[SALAH] “Umami: Campuran tulang BABI”

by -0 views
[salah]-“umami:-campuran-tulang-babi”

BUKAN campuran tulang babi. Umami merupakan rasa dasar ke-5 yang ditemukan setelah asin, manis, asam, pahit, yang biasa dikenal dengan rasa gurih. Rasa umami dapat ditemukan dari berbagai bahan makanan yang mengandung asam amino glutamat. Penguat rasa, seperti monosodium glutamat (MSG) juga merupakan sumber rasa umami.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

===========================================

Kategori: Konten yang Menyesatkan

===========================================

Akun Facebook Zul Karna IN (fb.com/zulkarnain.in.77) pada 4 Agustus 2021 mengunggah gambar yang menampilkan foto produk penyedap rasa makanan dari Ajinomoto dengan narasi sebagai berikut:

“Umami: Campuran tulang BABI..? Silahkan mikir sendiri az….”

Sumber: https://bit.ly/3yglqNz (Arsip)

===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa umami merupakan campuran tulang babi merupakan konten yang menyesatkan.

Faktanya, bukan campuran tulang babi. Umami merupakan rasa dasar ke-5 yang ditemukan setelah asin, manis, asam, pahit, yang biasa dikenal dengan rasa gurih. Rasa umami dapat ditemukan dari berbagai bahan makanan yang mengandung asam amino glutamat. Penguat rasa, seperti monosodium glutamat (MSG) juga merupakan sumber rasa umami.

PT Ajinomoto Indonesia dan Inaviga Indonesia pernah menggelar kegiatan webinar dengan tema “Peran Bumbu Umami Sebagai Strategi Menyusun Menu Sehat untuk Keluarga”.

Dalam kesempatan itu, Guru Besar Keamanan & Gizi Pangan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA), Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Ahmad Sulaeman memaparkan tentang bagaimana bumbu umami dapat mendukung dalam strategi menyusun makanan sehat, lezat, dan bergizi seimbang untuk tetap fit.

“Padahal, rasa lezat sangat penting juga dalam mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Nah, di sini lah bumbu umami memegang peranan penting. Umami merupakan rasa dasar ke-5 yang ditemukan setelah asin, manis, asam, pahit, yang biasa kita kenal dengan rasa gurih. Rasa umami dapat ditemukan dari berbagai bahan makanan seperti jamur, tomat, terasi, dan lain-lain, karena mengandung asam amino glutamat. Penguat rasa, seperti monosodium glutamat (MSG) juga merupakan sumber rasa umami. Penggunaan MSG dalam makanan bergizi seimbang dapat menjadi salah satu strategi untuk menciptakan makanan sehat, lezat, dan bergizi untuk kita dan keluarga nikmati supaya tetap fit,” ujar Prof Ahmad dalam siaran pers, Jumat (30/7/2021).

Selain itu, dalam sebuah pernyataan pers tanggal 20 Juni 2021, PT Ajinomoto Indonesia menyatakan bahwa mereka telah melakukan sertifikasi halal ulang dari Majelis Ulama Indonesia untuk produk-produk mereka.

REFERENSI

https://www.beritasatu.com/gaya-hidup/807841/peran-bumbu-umami-dalam-strategi-menyusun-menu-sehat-bagi-keluarga

https://www.ajinomoto.co.id/id/umami-indonesia

https://www.ajinomoto.co.id/en/article/pt-ajinomoto-indonesia-berkomitmen-untuk-konsisten-melaksanakan-sistem-jaminan-halal-demi-membangun-kepercayaan-masyarakat-indonesia

https://periksafakta.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9LK4P3-1

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *