26.8 C
Jakarta
Sunday, May 22, 2022

Inilah Tutorial Shalat Bagi Orang yang Sakit | Bincang Syariah

BincangSyariah.Com–  Shalat merupakan ibadah paling...

Hukum Bersentuhan dengan Bukan Mahram Saat Thawaf | Bincang Syariah

BincangSyariah.Com– Termasuk dari syarat thawaf...

Sering Dianggap Sama, Ini 6 Perbedaan Banteng dan Kerbau

Sering Dianggap Sama, Ini 6 Perbedaan Banteng dan Kerbau

Dalam kehidupan perkembangbiakan hewan, terdapat beberapa jenis hewan yang memiliki bentuk serupa dan sulit dibedakan. Misalnya seperti banteng dan kerbau. Saat kedua hewan ini berada dalam satu wilayah yang sama, mungkin Anda akan dibuat bingung dengan perbedaan banteng dan kerbau. Pasalnya, dua hewan ini jika dilihat sekilas memang memiliki kemiripan.

Padahal, keduanya memiliki perbedaan pada bentuk, manfaat, dan karakteristiknya. Banteng sendiri di Indonesia saat ini menjadi salah satu hewan yang terancam punah dan dilindungi. Sementara kerbau, sebagian masyarakat biasanya menggunakan hewan ini untuk membantu petani membajak sawah.

Berikut ini kami akan merangkum beberapa perbedaan antara banteng dan kerbau yang bisa menjadi pemahaman baru bagi Anda. Bisa diajarkan juga kepada anak-anak di rumah, nih. Yuk simak sampai akhir!

6 Perbedaan Banteng dan Kerbau
1. Memiliki Manfaat yang Berbeda

Sumber: Pexels

Melansir dari laman Difference Between, perbedaan kedua hewan ini bisa dilihat dari manfaat yang didapatkan. Di mana kerbau memiliki lebih banyak manfaat untuk memudahkan pekerjaan manusia, dibandingkan dengan banteng.

Salah satunya adalah kerbau yang dapat menghasilkan susu dan bisa diminum untuk tujuan kesehatan. Sementara banteng bukan hewan yang dapat menghasilkan susu.

Manfaat lainnya, banteng bisa digunakan sebagai hewan yang dapat mengangkat beban berat, sementara kerbau hanya sebatas membajak sawah untuk membantu petani.

6 Perbedaan Anjing dan Serigala yang Perlu Diketahui Si Kecil

2. Perbedaan pada Ukuran Tubuh

Sumber: Pexels

Mengutip dari laman Arena Hewan, perbedaan banteng dan kerbau juga bisa dilihat dari ukuran tubuh mereka. Sebenarnya, kedua hewan ini memiliki kisaran berat yang tak jauh berbeda, tergantung usia dari hewan tersebut.

Di mana kerbau dewasa biasanya memiliki berat badan sekitar 300 hingga 600 kilogram. Berbeda dengan kerbau liar yang bisa mencapai 800 kilogram untuk betina, dan 1200 kilogram untuk jantan serta panjang mereka sekitar 1,7 meter.

Sementara untuk banteng, biasanya mereka berukuran lebih besar dan berat dibandingkan dengan banteng yang sudah diternakan dengan panjang 1,9 hingga 2,25 meter. Serta berat hingga mencapai 363 kilogram untuk banteng jantan, dan 242 kilogram untuk banteng betina. Namun untuk banteng liar yang tidak diternakkan, beratnya bisa mencapai 670 kilogram.

3. Perbedaan pada Tanduknya

Sumber: Pexels

Selain bentuk tubuh, perbedaan mendasar juga bisa dilihat pada tanduk masing-masing hewan. Kedua hewan ini memang memiliki tanduk, namun ada perbedaan yang bisa Anda lihat jika memerhatikan secara saksama.

Kerbau diketahui memiliki tanduk paling besar dibandingkan dengan banteng. Biasanya panjang tanduk kerbau bisa mencapai rata-rata 1 meter, lho. Sementara banteng, biasanya mereka hanya memiliki panjang tanduk sekitar 60 hingga 75 centimeter saja namun tanduk banteng biasanya lebih mencuat ke atas.

The post Sering Dianggap Sama, Ini 6 Perbedaan Banteng dan Kerbau appeared first on theAsianparent: Situs Parenting Terbaik di Indonesia.

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles