30.9 C
Jakarta
Tuesday, May 17, 2022

Sejumlah Daerah Mulai Salurkan BLT Minyak Goreng – kbr.id

BeritaSejumlah Daerah Mulai Salurkan BLT Minyak Goreng - kbr.id
BLT minyak goreng

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming memantau penyaluran BLT minyak goreng dibarengi vaksinasi COVID-19 di Solo, Selasa (12/4/2022). (Foto: KBR/Yudha Satriawan)

KBR, Solo – Sejumlah pemerintah daerah mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng.

Di Solo Jawa Tengah, Pemerintah Kota Solo mencairkan dan menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng pada ribuan warganya.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memantau langsung pembagian bantuan sosial yang melibatkan kantor pos itu.

Ia berharap bantuan uang tunai sebesar Rp300 ribu untuk tiga bulan itu digunakan secara bijak.

“Di Solo penerima BLT minyak goreng sekitar 36.864 orang. Kita selesaikan semua sebelum lebaran. Saya mengimbau warga penerima Bansos untuk menggunakan uang itu sebaik mungkin. Ini kan menjelang Lebaran, mohon bisa digunakan sebaik-baiknya untuk kebutuhan pokok sebelum Lebaran,” kata Gibran di Kecamatan Banjarsari, Selasa (12/4/2022).

Gibran mengatakan kegiatan penyaluran bantuan sosial BLT minyak goreng juga dibarengi dengan vaksinasi COVID-19.

Bagi penerima bansos yang belum divaksin, pemerintah kota menyediakan vaksinator di lokasi pembagian bansos tersebut.

Dari pantauan KBR, ratusan warga mengantre untuk mengambil bansos di kecamatan. Warga memadati kursi ruang tunggu yang tersedia. Petugas kantor pos dan pemerintah kota Solo akan mengecek identitas penerima bansos sebelum menyalurkan BLT.

Baca juga:


Penyaluran perdana di Banyuwangi

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng juga mulai disalurkan di Banyuwangi, Selasa (12/4/2022). Penyaluran perdana dilakukan di wilayah Kecamatan Glagah.

Kepala Dinas Sosial dan PPKB Banyuwangi, Henik Setyorini mengatakan, total ada 124 ribu lebih keluarga penerima manfaat (KPM). Namun pemerintah pusat mengintruksikan penyaluran perdana hanya dilakukan di Kecamatan Glagah.

Kata Henik, besaran bantuan yang diterima masing-masing KPM sebesar Rp100 ribu per bulan. Berlaku 3 bulan terhitung April hingga Juni 2022. Pencairan akan dilakukan sekaligus Rp300 ribu pada bulan April.

Di Banyuwangi penyaluran serentak dilakukan bersamaan dengan penyerahan Bantuan Sosial Pangan (BSP).

“Jadi ini PT Pos menyalurkan yang BST Mei sesuai juklak- juknis yang ada sekarang. Mei Rp200 ribu. Untuk minyak goreng April, Mei, Juni lewat pos Rp300 ribu. Maysarakat akan menerima Rp500 ribu. Rp200 ribu untuk bantuan sosial pangan untuk bulan Mei, dan minyak goreng Rp300 ribu untuk April, Mei Juni oleh PT Pos,” ujar Henik Setyorini di Banyuwangi, Selasa (12/4/2022).

Henik Setyorini menambahkan dana BLT minyak goreng disalurkan melalui PT. Pos Indonesia. Penyaluran dilakukan terpusat di setiap kantor desa. Masyarakat yang terdaftar sebgai KPM dapat langsung mengambilnya.

Sedangkan, penyaluran BLT Minyak Goreng secara menyeluruh di Banyuwangi masih menunggu intruksi dari pusat. Namun diprediksi sebelum Hari Raya Idul Fitri bantuan akan rampung disalurkan di Banyuwangi.

Baca juga:

Balikpapan

Kantor Pos Balikpapan hari ini, Selasa (12/04/2022) juga mulai menyalurkan bantuan sembako dan bantuan langsung tunai minyak goreng.

Kepala Kantor Pos Balikpapan Wendy Nugroho mengatakan, bantuan yang disalurkan totalnya Rp 500 ribu tunai, yakni BLT minyak goreng untuk 3 bulan April-Juni senilai Rp 300 ribu dan bantuan sembako bulan Mei Rp200 ribu.

Menurutnya, bantuan yang disalurkan khusus bagi 12.185 keluarga penerima manfaat (KPM). Jumlah penerima terbanyak ada di Kecamatan Balikpapan Utara dengan 2.758 keluarga.

“BLT minyak goreng ini seluruhnya (penyaluran) melalui PT Pos Indonesia (untuk) tiga bulan alokasi April, Mei Juni. Per bulannya alokasinya Rp 100 ribu. Jadi kalau bantuan sembako Rp 200 ribu, sedangkan yang minyak goreng per bulannya Rp 100 ribu, tiga bulan sekaligus, jadi Rp 300 ribu. Sehingga 300 tambah 200 maka, satu KPM akan mendapatkan nilai Rp 500 ribu sekaligus dalam pembayaran itu,” ujarnya, Selasa (12/4/2022).

Adapun penerima di Kecamatan Balikpapan Barat 2.847 KPM, Kecamatan Balikpapan Kota 848 KPM, Kecamatan Balikpapan Selatan 1636 KPM, Kecamatan Balikpapan Tengah 1.869 KPM, Kecamatan Balikpapan Timur 2.227 KPM dan Kecamatan Balikpapan Utara 2.758 KPM.

Editor: Agus Luqman

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles