Resep Omurice Ala Jepang yang Lumer dan Lezat, Coba Bikin Yuk!

by -17 views
resep-omurice-ala-jepang-yang-lumer-dan-lezat,-coba-bikin-yuk!

Saat kita ke negara Jepang, pasti akan menemukan banyak makanan khasnya. Salah satunya adalah Omurice ala Jepang. Omurice ini adalah nasi goreng dengan topping omelet telur. Apalagi kalau disajikan dengan omelette telur setengah matang plus saus lezatnya, dijamin ketagihan untuk mencobanya lagi.

Karena itu tidak heran kalau Omurice menjadi populer di berbagai negara. Bahkan banyak wisatawan atau pecinta makanan sengaja datang ke Jepang hanya untuk mencoba omurice ala Jepang yang asli bagaimana rasanya.

Fakta Sejarah Omurice Ala Jepang

Omurice merupakan gabungan kata dari omelette (Omuretsu) dan rice. Walau makanan Jepang ini hanya berupa nasi yang digoreng lalu dibalut telur goreng omelette kemudian disiram sedikit saus, tapi tampilan omurice yang sangat unik ini tidak mengurasi rasa ingin memakannya. 

Bisa kita sederhanakan omurice ini sebenarnya hanya nasi dadar telur. Tapi jangan salah  banyak sekali orang yang suka kalau omurice dengan tekstur telur omelette agak lumer dan ketika dibelah jadi jatuh menutupi nasi goreng di bawahnya. Bikin ketagihan pastinya!

Sumber Instagram @jessy.recipes

Bentuknya yang unik ini ternyata pertama kali dibuat pada pergantian abad ke-20 di suatu restoran bernama Renga-tei di Ginza, Tokyo. Tapi ada juga sejarah yang menyatakan kalau sebenarnya omurice ini dibuat untuk para pengunjung restoran Hokkyokusei di Namba, Osaka yang sedang sakit gangguan pencernaan. 

Entah mana cerita yang benar, yang pasti omurice ala Jepang ini sangat disukai hingga mendunia. Apalagi ternyata saat membuat omurice para chef di tempat yang menjual omurice sering membuat atraksi yang sangat menghibur para pengunjung. 

Dan sekarang, sangat banyak di sosial media ada omurice crafter sebutan buat chef yang membuat omurice dan difollow banyak orang hanya untuk mencoba omurice buatannya. Tentunya dengan atraksi menarik membuat orang tambah ingin mencoba.

Ingin Memasak Omurice Ala Jepang? Perhatikan Beberapa Hal Ini!

Yang membedakan omurice ala Jepang dengan nasi dadar telur lainnya adalah terletak pada permukaan yang mulus tapi memiliki volume. Ditambah bagian dalam telur harus setengah matang, lumer dan tidak terlihat terlalu basah.

Selain itu, omelette telur yang dibuat harus bisa menyelimuti nasi goreng dengan sempurna berbentuk lonjong. 

Di Indonesia, tampilan seperti omurice ala Jepang ini sangat jarang. Karena kita biasanya suka sama telur dadar matang, telur mata sapi atau pun telur orak-arik. Hampir tidak pernah kita memasak nasi goreng kemudian menyelimutinya dengan omelet. Betul tidak? Tapi omurice ini bisa jadi ide bekal anak ke sekolah loh!

Karena itu keterampilan dalam memasak dan terus mencoba membuat omurice harus sering dilatih. Sehingga bisa membuat omurice ala Indonesia yang sempurna, lumer dan lezat.

Cara Membuat  Omurice Ala Jepang Lumer dan Lezat

Sumber Instagram @196flavors

Pasti penasaran kan ingin mencoba membuat omurice ala Jepang sendiri di rumah? Apalagi melihat bahan dan alat yang dibutuhkan untuk memasak omurice sudah tersedia di dapur. 

Yuk dicoba resep rahasia omurice ala Jepang berikut ini! Ikuti step-stepnya ya agar bisa membuat omurice yang bagus.

Jangan lupa siapkan juga alat masak untuk membuat omurice Jepang, ya! Cukup sederhana, kita hanya butuh wajan teflon agar omelette tidak lengket, pisau, sumpit atau spatula, wadah dan whisk atau garpu untuk mengocok telur, dan piring saji. Pasti ada di dapur semua!

Bahan untuk membuat nasi goreng 

400 gram nasi putih
1/2 sendok makan minyak goreng 
200 gram dada atau paha ayam fillet lalu potong dadu 
Garam dan lada secukupnya
1 buah wortel, potong dadu 
1/2 bawang bombay potong memanjang kecil 
1/2 paprika hijau potong kecil
3-5 sendok makan saus tomat 

Bahan untuk membuat omelette

1 sendok makan susu cair
2 butir telur (2 butir untuk 1 omurice)
1/4 sendok teh garam
1 sendok makan mentega tawar (Bisa diganti minyak)

Cara membuat omurice ala Jepang   

Cara membuat nasi goreng

Panaskan minyak di atas api sedang. 
Bumbui ayam dengan garam, masukkan ke dalam wajan setelah panas. Tumis hingga empuk tapi jangan terlalu lama sekitar 4 menit saja
Masukkan wortel dan bawang bombay, tumis selama satu menit
Masukkan nasi putih dan paprika lalu aduk hingga rata
Lalu masukkan saus tomat lalu aduk rata hingga tidak bergelembung
Tambahkan garam dan lada secukupnya 
Aduk hingga rata 
Matikan kompor dan tata nasi goreng berbentuk oval memanjang di atas piring saji.

Cara membuat omelet lumer

Panaskan wajan teflon dan masukkan minyak atau margarin di atas api sedang
Kocok semua telur dan susu cair
Kecilkan api kompor dan masukkan campuran telur ke dalam wajan lalu putar cepat menggunakan sumpit atau spatula hingga rapi
Ketika bagian bawah telur sudah matang, langsung matikan kompor
Miringkan wajan sampai telur agak turun lalu gulung ke bagian tengah sehingga membentuk oval
Ingat, kecepatan gerak sumpit bakal menghasilkan omurice sempurna
Letakkan telur di atas nasi goreng pada piring saji
Tambahkan garam secukupnya
Lipat dengan rapi 

Jangan lupa tambahkan saus tomat agar tambah lezat di atas omurice ala Jepang yang sudah kita buat. Omurice siap dimakan!

Bagaimana? Susah-susah gampang bukan membuat omurice ini? Memang harus belajar tekniknya di dapur lebih sering sehingga bisa membuat omurice ala Jepang yang sempurna. Yuk praktik membuat omurice sendiri di rumah! Dijamin lumer dan lezat!

Baca juga 

Resep Tamagoyaki, Telur Dadar Gulung Ala Jepang

10 Ide Makanan Korea untuk Bekal Anak agar Tidak Mudah Bosan

4 Resep Onigiri yang Nikmat dan Mudah Dibuat, Cek Parents

More

Leave a Reply

Your email address will not be published.