[SALAH] Foto “Pantesan Komnasham selalu bersebrangan dgn pemerintah…!!!”

by -0 views
[salah]-foto-“pantesan-komnasham-selalu-bersebrangan-dgn-pemerintah…!!!”

Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta).

Hoaks sudah pernah beredar sebelumnya. Komnas HAM menegaskan bahwa berita dan foto tersebut adalah tidak benar Pria yang berada disamping Tommy Soeharto bukan Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik dan Komnas HAM menegaskan bahwa Taufan tidak pernah bertemu dengan anggota Keluarga Cendana.

==================

Kategori: Konten yang Menyesatkan

==================

Sumbar: Facebook

https://archive.vn/1NxUw

==================

Narasi:

“Pantesan Komnasham selalu bersebrangan dgn pemerintah…!!!”

Narasi dalam gambar:

“Pantas selama ini #komnasHAM selalu bersebrangan, ternyata Ahmad Taufan Damanik ketua Komnas HAM boneka Cendana…🤬”

==================

Penjelasan:

Akun Facebook Goldib Kobar mengunggah gambar hasil tangkapan layar yang menampilkan Tommy soeharto bersama dengan seorang laki-laki yang diklaim sebagai Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik.

Gambar itu disertai narasi yang mengklaim Komnas HAM selalu bersebrangan dengan pemerintah karena Ahmad Taufan Damanik adalah boneka Cendana. Unggahan tersebut telah mendapat 169 reaksi, 48 komentar dan 7 kali dibagikan penguna Facebook lain.

Berdasarkan hasil penelusuran, gambar tersebut sudah beredar sebelumnya dan telah dibantah oleh Komnas HAM yang menegaskan bahwa berita dan foto tersebut adalah tidak benar.

Adapun pria yang berada disamping Tommy Soeharto bukan Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik dan Komnas HAM menegaskan bahwa Taufan tidak pernah bertemu dengan anggota Keluarga Cendana.

Komnas HAM Republik Indonesia akan selalu bekerja berdasarkan mandat Undang-Undang, dalam hal ini Undang-Undang Nomor 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia dan bekerja tidak dalam kaitan dengan kelompok politik manapun tapi semata-mata untuk tegaknya hukum yang berlandaskan prinsip hak asasi manusia.

Oleh karena itu, Komnas HAM RI mengimbau agar masyarakat untuk tidak terpengaruh dan atau ikut menyebarluaskan berita bohong dan menyesatkan tersebut.

Dengan demikian, gambar dalam unggah akun facebook Goldib Kobar adalah tidak benar dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

==================

Referensi:

KLARIFIKASI DAN KETERANGAN PERS

Sehubungan dengan beredarnya berita di berbagai media digital dan media sosial yang memuat foto beserta keterangan foto seperti pada terlampir di bawah ini.

1/4 pic.twitter.com/d5lat3xXoj

— HAM untuk Semua! (@KomnasHAM) December 10, 2020

https://www.komnasham.stride.identity/recordsdata/20201210-keterangan-pers-nomor-052-humas-$8RCLIZ.pdf

Penulis: Konaah

Editor: Bentang Febrylian

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *