Inilah Daftar 20 Perusahaan Terbesar di Indonesia!

by -1 views
inilah-daftar-20-perusahaan-terbesar-di-indonesia!

Jumlah perusahaan besar di negeri ini lumayan banyak. Bursa Efek Indonesia (BEI) bahkan membagikan tentang beberapa perusahaan terbesar di Indonesia lewat situs web resminya. Hasil tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti nilai kapitalisasi pasar dan asetnya.

Penasaran apa saja perusahaannya? Mari perhatikan daftarnya berikut ini!

1. Gudang Garam, Tbk.

Gudang Garam belum pernah turun dari tahtanya sebagai perusahaan terbesar di negeri ini. Dengan mengandalkan industri rokok, makanan, dan minuman, Gudang Garam mengumpulkan nilai kapitalisasi pasar sebanyak Rp105,87 triliun.

2. Bank Central Asia, Tbk. (BCA)

Jika berbicara tentang perusahaan terbesar di Indonesia, nama BCA sudah tidak mengherankan lagi. Sebagai bank swasta paling sukses dalam negeri, perusahaan ini meraih nilai aset sebesar Rp870 triliun dan masuk dalam jajaran Top Global 2000 Forbes.

3. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. (BRI)

BRI sukses dengan membawahi berbagai segmen, mulai dari UMKM, bisnis ritel, bisnis perusahaan, hingga bisnis anak perusahaan. Salah satu peraih Top Global 2000 Forbes ini mencapai nilai aset sebanyak Rp1.288,20 triliun.

4. Bank Mandiri (Persero), Tbk.

Perusahaan yang dipegang oleh CEO Darmawan Junaidi ini juga sukses masuk ke Top Global 2000 Forbes. Bank Mandiri memegang nilai aset sebesar Rp1.235,63 triliun.

5. Telekomunikasi Indonesia (Persero), Tbk. (Telkom Indonesia)

Telkom menjadi satu-satunya perusahaan di bidang telekomunikasi, informasi, dan teknologi yang masuk daftar ini. Peraih Top Global 2000 Forbes tersebut mempunyai nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp412,1 triliun.

Baca juga: 4 Perusahaan Fintech yang Berkembang di Indonesia

6. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. (BNI)

Perusahaan perbankan yang dibangun pada 1946 ini meraih Top Global 2000 sekaligus World’s Best Banks 2021. Asetnya senilai Rp843,21 triliun.

7. Garuda Indonesia (Persero), Tbk.

Ini dia satu-satunya perusahaan maskapai penerbangan yang masuk dalam daftar. Aset Garuda Indonesia mencapai Rp62,02 triliun.

8. Astra Internasional, Tbk.

Sebagai perusahaan konglomerat multinasional yang mencakup berbagai bidang industri, Astra Internasional mampu mencetak nilai aset sebesar Rp350,29 triliun.

9. Indofood Sukses Makmur, Tbk.

Produk-produk Indofood sudah menjajah rumah-rumah penduduk negeri ini, bahkan diekspor ke luar negeri. Tak heran, nilai asetnya mencapai Rp97,37 triliun.

10. Semen Indonesia (Persero), Tbk.

Berkat produk semennya yang unggul, perusahaan ini berhasil meraih nilai aset yang fantastis, yakni Rp76,8 triliun.

11. Barito Pacific, Tbk.

Barito Pacific memperoleh aset senilai Rp98,99 triliun. Total tersebut diraih berkat kesuksesannya dalam industri petrokimia dan pembangkit listrik.

12. Sinar Mas Multiartha, Tbk.

Sinar Mas terkenal dengan produk pulp dan kertas, perbankan, serta pangan. Aset perusahaan terbesar ini mencapai Rp109,32 triliun.

13. Perusahaan Gas Negara, Tbk.

Perusahaan Gas Negara sudah berdiri sejak 1965. Pemegang industri di bidang transmisi dan distribusi gas bumi ini mempunyai aset sebesar Rp102,51 triliun.

14. Bank Permata, Tbk.

Satu lagi bank swasta yang masuk jajaran perusahaan terbesar di Indonesia. Permata Bank—yang baru-baru ini merger dengan Bangkok Bank—memiliki total aset sebesar Rp147,83 triliun.

15. Bank BTPN, Tbk.

Setelah bergabung dengan SMBC, Bank BTPN semakin sukses dan mengantongi peringkat AAA dari Pefindo (Pemeringkat Efek Indonesia). Bank BTPN memperoleh nilai aset sebesar Rp186,69 triliun.

16. Bank Danamon Indonesia, Tbk.

Selama 65 tahun berdiri, Bank Danamon banyak meraih kesuksesan. Salah satunya ditunjukan dengan aset senilai Rp198,59 triliun.

17. Bank CIMB Niaga, Tbk.

Bank yang dipegang oleh CEO Tigor M. Siahaan ini mencetak aset sebanyak Rp271,86 triliun. CIMB Niaga pernah masuk jajaran emiten terbaik se-ASEAN.

18. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk. (BTN)

Kemudian, ada Bank BTN yang meraih nilai aset sebanyak Rp312,47 triliun. Kesuksesan bisnisnya membuat bank ini meraih penghargaan CNBC Indonesia Award kategori The Best Bank in Mortgage Market.

19. United Tractors, Tbk.

Pendiri merek alat berat dan penyedia mesin konstruksi ini berhasil mengumpulkan aset senilai Rp118,28 triliun.

20. Adaro Energy, Tbk.

Terakhir, hadir Adaro Energy yang mengisi jajaran perusahaan terbesar. Korporasi di bidang penambangan batu bara ini mempunyai aset sebesar Rp101,39 triliun.

Nah, sudah tahu mana saja bisnis yang meraih predikat perusahaan terbesar di Indonesia? Tentunya, di antara daftar tersebut, ada nama-nama perusahaan yang sudah akrab di telinga Anda. Sekian informasi kali ini dan semoga menambah wawasan!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

Leave your vote

About Author: Rss Feed

Gravatar Image
Bukan Penulis, hanya baris-baris kode yang mengumpulkan berita terbaik yang tersebar di internet. Sejenis Bot yang baik hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *