in ,

Sekolah di Zona Hijau Gelar KBM Tatap Muka Hari Ini, Begini Pesan Mendikbud Nadiem

INDOZONE.ID – Sekolah yang berada di zona hijau berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mulai memberlakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka atau langsung pada hari ini, Senin (13/7/2020).

Mengenai hal tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pembelajaran tatap muka di sekolah zona hijau akan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Beberapa kabupaten/kota yang merupakan zona hijau menurut Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional, dengan demikian dimungkinkan memulai pembelajaran tatap muka dengan persyaratan protokol kesehatan yang ketat,” ucap Nadiem dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/7/2020).

“Ini mengenai kenyamanan, mengenai kepercayaan kita kepada institusi sekolah yang bisa melakukan protokol kesehatan yang baik. Itu kuncinya,” tambahnya.

Menurut Nadiem, kebijakan membuka sekolah kembali untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran tatap muka berada di tangan kepala daerah. Selain kepala daerah, kepala sekolah dan orang tua juga punya hak untuk menentukan apakah sekolah tersebut sudah siap untuk menyelenggarakan pembelajaran tatap muka kembali.

“Jadinya, sekolah-sekolah kalau mau membuka kembali pembelajaran tatap muka harus benar-benar meyakinkan semua orang tua bahwa protokol kesehatan di sekolahnya itu sudah sangat mapan,” terang Nadiem.  

Lebih lanjut, Nadiem mengungkapkan apabila ada orang tua yang merasa tidak siap jika anaknya harus kembali bersekolah, maka ia berhak untuk menolak dan anak tetap melanjutkan pembelajaran dari rumah.

“Jadi, kita benar-benar harus memegang prinsip kebebasan memilih. Karena ini kan mengenai kesehatan masing-masing. Menurut kami, prinsip dasar itu adalah haknya orang tua,” tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

solskjaer-pastikan-untuk-pertahankan-de-gea-di-mu

Solskjaer Pastikan untuk Pertahankan De Gea di MU

kalahkan-tim-cook,-elon-musk-sukses-jadi-ceo-dengan-gaji-tertinggi-di-tahun-2019

Kalahkan Tim Cook, Elon Musk Sukses Jadi CEO dengan Gaji Tertinggi di Tahun 2019