[SALAH] Tautan “untuk mengetahui siapa saja yang sering ngepoin facebook kita”

by -14 views
[salah]-tautan-“untuk-mengetahui-siapa-saja-yang-sering-ngepoin-facebook-kita”

Modus PENIPUAN lawas sejak bertahun-tahun lalu. BUKAN tautan ke halaman masuk (login) ke akun Facebook, jika tautan dibuka akan mengarah ke situs phising untuk mengambil alih kredensial akun (nama pengguna dan kata kunci).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten Palsu.

======

SUMBER

Facebook, https://archive.md/uuO7U (arsip cadangan).

======

NARASI

“Maaf izin tag kakak ganteng & cantik !!

Sekedar ngasih tau ajah nih yang masih penasaran ? soal mantan kita / ada yang suka diem2 sama kita dan selalu ngepoin FACEBOOK PROFIL kita setiap hari

https://bit.ly/3aNkqXk 👈< untuk mengetahui siapa saja yang sering ngepoin facebook kita

pasti bkal ketawa deh kalo udh lihat”.

======

PENJELASAN

(1) First Draft News: “Konten Palsu

Konten baru yang 100% salah dan didesain untuk menipu serta merugikan” [1]

* SUMBER membagikan pemendek tautan (url shortener) yang mengarah ke situs phising untuk mengambil alih kredensial akun (nama pengguna dan kata kunci).


(2) Hasil pemeriksaan menggunakan perkakas (tool) pemanjang tautan “CheckShortURL”,

* “Long URL https://resepkomplit.com/P2w9ZSZpPTJwNW4zMzJyMzg5Sg==” [2]

* https://archive.md/Pl31L (arsip cadangan).


(3) Beberapa referensi yang berkaitan,

* detikInet @ 9 Mei 2013: “Di antara pengguna Facebook pasti ada yang pernah menemukan aplikasi semacam ini, yakni aplikasi pengintai yang mengklaim bisa memungkinkan pengguna mengetahui siapa yang melihat profil mereka.

Dilaporkan peneliti keamanan internet Zscaler, aplikasi ini mengarahkan pengguna ke situs bernama FB Stalker. Saat mengunjungi situs ini, pengguna akan bertemu dengan halaman login Facebook palsu.

Selanjutnya, seperti dikutip dari Softpedia, Kamis (9/5/2013), pengguna akan dijebak dengan metode phising. Di sini, pengguna akan diminta mengisi alamat email dan password. Cara phising ini juga dirancang untuk bisa mencuri pertanyaan rahasia dan jawabannya yang umumnya menjadi ‘lapisan pagar keamanan’ berikutnya.” [3]

* Hoax-Slayer: “Jika Anda melihat kiriman atau pesan pribadi di Facebook yang mengklaim bahwa Anda dapat melihat daftar pengunjung profil Anda, jangan klik di atasnya.

Versi terbaru dari posting ini adalah penipuan phishing yang dirancang untuk mencuri kredensial login akun Facebook Anda.

Jika Anda tertipu oleh tipu muslihat dan klik, Anda akan dibawa ke situs web palsu yang, setidaknya pada pandangan pertama, tampak seperti bagian dari Facebook.” (Google Translate) [4]

* Pusat Bantuan Facebook: “Bisakah saya mengetahui siapa yang melihat profil Facebook saya?

Tidak, Facebook tidak mengizinkan orang melacak siapa yang telah melihat profil mereka. Aplikasi pihak ketiga juga tidak bisa menyediakan fungsi ini. Jika Anda menemukan aplikasi yang mengklaim bisa melakukannya, harap laporkan aplikasi tersebut.” [5]

======

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Berita palsu. Ini rumit.” http://bit.ly/2MxVN7S (Google Translate), http://bit.ly/2rhTadC.

[2] checkshorturl.com: “Get long URL from hundreds of URL shortening services” http://bit.ly/3pmMkyO / https://archive.md/oc5AE (arsip cadangan).

[3] inet.detik.com: “Waspadai Aplikasi Pengintai di Facebook” https://bit.ly/3qA69Ep / https://archive.md/xUP8D (arsip cadangan).

[4] hoax-slayer.net: “Waspadai Penipuan Facebook yang Mengklaim Anda Dapat Melihat Pengunjung Profil Anda” (Google Translate) http://bit.ly/3b9qhqk / http://bit.ly/2Zj7Z0o (arsip cadangan).

[5] facebook.com/help: “Mengontrol Siapa yang Bisa Melihat Apa yang Anda Bagikan” http://bit.ly/2N1i3IS / https://archive.md/iGmm7 (arsip cadangan).

Leave your vote

712 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia #RumahBlogInspirasi #KabarWarga #MenabarInformasiAntiBasi Official Kabarwarga

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *