Rekomendasi Jenis CSS Framework Terbaik yang Sering Digunakan

by -1 views
rekomendasi-jenis-css-framework-terbaik-yang-sering-digunakan

Sudah tidak diragukan lagi bahwa website memiliki peran penting dalam bisnis online saat ini. Kita bisa menemukan banyak website yang menawarkan berbagai produk dan jasa. Tidak jarang pula mereka menawarkan kemudahan pembayaran. Namun, pembuatan website bukan pekerjaan yang mudah. Apakah Anda sedang belajar menjadi seorang website developer? Jika iya, mengetahui berbagai jenis CSS Framework menjadi sebuah keharusan, bukan?

Sekalipun Anda bukan seorang developer situs web, tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa dari CSS Framework yang sering digunakan oleh website developer profesional.

Framework merupakan sekumpulan fungsi, class, atau API yang siap digunakan. Tujuan dari framework adalah mempercepat proses pengembangan dan membuat standarisasi coding. Sedangkan CSS Framework adalah perpustakaan CSS yang developer gunakan untuk membuat standarisasi tata letak dan tema website. Karena tata letak dan tampilan sudah tersedia, maka proses pembuatan front-end sebuah website bisa berjalan cepat.

CSS itu sendiri adalah singkatan dari Cascading Style Sheets. CSS berisi rangkaian instruksi yang menentukan bagaimana text akan ditampilkan di halaman website. Sudah tidak sabar untuk mengetahui apa saja jenis CSS Framework yang digunakan oleh banyak orang? Yuk, simak selengkapnya di bawah!

Bootstrap

Bootstrap merupakan salah satu Jenis CSS Framework yang Sering Digunakan
Bootstrap merupakan salah satu jenis CSS Framework yang sering digunakan.

Bootstrap adalah salah satu CSS Framework terbaik yang menjadi pilihan para pengembang website. Bootstrap hadir dengan bentuk yang bagus bahkan saat pengguna internet mengakses website melalui ponsel. Tampilan yang modern juga melengkapi keberadaan CSS Framework ini.

Proses pengembangan bisa berjalan lebih cepat. Mungkin saja ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak yang memilih Bootstrap. Jika Anda pengguna Javascript atau HTML, tentu saja Anda bisa menikmati kemudahan yang ditawarkan oleh Bootstrap. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan, termasuk:

Hemat Waktu

Meskipun pembuatan website bukan hal yang mudah, tapi penggunaan CSS Framework yang tepat bisa menghemat waktu. Terlebih, jika seorang ahli berpengalaman yang sedang mengembangkan website. Ada berbagai jenis templat gratis. Jadi, pengembang tidak perlu bingung sehingga mereka bisa menghemat waktu.

Konsep Desain yang Stabil

Keuntungan lain dari penggunaan Bootstrap adalah bentuk desain dan template yang tetap stabil namun bagus. Ini berpengaruh terhadap performa website Anda. Meskipun banyak orang yang menggunakannya, website akan tetap menunjukkan performa yang baik. Dengan demikian, developer bisa berfokus pada konsistensi pengembangan website.

Cocok untuk Berbagai Jenis Browser

Saat memilih browser, para pengguna mungkin mempertimbangkan beberapa hal, terutama kenyamanan dan keamanan. Ini menunjukkan bahwa setiap individu memiliki pilihannya masing-masing. Guna memastikan bahwa setiap pengunjung website bisa mengakses website Anda apapun browser yang mereka gunakan, Anda bisa memilih Bootstrap. Website Anda akan menjadi responsif sehingga mudah diakses.

Foundation

Anda mungkin sudah tahu bahwa Foundation ini cukup populer di kalangan front-end developer. Jika Anda masih belum yakin, silahkan coba tanya developer website Anda. Framework ini cocok dengan HTML dan CSS karena mengedepankan tampilan bagi pengguna.

Framework ini dirilis pada tahun 1998 dan cukup mudah untuk digunakan serta merupakan open source framework. Lalu, apa saja kelebihannya?

Cocok dengan Berbagai Browser

Saat hendak mengembangkan sebuah website, pastikan Anda peduli pada para pengguna. Mereka datang dari berbagai belahan dunia dengan preferensi yang berbeda. Sangat mungkin jika mereka menggunakan browser yang berbeda pula. Agar mereka tidak mengalami berbagai masalah saat mengunjungi website Anda, pastikan website Anda kompatibel dengan berbagai browser. Oleh karena itu, Anda dan pengembang bisa mempertimbangkan Foundation saat memilih CSS Framework.

Fitur yang Beragam

Setiap pengembang website tidak perlu khawatir akan kekurangan fitur yang mereka butuhkan selama proses pengembangan. Dengan adanya beragam fitur, ini tentu saja sangat membantu dalam membuat akses website dan menjaga performanya tetap baik.

Performa yang Cepat dan Baik

Foundation adalah Framework yang memiliki kinerja optimal untuk setiap penggunanya bahkan untuk mengatasi bug. Bug merupakan kecacatan yang menyebabkan software atau hardware tidak bisa berjalan seperti seharusnya.

Semantic UI

Mengembangkan front-end kekinian sangat mungkin jika memilih Semantic UI sebagai Framework. Meskipun hanya merupakan alternatif dari framework lainnya, namun Anda patut mencobanya. Banyaknya layout yang menarik dapat memudahkan proses pengembangan website. Selain itu, Framework ini juga menawarkan berbagai kelebihan, seperti:

Penulisan Class yang Cukup Mudah

Para pengembang terkadang bingung menentukan CSS. Karena mereka ingin memiliki kemudahan dalam setiap pekerjaannya. Semantic UI sangat mudah serta tidak membingungkan. Jika Anda masih bingung dalam menentukan pilihan, jenis CSS Framework ini bisa menjadi solusi tepat.

Tampilan yang Menarik dan Elegan

Pengunjung bisa menikmati tampilan menarik serta website yang ramah pengguna. Tampilan yang nyaman adalah hal utama dalam membuat website yang elegan.

Komponen Lengkap

Salah satu kelebihan Semantic UI adalah kelengkapan komponennya dan banyak pengembang yang membenarkan hal ini. Pengembangan front-end website menjadi lebih mudah.

Pure CSS

Pure CSS ada;ah salah satu jenis CSS Framework yang Sering Digunakan
Pure CSS dapat menjadi pilihan dalam membantu mengembangkan website.

Seperti yang sudah dikatakan, pemula juga bisa memilih Framework yang tepat. Untungnya, Pure CSS ini bisa Anda andalkan karena sangat mudah dan minim digunakan oleh mereka yang ingin mengerti CSS Framework. Meskipun terbilang sederhana dengan ukuran yang kecil, tetapi cakupannya luas. Memungkinkan penggunanya untuk membuat website responsif namun tetap ringan. Beberapa kelebihan saat penggunaannya adalah:

Tampilan Menarik

Ini menjadi alasan mengapa Pure CSS patut untuk diperhitungkan. Tampilannya juga berkualitas dan bersih, jadi Anda patut mencobanya.

Cocok untuk Berbagai Browser

Karena cocok untuk berbagai browser, pengunjung website tidak akan memiliki kesulitan dalam mengakses website Anda nantinya. Terlepas apakah mereka menggunakan Google Chrome, Safari, Mozilla Firefox, atau browser lainnya. Jenis CSS Framework ini juga bisa melakukan koreksi dan perbaikan bug pada CSS.

Grid Responsif

Grid dari Pure CSS begitu responsif. Pengembang membutuhkan aspek ini agar hasil pekerjaan mereka lebih mudah dan cepat. Kualitas website juga akan meningkat saat digunakan.

Kesimpulan

Itulah beberapa jenis CSS Framework yang biasa digunakan oleh pengembang website. Sebenarnya, masih ada banyak pilihan framework yang tidak jarang pula para pengembang website gunakan seperti Bulma, Skeleton, dan Metro UI. Sebagai pengembang pemula yang hendak mulai membangun website, Anda memiliki banyak pilihan. Tentu saja, pilihan Anda harus sesuai dengan kebutuhan dan harapan, bukan?

Apakah Anda berencana membuat website namun tidak tahu harus mulai dari mana? Jika demikian, tidak perlu khawatir karena Exabytes menawarkan jasa pembuatan website murah dan berkualitas. Jadi, Anda bisa menghemat lebih banyak waktu, tenaga, dan pengeluaran.

Selain itu, ada juga layanan lain yang ditawarkan mulai dari domain indonesia, Web Hosting, hingga SSL yang tentu saja dibutuhkan untuk pembuatan website. Jangan ragu untuk menghubungi Exabytes, penyedia solusi digital yang bisa Anda percayai.

Leave your vote

298 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *