(REVIEW) Agen Dunia (2021)

by -6 views
(review)-agen-dunia-(2021)

*Spoiler Alert: Artikel ini mengandung bocoran film Agen Dunia yang bisa saja mengganggu buat kalian yang belum menonton.

Di Indonesia, apapun bisa jadi pekerjaan. Barangkali dari ide itulah film Agen Dunia dibuat. Film drama Indonesia yang rilis di Disney+ Hotstar ini punya cerita tentang seorang pria bernama Jamal (Baim Wong) yang bisa memudahkan segala proses perijinan dan membantu banyak orang yang sedang dalam masalah. Film Agen Dunia sudah rilis sejak 5 Februari 2021.

Bagaimana keseruan film Agen Dunia? Simak review KINCIR di bawah ini.

Cerita tentang Calo yang Bisa Atasi Semua Masalah

Sinopsis dan Review Film Agen Dunia.
Sinopsis dan Review Film Agen Dunia. Via Falcon Pictures.

Film Agen Dunia bercerita tentang seorang pria bernama Jamal yang bekerja sebagai “agen dunia”. Dia mampu membantu banyak orang, mulai dari mengurus KTP, menjual mobil, membantu daftar perceraian, membuat skripsi, sampai mencarikan jodoh orang. Semua beres di tangan Jamal.

Namun, dunia yang kian berkembang membuat banyak orang enggak butuh lagi jasanya. Hal itu yang bikin dia akhirnya pensiun jadi agen dunia dan beralih jadi karyawan di warung mie ayam. Sampai ketika seorang pelanggan lamanya butuh bantuan.

Sinopsis dan Review Film Agen Dunia.
Sinopsis dan Review Film Agen Dunia. Via Falcon Pictures.

Dia adalah Reza (Onadio Leonardo) dan Citra (Clara Bernadeth). Kedua pasangan ini sudah berpacaran lama dan hendak menikah, tapi ayah mereka sama-sama tidak setuju lantaran keduanya berasal dari suku yang berbeda.

Jamal, dengan 1001 caranya mulai beraksi membuat kedua orangtua Reza dan Citra merestui pernikahan keduanya. Kira-kira, Jamal mampu enggak, ya, bikin dua orang ini beneran berjodoh? Tonton langsung keseruannya di Disney+ Hotstar.

Restu Berdasarkan Suku Masih Terjadi

Sinopsis dan Review Film Agen Dunia.
Sinopsis dan Review Film Agen Dunia. Via Falcon Pictures.

Film Agen Dunia ini barangkali mengambil ide cerita dari banyaknya kejadian serupa. Masih ada perdebatan antara suku Sunda dan Jawa ketika hendak menikahkan anaknya, akibat Perang Bubat pada 1357. Hal itu akhirnya terwarisi hingga sekarang, dan sepertinya baru kali ini ada film yang menceritakan sulitnya mendapat restu jika pasangan Sunda dan Jawa hendak menikah.

Film pertentangan perjodohan memang bukan sekali ini tayang di Indonesia. Sudah ada beberapa film dengan premis cerita serupa, seperti Romeo Juliet (2009), 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta (2010), atau Wedding Agreement (2019). Bedanya, ketiga film ini dikemas secara serius, sementara film Agen Dunia dikemas secara komedi.

Komedi yang Kurang Greget

Sinopsis dan Review Film Agen Dunia.
Sinopsis dan Review Film Agen Dunia. Via Falcon Pictures.

Sayangnya, komedi yang dikemas dalam film ini kurang greget. Tidak banyak celetukan lawak yang bisa menghidupkan suasana. Sebaliknya, banyak adegan yang mungkin maksudnya melucu, tapi malah garing. Sayang banget untuk film yang sebetulnya punya cerita menarik, komedi yang ingin dipertontonkannya kurang berhasil bikin terbahak.

Barangkali, kalau unsur komedinya lebih banyak digali, film ini jadi semakin menarik untuk ditonton. Mulai dari permasalahan di masyarakat yang ditangani oleh Jamal, juga bagaimana mengulik sisi komedi dari sulitnya pasangan Sunda dan Jawa menikah. Hal itu mungkin bisa jadi sisi komedi yang lebih banyak lagi.

Tiap Karakter Punya Porsi yang Banyak

Sinopsis dan Review Film Agen Dunia.
Sinopsis dan Review Film Agen Dunia. Via Falcon Pictures.

Agak sulit menentukan siapa yang jadi pemeran utama dan pembawa berita dalam film ini. Apakah Reza yang hendak cintanya direstui oleh kedua orangtuanya atau justru Jamal yang berlaku bak superhero untuk menyelamatkan kisah cinta Reza dan Citra? Keduanya sama-sama punya porsi yang banyak. Barangkali penonton jadi bingung untuk menilai kalau ini film tentang Reza atau tentang Jamal.

Selain itu, aksi Reza yang dibintangi oleh Onadio dan Jamal yang dimainkan oleh Baim Wong juga bisa dibilang kurang maksimal. Onad nyaris berhasil tampil maskulin dalam film ini. Hanya saja beberapa kali aktingnya terkesan berlebihan dan terlihat dibuat-buat.

Sinopsis dan Review Film Agen Dunia.
Sinopsis dan Review Film Agen Dunia. Via Falcon Pictures.

Sementara Baim Wong, agaknya film ini bukanlah film dengan penampilan terbaiknya. Sebaliknya, di film ini dia serasa under perform, jauh banget dengan Baim yang main di film Bebas (2019), Jenderal Soedirman (2015), atau Filosofi Kopi (2015)

Beruntungnya, film ini terbantu oleh aksi-aksi pemeran pendukung yang di luar ekspektasi. Karakter ayahnya Reza yang diperankan oleh Wan Afok dan ayahnya Citra yang diperankan oleh Joko Dewo berhasil meyakinkan.

Bukan Film Terbaik Herwin Novianto

Sinopsis dan Review Film Agen Dunia.
Sinopsis dan Review Film Agen Dunia. Via Falcon Pictures.

Film ini disutradarai oleh Herwin Novianto. Terhitung dia sudah merilis tiga film yang ditayangkan di Disney+ Hotstar. Sebelumnya, ada film Sejuta Sayang Untuknya (2020) dan Yang Tak Tergantikan (2021).

Secara teknis, film Agen Dunia cukup bisa dinikmati. Pengambilan gambar dan scoring-nya tidak neko-neko. Hanya saja mungkin penyampaian cerita yang kurang ngena. Sayang banget, bisa dibilang dari dua film sebelumnya, Agen Dunia mungkin tempati posisi juru kunci dari film yang dibuat sama Herwin Novianto ini. Namun, hasilnya belum melebihi dua film Herwin sebelumnya.

***

Buat kamu yang sudah penasaran sama cerita dan aksi para aktor dari film Agen Dunia, langsung buka aplikasi Disney+ Hotstar-nya. Kalau sudah nonton, bagikan pendapat kamu tentang film Agen Dunia di kolom review yang ada di awal artikel ini, ya.

Leave your vote

694 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia #RumahBlogInspirasi #KabarWarga #MenabarInformasiAntiBasi Official Kabarwarga

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *