[SALAH] “Manusia Tertua 200 Tahun ternyata masih hidup, namanya Mbah Harjo Suwito”

by -0 views
[salah]-“manusia-tertua-200-tahun-ternyata-masih-hidup,-namanya-mbah-harjo-suwito”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Infomasi tersebut salah. Faktanya, Mbah Harjo sudah meninggal dunia pada 21 Mei 2019 silam karena penyakit degeneratif.

Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Salah

= = = = =

SUMBER: Facebook

https://sg.docworkspace.com/d/sAHYD63iohNNmrOu-z6mnFA


= = = = =

NARASI:

“Manusia Tertua 200 Tahun ternyata masih hidup, namanya Mbah Harjo Suwito “

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook Pahit Manis Hidup memposting sebuah video berdurasi 10 menit 4 detik. Video yang merekam perjalanan seseorang ke rumah Mbah Harjo sampai bertemu secara langsung dengan Mbah Harjo. Pada caption postingan yang diunggah pada 16 Desember 2020 terdapat keterangan bahwa Mbah Harjo Suwito merupakan manusia tertua yang umurnya mencapai 200 tahun dan masih dalam kondisi hidup.

Setelah ditelusuri menggunakan kata kunci “Mbah Harjo Suwito Manusia Tertua” hasilnya ditemukan artikel milik detik.com berjudul “Mbah Harjo, Manusia Tertua di Dunia Asal Blitar Meninggal” 23 Mei, 2019. Dalam artikel tersebut ditemukan informasi Harjo Suwito atau Harjo Gentelot telah meninggal dunia pada Selasa (21/5/2019) sore. Tepat di malam 17 Ramadhan atau Nuzulul Quran. Mbah Harjo yang merupakan warga Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, meninggal dunia karena mengalami sakit degeneratif.

Sampai Mbah Harjo meninggal, tidak ada yang tahu pasti berapa usia sebenarnya ‘orang pintar’ ini. Menurut catatan kependudukan di Kantor Desa Gadungan, Mbah Harjo lahir 1 Juli 1925. Namun kepala desa yakin, sesepuh desa itu lebih tua dari tahun kelahiran yang tercantum di datanya.

Pria yang mempunyai 6 istri ini mengaku tidak ingat tahun kelahirannya. Namun, Mbah Harjo mengetahui Gunung Kelud meletus sebanyak enam kali. Gunung Kelud diketahui meletus pada tahun 1901, 1918, lalu 1951. Selanjutnya meletus kembali pada tahun 1965, 1990 dan terakhir tahun 2014.

Saat itu, dengan bahasa Jawa halus, kakek yang dinilai “orang pintar” ini memang tidak mengetahui pasti kapan tahun kelahirannya. Dia hanya ingat cerita ibunya, kalau hari kelahirannya tepat Selasa Kliwon penanggalan Jawa.

Dengan demikian Mbah Harjo yang diklaim manusia tertua berusia 200 tahun masih hidup saat postingan tersebut dibuat tidak benar. Mbah Harjo sudah meninggal dunia pada 21 Mei 2019 silam karena penyakit degeneratif sehingga masuk dalam kategori konten yang salah.

REFERENSI:

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4560815/mbah-harjo-manusia-tertua-di-dunia-asal-blitar-meninggal

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien

Editor: Bentang Febrylian

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *