[SALAH] Pria yang di Tengah Presiden Soekarno dan Jendral Soedirman adalah Ayahanda Rizieq Shihab

by -8 views
[salah]-pria-yang-di-tengah-presiden-soekarno-dan-jendral-soedirman-adalah-ayahanda-rizieq-shihab

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Informasi Palsu. Pria yang di tengah adalah Mohammad Yunus Khan, salah satu anggota Indian Foreign Service dan duta besar India untuk Indonesia. Saat itu, Yunus Khan bersama Presiden Soekarno dan Jendral Soedirman meninjau Magelang pada tanggal 27 Agustus 1948.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konten yang Salah

=====

REFERENSI: Facebook

https://archive.vn/S6KUe

=====

NARASI:

“Agar publik melek politik sejarah. Ada yg tahu siapa laki-laki di tengah Soekarno dan Jend Soedirman saat itu saat itu?!.. Beliau adalah Ayahandanya Habib Risziq Shihab berita ini sengaja di tutupi sejarah oleh compeni pemerintah penjajah saat itu ykni Belanda karena khwatir umat islam bersatu”

=====

PENJELASAN:

Beredar postingan di Facebook oleh akun bernama Bung Jack berupa gambar yang memperlihatkan Presiden Soekarno, Jendral Soedirman, dan seorang pria yang diklaim sebagai ayahanda Rizieq Shihab.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, pria yang berdiri di antara tokoh besar Indonesia tersebut bukanlah ayah dari Habib Rizieq Shihab. Pria tersebut adalah Mohammad Yunus Khan, salah satu anggota Indian Foreign Service dan duta besar India untuk Indonesia. Selain Indonesia, Mohammad Yunus juga pernah menjabat sebagai duta besar India untuk Turki, Indonesia, Irak, dan Spanyol.

Adapun konteks dalam foto, saat itu mereka bertiga sedang mengunjungi Magelang pada 27 Agustus 1948.

Foto pria yang di tengah identik dengan seorang bernama Mohammad Yunus Khan. Ia beberapa kali mengunjungi Indonesia untuk tugas diplomatik, yakni berkunjung ke Jombang, Jawa Timur pada 1947, serta kunjungan bersama Presiden Soekarno ke Wonosobo, Jawa Tengah pada 3 Maret 1948.

Sementara itu, ayah Habib Rizieq Shihab bernama Habib Hussein bin Muhammad Shihab atau Hussein bin Muhammad bin Hussein bin Abdullah bin Hussein bin Muhammad bin Shaikh bin Muhammad Shihab, adalah seorang pendiri gerakan Pandu Arab Indonesia yang didirikan bersama teman-temannya pada tahun 1937. Pandu Arab Indonesia adalah sebuah perkumpulan kepanduan yang didirikan oleh orang Indonesia berketurunan Arab yang berada di Jakarta, yang selanjutnya berganti nama menjadi Pandu Islam Indonesia (PII).

Hoax yang sama pernah beredar pada tahun 2020 dan telah dilakukan pengecekan fakta oleh turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH] “laki-laki di tengah Soekarno dan Jend Soerdirman itu adalah ayahandanya Habieb Risziq Shihab”.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim Bung Jack adalah HOAX dan termasuk kategori Konten yang Salah.

=====

REFERENSI:

https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=120242


https://kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id/en/photo/?box=detail&id=476&from_box=list_6XX_245&hlm=1&search_6XX=India&presiden_id=1&presiden=sukarno


https://id.m.wikipedia.org/wiki/Hussein_Shihab


https://turnbackhoax.id/2020/08/04/salah-laki-laki-di-tengah-soekarno-dan-jend-soerdirman-itu-adalah-ayahandanya-habieb-risziq-shihab/

=====

Penulis: Ani Nur MR

Editor: Bentang Febrylian

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *