Saatnya Buat Aplikasi Android Sesuai Kebutuhan

by -3 views
saatnya-buat-aplikasi-android-sesuai-kebutuhan

Membuat aplikasi android

Sejak pertama kali muncul ke permukaan, sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Andy Rubin pada 2003 telah menjadi peranti mobile paling banyak dipakai di dunia saat ini. Apalagi saat semuanya sudah menggunakan smartphone yang terhubung dengan internet serta menggunakan sistem operasi Android sebagai software untuk menjalankan perangkatnya.

Tahun 2017 lalu, menurut Global Stashot: Digital Q3 2017, hasil survey tersebut menyebutkan ada sekitar 72,9 persen pengguna smartphone menggunakan sistem operasi Android sebagai sistem informasinya. Nah dengan popularitasnya, nggak heran kalau sampai saat ini banyak perusahaan yang membuat aplikasi menggunakan sistem operasi android.

Ngomongin soal membuat aplikasi, kisanak tau kah kalau sebelum membuat aplikasi, kisanak juga harus memperhitungkan kebutuhan dalam pembuatannya. Dalam kata lain, kisanak harus bisa membuat aplikasi sesuai kebutuhan. Kali ini Qatros mau kasih tau kisanak, bagaimana sih caranya buat aplikasi android yang sesuai kebutuhan. Yuk simak tapi sebelum itu, kisanak baca dulu yuk artikel Qatros yang satu ini tentang aplikasi!

Baca juga: Cara Membuat Aplikasi dengan Mudah

Saatnya Buat Aplikasi Android Sesuai Kebutuhan!

Seperti yang udah Qatros singgung di atas, sebelum membuat sebuah aplikasi kisanak harus memperhitungkan dulu kebutuhan apa yang harus ada di aplikasi android buatan kisanak. Kira-kira apa aja sih kebutuhan yang harus diperhatikan dalam membuat aplikasi android?

1. Fungsionalitas Aplikasi Android

Dalam membuat aplikasi android, salah satu kebutuhan yang harus kamu pikirkan adalah segi fungsionalitas nih kisanak. Dimana fungsionalitas dari sebuah aplikasi android adalah salah satu faktor penentu kualitas aplikasi yang bakal kamu buat.

Saat ini nggak sedikit loh, aplikasi android yang memiliki tampilan yang super kece tapi dari segi fungsionalitasnya justru membuat kamu menjadi bingung ketika ingin memakainya. Percuma banget kan kamu buat aplikasi android tapi malah fungsinya nggak sesuai dengan apa yang ditawarkan?

2. Kecepatan Aplikasi Android

Faktor ini juga nggak kalah penting dengan kebutuhan fungsional dari sebuah aplikasi android. Bahkan kecepatan ketika mengakses aplikasi android menjadi salah satu faktor yang paling sering diperhitungkan bagi para user aplikasi tersebut.

Kalau kamu ingin membuat aplikasi android, kecepatan pada sebuah aplikasi ini mempengaruhi kualitas didalamnya, apalagi kalau aplikasi yang dibuat sangat tidak responsif dan membutuhkan waktu serta kuota yang banyak untuk menjalankannya. Pasti bete banget kan tuh waktu mau akses aplikasinya?

3. Adaptabilitas Aplikasi Android

Faktor terakhir yang harus kamu perhatikan adalah adaptabilitas dari sebuah aplikasi android. Maksudnya adalah, aplikasi android yang sedang kamu buat harus bisa beradaptasi dengan pengembangan yang akan dilakukan.

Dalam kata lain, aplikasi android tersebut harus bisa tetap diakses walaupun aplikasinya sedang dalam tahap pengembangan atau pembaharuan. Nggak mungkin banget kan aplikasi yang dibuat justru nggak bisa dipakai ketika lagi melakukan update di Play Store?

Itu dia kisanak, faktor-faktor kebutuhan dari cara membuat aplikasi android yang harus kamu perhatikan. Gimana menurut kamu nih, ada tanggapan lain nggak? Kira-kira faktor apalagi sih yang harus diperhatikan selain yang sudha Qatros sebutkan di atas? Yuk komen di bawah!

Leave your vote

674 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *