in ,

Robot Anjing Cerdas Boston Dynamics Kini Bisa Dibeli Seharga Rp1 Miliar

Perusahaan pembuat robot Boston Dynamics berulang kali viral, karena robot anjing buatan mereka mengingatkan masyarakat pada ramalan seri film Terminator. Robot anjing penjelajah dengan julukan ‘spot’ itu amat cerdas, bikin orang cemas memprediksi kemampuan robot andai kelak teknologi bertambah maju.

Boston Dynamics kembali jadi sorotan akhir pekan lalu, setelah mengumumkan robot anjing mereka bisa dibeli oleh entitas bisnis yang berminat. Anjing robot jenis Spot, harganya dibanderol US$74.500 (setara Rp1 miliar). Ini menandai momen pertama kalinya robot mereka boleh dibeli oleh perusahaan swasta.

Spot sebelumnya sudah dipakai pihak ketiga, selain jadi bahan uji coba Boston Dynamics mengembangkan robot dan kecerdasan buatan. Anjing robot itu pernah dipakai untuk menggembala ternak di Selandia Baru. Pemerintah Singapura juga sempat memakai spot buat memantau taman, mengingatkan warga agar mematuhi social distancing selama Pandemi Corona.

Pemakaian Spot di Singapura itu kembali bikin netizen geger, karena terasa distopian sekali. Si anjing memutar rekaman berisi imbauan buat warga. “Mari kita jaga Singapura tetap sehat. Untuk keamanan anda dan keluarga, tolong menjaga jarak satu sama lain sekitar satu meter. Terima kasih,” demikian kata Spot sembari keliling taman, dan bikin warga yang sedang jogging kaget.

Kepolisian di Negara Bagian Massachusetts juga sudah memakai jasa Spot sejak November 2019, untuk menjadi anjing bagian dari tim penjinak bom. Tapi untuk contoh-contoh pemakaian di atas, baik pemerintah Selandia Baru, Singapura, atau Kepolisian Massachusetts cuma bisa menyewa Spot, bukan membelinya.

Merujuk pada keterangan tertulis dari Boston Dynamics Spot memiliki kemampuan gerak menyerupai manusia, sehingga dia bisa menjejalajahi medan yang sulit. Manuver darat Spot juga membuat robot anjing ini lebih unggul dibanding drone untuk mengintai lokasi tersembunyi seperti gua atau ngarai.

Spot biasanya dikendalikan manual oleh controller dari jarak jauh. “Anjing robot buatan kami jauh lebih unggul dari robot lain dan bisa menjalankan berbagai tugas sekaligus,” demikian klaim Boston Dynamics. “Kami yakin Spot dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi risiko kecelakaan kerja.”

Spot kabarnya juga bisa ditambahi fitur-fitur lain, seperti premium service seharga US$15 ribu, atau ditambah baterainya yang mencapai US$4.620 per buah.

Tertarik membelinya?

Artikel ini pertama kali tayang di Motherboard

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

pemkab-tapanuli-gelar-sayembara-ungkap-misteri-hewan-ternak-mati-diisap-darahnya

Pemkab Tapanuli Gelar Sayembara Ungkap Misteri Hewan Ternak Mati Diisap Darahnya

ilmuwan-temukan-struktur-bawah-tanah-misterius-dekat-monumen-prasejarah-stonehenge

Ilmuwan Temukan Struktur Bawah Tanah Misterius Dekat Monumen Prasejarah Stonehenge