26.8 C
Jakarta
Sunday, May 22, 2022

Inilah Tutorial Shalat Bagi Orang yang Sakit | Bincang Syariah

BincangSyariah.Com–  Shalat merupakan ibadah paling...

Hukum Bersentuhan dengan Bukan Mahram Saat Thawaf | Bincang Syariah

BincangSyariah.Com– Termasuk dari syarat thawaf...

Resmi Melantai di BEI, Saham GoTo Melesat dalam Debut Pasarnya | DW | 11.04.2022

WorldResmi Melantai di BEI, Saham GoTo Melesat dalam Debut Pasarnya | DW | 11.04.2022

Perusahaan merger Gojek dan Tokopedia GoTo resmi melantai di Bursa Efek Indonesia pada Senin (11/04). Pengamat menilai, debut kuat mereka di pasar saham dinilai dapat menarik para investor besar masuk ke Indonesia.

Perusahaan digital berbasis teknologi terbesar di Indonesia, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). GoTo merupakan gabungan perusahaan jasa layanan angkut ojek, Gojek, dan perusahaan perdagangan daring, Tokopedia, pada Mei 2021 lalu.

Setelah melalui serangkaian proses, harga saham GoTo ditetapkan Rp338 per lembar saham. GoTo akan melepas sebanyak 40,61 miliar saham seri A dengan nominal Rp1 ke masyarakat. Dengan begitu, total dana segar yang akan diraih perusahaan diperkirakan mencapai Rp13,7 triliun.

Berdasarkan nilai tersebut, ini menjadikan initial public offering (IPO) atau penawaran umum perdana saham terbesar ketiga di Asia serta kelima di dunia sepanjang tahun 2022 ini. Kapitalisasi pasar diperkirakan mencapai Rp400,3 triliun.

“Mampu memasuki pasar dalam kondisi saat ini merupakan bukti potensi jangka panjang bisnis GoTo yang akan menguatkan neraca Perusahaan dan menciptakan nilai tambah bagi para pemegang saham. Pasar modal Indonesia, yang telah mengungguli pasar lain di seluruh dunia, memiliki ketangguhan dan kapasitas untuk mendukung pencatatan dengan skala sebesar ini,” demikian kata CEO Grup GoTo Andre Soelistyo dalam pernyataan resminya, dikutip dari kantor berita AFP.

 CEO Grup GoTo Andre Soelistyo

CEO Grup GoTo Andre Soelistyo mengatakan proses IPO GoTo mendapat tanggapan positif para investor di tengah gejolak ekonomi global

Debut yang kuat

Dilaporkan saham GoTo pun  sempat terbang hingga 23 persen dalam debut pasar mereka pada hari Senin (11/04).

Debut ini memberikan dorongan bagi beberapa raksasa teknologi yang telah mendukung GoTo, di mana investasi mereka yang lain terpukul oleh kekalahan pasar global sejak akhir tahun lalu, termasuk investor besar lama SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group.

“IPO GoTo adalah momen penting bagi Indonesia,” ujar Joel Shen, kepala teknologi Asia di firma hukum global Withers. “Dengan jutaan pengguna, pengemudi, dan merchant, tidak ada perusahaan yang lebih terhubung dengan ekonomi digital Indonesia.”

Andre mentakan pihaknya berencana untuk melakukan pencatatan ganda atau dual listing. Ia mengakui saat ini GoTo tengah melakukan persiapan.

GoTo berencana untuk menawarkan sahamnya di bursa luar negeri, antara lain di New York Stock Exchange (NYSE), National Association of Securities Dealers Automated Quotations (NASDAQ), Hong Kong Stock Exchange (HKSE), Singapore Stock Exchange (SGX), atau London Stock Exchange (LSE).

Di kawasan Asia Tenggara sendiri, Grab merupakan saingan utama dari GoTo.

  • Indonesien Gojek (Getty Images/AFP/A. Berry)

    Unicorn Asia Tenggara – Separuhnya di Indonesia!

    Gojek

    Perusahaan ini didirikan 2010 oleh Nadiem Makarim. Perusahaan yang bermarkas di Jakarta ini bergerak di bidang jasa angkutan ojek. Saat ini, GO-JEK telah tersedia di 50 kota di Indonesia. Baru-baru ini Gojek memperluas areal layanannya ke Vietnam dan Thailand. Menurut Katadata.co.id, Valuasi Gojek tahun 2018 sebanyak 5 Miliar Dolar AS.

  • Screenshot Traveloka (Facebook)

    Unicorn Asia Tenggara – Separuhnya di Indonesia!

    Traveloka

    Unicorn ini tawarkan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara online, dan fokusnya perjalanan domestik Indonesia. Perusahaan antara lain didirikan oleh Ferry Unardi tahun 2012, dan berkantorpusat di Jakarta. Lewat platform onlinenya, orang bisa memesan hotel, transportasi dan lain-lain secara lebih mudah. Menurut Katadata.co.id., valuasi Traveloka di tahun 2018 mencapai 2 miliar Dolar AS.

  • Screenshot Tokopedia (Facebook)

    Unicorn Asia Tenggara – Separuhnya di Indonesia!

    Tokopedia

    Perusahaan didirikan William Tanuwijaya tahun 2009, dan belokasi di Jakarta. Perusahaan ini menggunakan platform online yang melibatkan individu dan pemilik usaha kecil hingga menengah di Indonesia untuk membuka dan mengelola toko onlinenya. Menurut Katadata.co.id., valuasi Tokopedia di tahun 2018 mencapai 1,3 miliar Dolar AS.

  • President Jokowi beim Bukalapak Jubiläum (Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)

    Unicorn Asia Tenggara – Separuhnya di Indonesia!

    Bukalapak

    Bukalapak adalah wadah e-commerce yang memungkinkan penjual dan pembeli melakukan transaksi online aman dengan cara yang sederhana. Akhir 2015, perusahaan mencakup 510.000 usaha kecil dan menengah. Perusahaan diririkan Achmad Zaky tahun 2010. Menurut Katadata.co.id, tahun 2018 valuasi Bukalapak 1 miliar Dolar. Foto: Presiden Jokowi ketika hadir dalam peringatan ulang tahun Bukalapak, 10/01/2019.

  • Grab Logo (Grab)

    Unicorn Asia Tenggara – Separuhnya di Indonesia!

    Grab

    Perusahaan berpusat di Singapura, dan didirikan oleh Anthony Tan serta Tan Hooi Ling tahun 2012. Grab terutama menawarkan layanan transportasi, di samping pembayaran menggunakan dompet digital. Menurut Katadata.co.id., valuasi Grab mencapai 10 miliar Dolar AS di tahun 2018.

  • Sea connecting the dots Logo (Sea)

    Unicorn Asia Tenggara – Separuhnya di Indonesia!

    Sea

    Perusahaan internet ini didirikan Forrest Li di Singapura, tahun 2009. Menurut Katadata.co.id., valuasi 4,9 miliar Dolar AS di tahun 2018. Saat ini usahanya meliputi permainan online Garena, operator e-commerce Shopee dan layanan pembayaran digital AirPay.

  • Screenshot Lazada (Twitter)

    Unicorn Asia Tenggara – Separuhnya di Indonesia!

    Lazada

    Lazada adalah perusahaan e-commerce yang didirikan perusahaan Eropa, Rocket Internet tahun 2012, dan dimiliki Alibaba Group. Lazada berpusat di Singapura. Di Indonesia, unicorn ini menawarkan berbagai macam jenis produk, mulai dari elektronik, buku, mainan anak dsb. Menurut Katadata.co.id., tahun 2018 valuasi Lazada sejumlah 3,2 miliar Dolar AS.

  • Screenshot Razero (Twitter)

    Unicorn Asia Tenggara – Separuhnya di Indonesia!

    Razer

    Perusahaan startup ini didirikan 2005 oleh Min-Liang Tan and Robert Krakoff, dan mempunyai dua kantor pusat, yaitu di Singapura dan San Fransisco. Razer bergerak di bidang manufaktur piranti keras game. Menurut Katadata.co.id., valuasi Razer sejumlah 2 miliar Dolar AS di tahun 2018. Ed.: ml/ap (dari berbagai sumber).


Apa kata pemerintah?

Presiden Joko Widodo pun turut mengucapkan selamat atas pencatatan saham perdana GoTo. Hal itu disampaikan Jokowi melalui video yang diputar dalam peresmian IPO GoTo.

“Saya menyampaikan selamat atas terlaksananya penawaran umum perdana IPO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk di Bursa Efek Indonesia,” kata Jokowi, Senin (11/04).

Jokowi juga mengapresiasi program bagi-bagi saham GoTo. Menurutnya, program tersebut ialah program inklusif yang membuka akses untuk para mitra. Sebelumnya, GoTo mengumumkan akan mendistribusikan sahamnya senilai Rp310 miliar kepada ratusan ribu pengemudinya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan IPO GoTo akan membawa nama Indonesia di tingkat Asia. Airlangga memprediksi kapitalisasi GoTo setelah melantai di BEI mencapai lebih dari 2% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

“Sebagai referensi IPO GoTo itu saya hitung kira-kira 2,8% dari PDB Indonesia,” ungkap Airlangga.

rap/hp (Reuters, AFP)

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles