[SALAH] SMS dari Whatsapp yang membagikan hadiah RP175 juta

by -1 views
[salah]-sms-dari-whatsapp-yang-membagikan-hadiah-rp175-juta

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (UIN Raden Mas Said Surakarta).

SMS tersebut tidak benar, hoaks serupa yang mencatut Kabit Humas Metro Jaya pernah ditemukan pada Januari 2021.

Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu

= = = = =

SUMBER: SMS


= = = = =

NARASI:

“selamat no.Anda terpilih m-dptkan HADIAH WHATSAPP Rp.175jt. PIN WHA012 U/info klik di bit.ly/whatsappjkt-17”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar SMS pemberian hadiah sebesar RP175 juta yang mengatasnamakan Whatsapp. Pada SMS yang beredar juga terdapat PIN serta link untuk informasi lebih lanjut.

Setelah ditelusuri, hal tersebut merupakan hoaks pernah ditemukan pada Januari 2021 melansir dari turnbackhoax.id. Link yang dicantumkan pada SMS mengarah ke blog yang sama dengan link hoaks pada artikel turnbackhoax.id yang berjudul [SALAH] Undian Resmi Whatsapp Rp175 Juta” pada blog juga tersebut mencantumkan foto Kabid Humas Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono yang sekarang sudah digantikan oleh Kombes Polisi Yusri Yunus.

Pada salah satu artikel detik.com yang berjudul “Waspada Penipuan Undian Mengatasnamakan WhatsApp” pada 5 Maret 2018 didapatkan informasi bahwa Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono (yang saat itu masih bertugas) menegaskan bahwa pesan itu diduga hanya untuk penipuan.

“Kami tidak pernah bekerja sama dengan pihak WhatsApp atau pihak mana pun untuk mengadakan undian berhadiah,” ujar Argo kepada detikcom, Senin (5/3/2018).

Argo juga meminta masyarakat untuk berhati-hati dengan berbagai modus penipuan.

“Banyak penipuan modus undian baik itu dari kopi, sabun atau produk lainnya yang mengatas namakan perusahaan dan bekerja sama dengan kepolisian. Kami tegaskan tidak pernah Polri bekerja sama untuk undian,” tegas Argo.

Dengan demikian, SMS dari Whatsapp yang membagikan hadiah RP175 juta dan bekerjasama dengan Kabit Humas Polda Metro Jaya tidak benar, hal tersebut merupakan hoaks lama yang beredar kembali sehingga masuk dalam kategori konten palsu.

REFERENSI:

https://turnbackhoax.id/2021/01/26/salah-undian-resmi-whatsapp-rp175-juta/

https://news.detik.com/foto-news/d-4792856/kombes-yusri-yunus-dilantik-jadi-kabid-humas-polda-metro-jaya#:~:text=Komisaris%20Besar%20%28Kombes%29%20Polisi%20Yusri%20Yunus%20dilantik%20menjadi,Gedung%20Promoter%20Polda%20Metro%20Jaya%2C%20Jakarta%2C%20Kamis%20%2821%2F10%2F2019%29.

https://news.detik.com/berita/d-3898270/waspada-penipuan-undian-mengatasnamakan-whatsapp

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien

Editor: Bentang Febrylian

Leave your vote

742 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *