Semarak UMKM Pantura Angkat Pamor Teh dan Kopi Lokal

by -5 views

Tegal, Gatra.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tegal, Jawa Tengah menggelar Semarak UMKM Pantura 2021. Gelaran ini secara khusus mengangkat potensi produk teh dan kopi yang dihasilkan UMKM binaan BI.

Semarak UMKM Pantura 2021 digelar selama dua hari di Hotel Premier, Kota Tegal mulai Selasa (30/3). Sebanyak 15 UMKM di eks Karesidenan Pekalongan dan Jawa Tengah ambil bagian memamerkan produk unggulan masing-masing di stan yang disediakan.

Mayoritas UMKM tersebut adalah UMKM kopi dan teh. Hal ini sesuai dengan tema Semarak UMKM Pantura pada tahun ini yakni Pesona TeKo Pantura, Inspirasi Teh dan Kopi Indonesia.

Selain UMKM kopi dan teh, UMKM lain yang dihadirkan dalam pameran yakni UMKM batik, kriya dan makanan. Seluruh UMKM yang terlibat itu menyediakan layanan pembayaran nontunai menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Kepala Kantor Perwakilan BI Tegal, Muhammad Taufik Amrozy mengatakan, Semarak UMKM Pantura 2021 digelar untuk mengangkat UMKM di wilayah eks Karesidenan Pekalongan, terutama UMKM teh dan kopi.

“Tema teh sengaja kami angkat karena Tegal merupakan sentra lokasi produksi teh nasional. Hampir semua merek teh yang terkenal seantero Nusantara berasal dari Tegal. Ada banyak industri, tapi yang belum banyak kita tahu, banyak teh rakyat juga di sini, nah itu lah yang kami bina, dorong supaya jadi tuan rumah di negeri sendiri,” ujarnya.

Melalui Semarak UMKM 2021, Taufik berharap teh kelas premium dan specialty yang diproduksi UMKM pengolah teh binaan BI Tegal akan muncul sebagai komoditas unggulan yang naik kelas, go digital, dan go export.

“Selain teh, kami juga mengangkat tema kopi karena kopi merupakan komoditas perkebunan yang lebih dahulu naik daun yang ditandai dengan berkembangnya tren coffee shop yang turut mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ujar Taufik.

Taufik menambahkan, Semarak UMKM Pantura 2021 merupakan rangkaian acara Road to Festival Joglosemar, yaitu festival UMKM yang digelar Bank Indonesia se-Jawa Tengah.

“Kegiatan ini adalah pembinaan, pengembangan UMKM yang digelar tiap tahun. Cuma spesial tahun ini kita bersinergi, berkolaborasi BI se-JawaTengah. Tidak hanya Tegal, tapi juga Purwokerto, Solo, Semarang juga menyelenggarakan kegiatan ini secara maraton,” ujarnya.



Reporter: Farid Firdaus


Editor: Rosyid


Leave your vote

554 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *