[SALAH] “Masker impor china ada cacing atau ulat”

by -2 views
[salah]-“masker-impor-china-ada-cacing-atau-ulat”

Serat kain yang bereaksi terhadap kondisi lembap, BUKAN Cacing, Ulat, atau yang lainnya. Tampilan Cacing yang sesungguhnya terlihat berbeda di bawah Mikroskop, lebih tebal tidak setipis serat kain dan terlihat organ dalamnya.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Salah.

SUMBER: YouTube, https://archive.md/dR4j7 (arsip cadangan).

NARASI: “Masker impor china ada cacing atau ulat || waspada

Sumber video dari tim tenaga kesehatan RI

jangan lupa subscribe untuk data menarik lainnya”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, masuk ke “Konten yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1]. SUMBER membagikan video serat kain yang bereaksi terhadap kondisi lembap menghubungkan dengan hal lain, sehingga menimbulkan kesimpulan SALAH.

Berdasarkan percobaan oleh microbehunter.com, ketika masker diuji coba dengan cara menghembuskan napas dan diteliti di bawah Mikroskop terlihat bahwa serat bereaksi bergerak yang disebabkan oleh kelembapan nafas yang mengandung air. Reaksi yang sama dengan video uji coba yang dibagikan oleh SUMBER yang menggunakan air panas, uap air menyebabkan serat kain bereaksi.

Selain itu, berkaitan dengan klaim “Sumber video dari tim tenaga kesehatan RI”, teknik ini adalah teknik “Charm to Unfounded Authority” (Teknik Katanya) dengan cara mencatut pihak yang digunakan untuk otoritas tetapi TIDAK memberikan bukti bahwa pihak yang diklaim benar-benar menyatakan seperti yang disebutkan di klaim. [4]

Referensi yang Berkaitan

Video percobaan oleh microbehunter.com [2] (diterjemahkan menggunakan fitur Subtitle/Shut Caption YouTube dan Google Translate Chrome extension),

Mulai 4: 56: “Saya pada dasarnya hanya dengan hati-hati menghembuskan napas dan meniup masker wajah saya dan kemudian serat mulai menyerap kelembapan dan jika anda benar-benar melepas masker wajah maka masker wajah akan mengering dan ini juga akan membuat serat bergerak sehingga anda melihat ini adalah proses yang cukup mudah”.

Mulai 5: 46 setelah dilakukan percobaan ke Spageti: “dan seperti inilah cacing asli terlihat di bawah mikroskop mereka ada di air jadi mereka harus dikelilingi air karena kalau tidak mereka akan langsung mati karena terlalu kering sehingga anda dapat melihat bahwa sebenarnya gerakan mereka banyak lebih kuat dan cacing ini benar-benar terlihat seperti cacing”.

Artikel oleh Misbar: “Investigasi Misbar menemukan bahwa klaim tersebut menyesatkan. Tidak ada bukti yang mendukung informasi terkait bahaya masker wajah. Masker disterilkan setelah pembuatannya dengan cara yang ketat yang memastikan bahwa kuman, virus, atau organisme apa pun yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia tidak tetap ada. Saad Al-Sharif, profesor dan konsultan penyakit dada dan pengobatan tidur, sebelumnya membantah klaim terkait cacing hitam di masker wajah.” [3]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Berita palsu. Ini rumit.” http://bit.ly/2MxVN7S (Google Translate), http://bit.ly/2rhTadC.

[2] Microbehunter @ youtube.com: “Mengapa Anda TIDAK perlu khawatir tentang cacing mikroskopis (Morgellons) di Masker Wajah Anda 🔬 188” (Google Translate Chrome extension), https://bit.ly/2Q7wrQG (dengan bahasa asli, English) / https://archive.md/NuPIf (arsip cadangan).

[3] misbar.com: “Masker Wajah Tidak Mengandung Cacing Hitam” (Google Translate Chrome extension, cetak PDF untuk cadangan), https://bit.ly/3wFx19m (dengan bahasa asli, English) / https://archive.md/TV5GH (arsip cadangan).

[4] logicallyfallacious.com: “Banding ke Otoritas Palsu”, https://bit.ly/31YeKpG (Google Translate) / https://archive.st/orqg (arsip cadangan).

Leave your vote

298 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *