Resmikan 2 tol JORR, Presiden Jokowi: Kini ada akses baru ke Soetta

by -3 views

Tol ini sangat dinantikan masyarakat, terutama masyarakat Tangerang dan Tangerang Selatan karena bisa menjadi alternatif bagi masyarakat, khususnya masyarakat Jawa Barat dan Jakarta bagian selatan…

Jakarta (ANTARA) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dengan telah diresmikannya ruas Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, dan Tol Serpong–Cinere Seksi I Serpong-Pamulang, maka warga Tangerang Kota, Tangerang Selatan, Jawa Barat, dan Jakarta Selatan, memiliki alternatif baru menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta, Banten.

Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Tol Serpong–Cinere Seksi I Serpong-Pamulang merupakan bagian dari Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.

“Tol ini sangat dinantikan masyarakat, terutama masyarakat Tangerang dan Tangerang Selatan karena bisa menjadi alternatif bagi masyarakat, khususnya masyarakat Jawa Barat dan Jakarta bagian selatan untuk menuju bandara Soekarno Hatta,” kata Presiden Jokowi saat peresmian Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, dan Tol Serpong–Cinere Seksi I Serpong-Pamulang di Gerbang Tol Pamulang, Tangerang Selatan, Rabu.

Tol JORR II, kata Presiden Jokowi, akan melengkapi struktur jaringan di kawasan metropolitan Jabodetabek sehingga akan melancarkan mobilitas masyarakat.

Masalah lalu lintas DKI Jakarta juga diharapkan dapat terurai dengan kehadiran alternatif jalan tol ini. Dengan begitu, selain dapat melancarkan konektivitas masyarakat, JORR II juga akan meringankan biaya logistik barang untuk meningkatkan efisiensi kegiatan ekonomi di Jabodetabek.

Baca juga: Presiden Jokowi harap tambahan 2 ruas JORR pecahkan kemacetan Jakarta

“Jalan tol ini tidak hanya menghubungkan antarwilayah atau antardaerah tapi juga meningkatkan daya saing daerah, membangkitkan ekonomi di kawasan sekitarnya, dan mempercepat pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru dan juga mengembangkan simpul-simpul pertumbuhan ekonomi yang produktif,” ujar Presiden Jokowi.

Adapun pembangunan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran terbagi menjadi 4 seksi yaitu Seksi I (Kunciran – Tirtayasa) sepanjang 2,04 km, Seksi II (Tirtayasa – Benteng Betawi) sepanjang 3,52 km. Kemudian Seksi III (Benteng Betawi – H.Sastranegara) sepanjang 6,57 Km, dan yang terakhir Seksi IV (H.Sastranegara – SS Benda) sepanjang 2,06 km.

Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran akan dilengkapi 5 Gerbang Tol (GT), yakni GT Kunciran, GT Tirtayasa, GT Buaran Indah, GT Tanah Tinggi, dan GT Husein Sastranegara. Selain itu juga dilengkapi juga 3 Simpang Susun (SS) yaitu SS Kunciran, SS Belendung, dan SS Benda.

Jalan Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran nantinya juga akan tersambung dengan Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019.

Sedangkan untuk Tol Serpong – Cinere sepanjang 10,1 km yang terdiri atas 2 seksi, yakni Seksi I Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 km yang sudah rampung, serta Seksi II Pamulang -Cinere sepanjang 3,6 km dengan kemajuan pengerjaan 86 persen.

Baca juga: Menteri PUPR berharap kedua ruas tol baru JORR II segera beroperasi

Baca juga: Tol Cengkareng – Kunciran akan jalani uji layak fungsi akhir Maret

Pewarta: Indra Arief Pribadi

Editor: Risbiani Fardaniah

COPYRIGHT © ANTARA 2021

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *