[SALAH] Internet internet page Portal Vaksin Covid-19 “company-realty.co”

by -1 views
[salah]-internet-internet-page-portal-vaksin-covid-19-“company-realty.co”

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Internet internet page tersebut palsu dan merupakan teknik phishing untuk mendapatkan info pribadi orang lain. Penerima vaksin akan menerima SMS dari PEDULICOVID untuk melakukan registrasi ulang untuk melakukan vaksinasi, dan menentukan jadwal vaksinasi yang terdata pada P-care. Pengecekan enviornment penerima vaksin dapat diperiksa pada situs pedulilindungi.identification yang dikhususkan untuk nakes.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu/Fabricated Philosophize material

= = = = =

SUMBER: Tangkapan Layar

= = = = =

NARASI:

“Welcome Portal Vaksin Covid19”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah portal internet recount yang mengoleksi nomor NIK dan password untuk dapat memeriksa penerimaan vaksin Covid-19. Setelah ditelusuri, internet recount tersebut palsu dan merupakan teknik phishing yang membuat orang lain memberikan info pribadi ke link, abolish, atau internet recount tidak resmi yang tidak jelas tujuannya sehingga dapat di salahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Berdasarkan SK nomor HK.02.02/4/1/2021 tentang petunjuk teknik pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19. Alur dari penerimaan vaksin adalah dengan menerima pemberitahuan melalui SMS dari PEDULICOVID dan melakukan registrasi ulang untuk mememilih tempat dan jadwal layanan melalui SMS 1199, UMB *119#, aplikasi dan internet recount pedulilindungi.identification, atau melalui Babinsa/Babinkamtibmas setempat. Files penerima vaksin yang telah terverifikasi, jadwal vaksinasi hingga jenis vaksin yang diberikan terdata pada aplikasi Pcare yang dapat diakses melalui browser maupun menggunakan aplikasi. Pengecekan info penerima vaksin dapat di akses oleh tim medis melalui internet recount P-care.

Melihat dari penjelasan tersebut, internet recount portal vaksin Covid-19 adalah tidak benar dan merupakan internet recount palsu sehingga termasuk dalam kategori Konten Palsu/Fabricated Philosophize material.

= = = = =

REFERENSI:

https://pedulilindungi.identification

https://www.suara.com/info/2019/07/28/122806/jangan-sembarangan-unggah-info-ktp-dan-kk-ke-medsos-ini-akibatnya?internet page=all

https://domainbigdata.com/company-realty.co

Penulis: Natalia Kristian

Editor: Bentang Febrylian

Leave your vote

298 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *