinga juga bisa meningkatkan risiko infeksi. Jika sudah terjadi infeksi, aroma tak sedap pun akan tercium.

Artikel Lainnya: Kotoran Telinga, Beda Warna Beda Arti

  • Kulit Kepala yang Bermasalah

Masalah di kulit kepala juga bisa memengaruhi kondisi telinga. Kulit kepala yang berketombe menyebabkan gatal dan bikin penderitanya sering menggaruk. Garukan tersebut kadang juga dilakukan di belakang telinga.

  • Pakai Kacamata

Penyebab yang satu ini sebenarnya mirip dengan pemakaian anting. Tangkai kacamata jadi benda asing yang bisa jadi sarang tumpukan sel kulit mati, minyak, serta keringat.

Tak cuma telinga yang bau, bagian belakang tangkai kacamata kadang juga ikut lengket!

Itu dia penyebab telinga bau saat memakai anting. Apabila masih ada pertanyaan seputar kesehatan telinga, hidung, tenggorokan (THT), dan kulit, konsultasi langsung dengan dokter kami di LiveChat aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *