Sangat Dihormati dan Ingin Diperbanyak, Inilah Fakta Patung Jenderal Soedirman yang ada di Jepang

by -13 views
sangat-dihormati-dan-ingin-diperbanyak,-inilah-fakta-patung-jenderal-soedirman-yang-ada-di-jepang

Kalo ngebahas soal Jenderal Soedirman, tentu kita sudah nggak asing lagi sama nama salah satu pahlawan besar Indonesia ini. Beliau adalah perwira tinggi Indonesia di masa revolusi. Sejak masih sekolah, sosok beliau memang sudah terlihat menonjol, karena kehebatannya dalam memimpin organisasi. Ia juga dihormati karena ketaatannya pada agama Islam.

Di tengah perjuangannya demi bangsa, Jenderal Soedirman terkena TBC yang membuatnya jarang tampil di publik. Meski demikian, ia terus berjuang hingga akhirnya diangkat sebagai panglima besar TNI di negara baru Republik Indonesia Serikat. Namun sayangnya, pada 29 Januari 1950, beliau akhirnya mengembuskan napas terakhir di usia 34 tahun. Meski usia terbilang sangat muda, namun besarnya jasa-jasanya tak terlupakan penduduk Indonesia. Nggak cuma di Indonesia sih sebenernya, karena negara Jepang ternyata juga sangat menghargai sosok Soedirman. Bahkan patungnya juga ada lho di Jepang, kok bisa?

Hadiah Kementerian RI untuk Kementerian Jepang

Patung Soedirman [sumber gambar]

Seorang YouTuber dan Tiktoker bernama Yamataka yang berasal dari Jepang dan menetap di Jakarta pernah mengulas patung Jenderal Soedirman yang ada di Jepang. Patung tersebut terletak di lapangan Boueshou. Boueshou kalau dalam bahasa Indonesia artinya adalah Kementerian Pertahanan Jepang. Patung tersebut ternyata merupakan hadiah dari Menhan Indonesia pada tahun 2011. Hadiah tersebut merupakan bukti jika kedua negara bersahabat, serta untuk meningkatkan kerja sama pertahanan Indonesia dan Jepang.

Merupakan satu-satunya patung pahlawan asing di Jepang

Patung Jenderal Soedirman [sumber gambar]

Patung  gagah Jenderal Soedirman terbuat dari perunggu, dan memiliki tinggi empat meter. Dan rupanya, patung Jenderal Soedirman sendiri merupakan satu-satunya patung pahlawan asing yang ada di Jepang. Meski sudah ada sejak tahun 2011, namun rupanya keberadaan sosok yang sangat disegani ini baru diketahui masyarakat sejak tahun 2015.

Sangat dihormati oleh Jepang

Masyarakat Jepang menghormati patung Jenderal Soedirman [sumber gambar]

Selain jadi satu-satunya patung pahlawan asing di Jepang, rupanya patung Jenderal Soedirman juga sangat dihormati loh. Kelompok Masyarakat Jepang Pecinta Indonesia kerap melalukan upacara peletakan bunga di depan patung tersebut. Pada tahun 2015, Duta Besar Indonesia untuk Jepang juga mendapat undangan resmi untuk meletakkan karangan bunga di depan patung Soedirman. Saat itu, panitia pelaksanaan upacara, Fuji Gemki juga menyebut jika Jenderal Soedirman merupakan figur penting dalam sejarah Indonesia dan Jepang.

Rencananya, Patung Jenderal Soedirman akan disebar di banyak tempat

Hideaki Kase [sumber gambar]

Salah satu kritikus Jepang, Hideaki Kase yang dikenal kerap mempromosikan revisionisme historis. Beliau juga ingin mempererat hubungan Indonesia dengan Jepang. Salah satu cara yang beliau pikirkan adalah dengan menyebarkan patung Jenderal Soedirman di berbagai tempat di Jepang. Selama ini, masyarakat Jepang kurang bisa menikmati atau menyaksikan patung Jenderal Soedirman karena letaknya di sekitar kantor Kementerian Jepang. Ingin melihat pun, masyarakat harus izin dulu, dan sayangnya hal itu bukan hal yang mudah. Kase berharap jika ke depannya, patung tersebut bisa dilihat lebih banyak masyarakat secara bebas.

Selalu ada upacara di depan patung di hari kemerdekaan RI

Patung Jenderal Soedirman [sumber gambar]

Tiap hari kemerdekaan Indonesia, para tokoh penting di Jepang selalu memperingatinya di depan patung Jenderal Soedirman. Mereka melakukan upacara dan juga tabur bunga dan juga penyimpanan karangan bunga, sebagai bentuk penghormatan kepada jasa-jasa Soedirman sebagai pahlawan Indonesia.

BACA JUGA: Mengenal Sosok Soedirman, Jenderal Perang yang Sangat Dihormati Presiden Soekarno

Itulah lima fakta tentang patung Jenderal Soedirman di Jepang. Negara Jepang saja sangat menghormati pahlawan Indonesia, sebagai masyarakat Indonesia kita juga nggak boleh kalah nih, harus lebih menghormati dan mencintai para pejuang yang sudah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, hingga kita bisa mewarisi negara yang mereka usahakan.

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *