Seputar Trigger Finger

by -8 views
seputar-trigger-finger

Kemarin saya ke dokter ortopedi karena jari telunjuk kanan kaku. Dokternya bilang kena trigger finger, dan harus segera dioperasi. Tolong info, apakah ada opsi lain selali operasi? Kalau harus operasi, dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, apakah aman untuk melakukan operasi di RS? Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Kami akan mencoba jelaskan mengenai Trigger finger. Tringer finger adalah kekakuan tendon atau selubung tendon, suatu kondisi nyeri atau sakit pada jari-jari tangan, jari kaku bila ditekuk atau ketika mau di luruskan. Kondisi ini mengakibatkan terkuncinya sendi jari pada saat di gerakan dari posisi fleksi (gerakan menekuk) ke arah posisi ekstensi (gerakan meluruskan). Trigger finger dapat mengenai lebih dari satu jari pada satu waktu, meskipun biasanya lebih sering terjadi pada ibu jari, tengah, atau jari manis. Trigger finger biasanya lebih menonjol di pagi hari.

Insiden terjadi trigger finger lebih sering terjadi pada wanita di usia 40 – 60 tahun dan penderita diabetes melitus atau penyakit rematik. 

Penanganan dilakukan dengan cara :

1. Terapi non bedah :

  • Istirahat. Jika keluhan ringan, mengistirahatkan jari mungkin dapat mengurangi gejala.
  • Obat obatan golongan anti inflamasi non steroid (NSAID) dapat membantu mengurangi gejala.
  • Suntikan steroid. Suntikan dilakukan ke dalam selubung tendo.

2. Terapi bedah

Terapi-terapi tersebut disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter ortopedi untuk penanganan lebih lanjut. Untuk prosedur operasi sendiri bisa dijelaskan oleh dokter othopedinya. Setiap RS pasti sudah memikikirkan keamanan dan punya prosedur yang ketat dalam menjalankan tindakan medis seperti operasi selama masa pandemi seperti ini.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *