Rekomendasi 25 Plugin WordPress Terbaik di Tahun 2022

by -2 views
rekomendasi-25-plugin-wordpress-terbaik-di-tahun-2022

Plugin menjadi hal yang sangat akrab digunakan bagi pengembang WordPress. Karena dengan menggunakan plugin, proses pengembangan terhadap website WordPress akan dapat dengan mudah dilakukan. 

Plugin WordPress dapat diibaratkan sebagai sebuah Toserba (toko serba ada). Karena sejatinya, terdapat sekitar 58 ribu jenis plugin yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan dan meng-upgrade WordPress.

Pada tahun 2021 ini, plugin WordPress bertambah populer dan kian diminati karena banyak aktivitas serta kegiatan masyarakat yang dilakukan melalui website. Contohnya adalah kegiatan seperti membeli barang atau makanan, belajar daring (melalui course), berinteraksi dengan sesama, hingga internet banking pun dapat dilakukan dengan website. Sehingga banyak website yang membutuhkan plugin untuk menambah fitur, kelebihan, serta melakukan pengembangan.

Website yang kian bertambah populer setiap tahun.
Website yang kian bertambah populer setiap tahun. (Sumber: iStock Photo)

Nah, apabila kalian saat ini sedang mengembangkan website dan mencari plugin WordPress apa yang sekiranya cocok untuk ditambahkan, terus simak pada artikel ini, ya! Karena akan mengulik dan membahas tentang apa itu plugin, fungsi plugin, dan macam-macam plugin yang diperkirakan akan menjadi trend di tahun 2022 mendatang. 

Apa Itu Plugin?

Plugin adalah sebuah tools yang dipasang pada WordPress untuk menambah fitur dari website. Saat ini terdapat dua situs yang menyediakan pilihan plugin beragam untuk kalian. Situs tersebut adalah WordPress.com dan WordPress.org. Secara sederhana, perbedaan kedua situs WordPress tersebut terletak pada domain dan hosting yang digunakan.

WordPress.com menyediakan layanan WordPress gratis dengan domain .com. Sedangkan WordPress.org dapat menyediakan nama domain yang lebih bervariatif. Berikut disajikan perbedaan tampilan antara WordPress.org dan WordPress.com.

Tampilan WordPress.com
Tampilan WordPress.com
Tampilan WordPress.org
Tampilan WordPress.org

Plugin yang ditawarkan oleh kedua situs tersebut juga berbeda. WordPress.com memiliki jenis plugin yang lebih terbatas. Sedangkan sebaliknya, WordPress.org menyediakan plugin dan tema yang lebih bervariatif.

Pilihan plugin pada WordPress.com
Pilihan plugin pada WordPress.com
Pilihan plugin pada WordPress.org
Pilihan plugin pada WordPress.org

Pada WordPress.org, kalian dapat mengakses plugin pada top menu. Sedangkan untuk WordPress.com, kalian dapat menemukan plugin pada menu Features.

Simak artikel perbedaan WordPress.com dan WordPress.org untuk mengetahui perbedaan kedua platform WordPress tersebut secara lengkap.

Fungsi Plugin

Sederhananya, fungsi plugin adalah untuk menyediakan fitur-fitur yang bervariasi agar dapat mengembangkan dan membuat WordPress semakin up-to-date. Berkat plugin, kalian dapat menambahkan fitur pada WordPress tanpa perlu melakukan coding.

Saat ini, terdapat beberapa jenis plugin, di antaranya yaitu Plugin SEO, Plugin Keamanan, Plugin Backup, Plugin Anti-Spam, Plugin Social Media, Plugin Migrasi, Plugin Polling, dan Plugin Kecepatan Website. Masing-masing plugin bisa memiliki fungsi yang hampir sama atau bahkan sama. Oleh karena itu, kalian harus memperhatikan dengan saksama fitur yang ingin dipasang pada WordPress dan fungsi yang ditawarkan oleh plugin.

Kalian juga bisa mencoba install plugin WordPress sendiri dengan mengikuti panduan lengkap pada artikel berikut.

Rekomendasi Plugin WordPress 2022

rekomendasi plugin wordpress sebagai tools penting guna mengoptimasi fitur website
Plugin sebagai tools penting guna mengoptimasi fitur website (Sumber: iStock Photo)

Kita telah tiba pada bagian terpenting dari artikel kali ini, yaitu rekomendasi plugin WordPress untuk menyambut tahun 2022. Silakan disimak rekomendasi di bawah ini, ya!

SEO by Yoast

Total Instalasi: 5+ juta install

Plugin pertama yang akan direkomendasikan adalah SEO by Yoast. Plugin SEO ini memiliki banyak manfaat terutama untuk optimasi SEO website. SEO by Yoast tersedia dalam versi gratis dan berbayar (dengan harga sekitar $69). 

Memiliki berbagai fitur SEO yang lengkap membuat plugin ini sangat populer dan banyak direkomendasikan oleh blogger ternama. Beberapa fitur yang dimiliki oleh fitur ini adalah page analysis, News SEO, Social Integrations, import dan export, dan fitur lainnya.

Backup WordPress

Total Instalasi: 600+ ribu install

Sesuai namanya, Backup WordPress merupakan salah satu jenis plugin backup WordPress populer yang ada saat ini. Salah satu kelebihan dari plugin adalah tidak memakan memori dan sangat ringan. Sehingga proses backup data dan file penting kalian di WordPress akan berjalan cepat tanpa mempengaruhi kinerja website.

Backup WordPress tersedia secara gratis. Salah satu fitur unggulan dari plugin ini yaitu mampu membuat jadwal backup secara otomatis dan dapat bekerja pada operating system Linux dan Windows.

WP Rocket

Total Instalasi: 1+ juta install

Selanjutnya beralih pada salah satu plugin cache. WP Rocket sebagai salah satu plugin WordPress cache memiliki konfigurasi setting yang sangat sederhana. Sehingga bagi pemula yang baru menggunakan WordPress, mereka akan cepat terbiasa dengan plugin ini.                                

Namun, kelemahan dari plugin ini adalah tidak memiliki versi gratis sehingga kalian harus berlangganan sebesar $39 per tahun untuk menggunakannya. Tetapi tentu saja ada harga ada kualitas. WP Rocket memiliki keunggulan untuk meningkatkan performa kecepatan WordPress secara signifikan.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh WP Rocket adalah quick setup, browser caching, ecommerce friendly, multilingual compatibility, cache preloading, white label, dan fitur lainnya. 

WP Super Cache

Total Instalasi: 2+ juta install

Selain WP Rocket, plugin cache yang tidak kalah populer lainnya adalah WP Super Cache. Berbeda dengan WP Rocket yang hanya tersedia dalam versi berbayar, WP Super Cache hadir dengan versi gratis. 

Meskipun tersedia secara gratis, kinerja dari plugin ini dalam meningkatkan kecepatan website sangat patut diacungi jempol. Oleh karena itu, bagi kalian yang masih terhalang budget tetapi menginginkan performa loading website bertambah cepat, dapat mencoba untuk install plugin WP Super Cache ini. 

Contact Form 7

Total Instalasi: 5+ juta install

Contact Form 7 adalah salah satu jenis plugin contact form terbaik di tahun 2021. Sehingga diperkirakan bahwa plugin ini akan memiliki pamor yang semakin berkilau di tahun 2022 nantinya. Contact Form 7 tersedia full gratis dan juga 100% bebas dari iklan. Sangat menakjubkan, bukan?

Itulah alasan mengapa plugin ini telah digunakan sebanyak lebih dari 5 juta WordPress. Contact Form 7 memiliki fitur yang sangat lengkap, diantaranya fitur keamanan yang terintegrasi dengan Akismet (plugin untuk spam filtering dan CAPTCHA). Selain itu plugin ini juga dapat membuat formulir otomatis secara cepat, tepat, dan mudah.

Disqus Comments

Total Instalasi: 100+ ribu install

Bagi Exabytes friend yang belum tahu, Disqus Comments adalah salah satu jenis plugin WordPress untuk menambahkan kolom komentar pada WordPress. Meskipun kenyataannya, Disqus hanyalah sistem komentar pihak ketiga dan plugin yang dimaksud di sini berfungsi untuk melakukan integrasi antara WordPress dan Disqus.

Kelebihan dari plugin Disqus Comments yaitu mampu menyajikan berbagai respon terhadap komentar pengunjung WordPress, seperti like, mengedit, menghapus, serta memblok. Keunggulan lain dari plugin ini yaitu tidak menambah berat memori dari WordPress karena database komen berada di sisi Disqus bukan di sisi WordPress kalian.

Akismet

Total Instalasi: 5+ juta install

Saat ini, telah banyak WordPress yang dilengkapi dengan fitur komentar. Namun, hal tersebut juga menyebabkan permasalah baru muncul, di antaranya adalah munculnya komentar-komentar spam yang mengganggu. Nah, Akismet hadir untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Akismet adalah plugin anti-spam comment yang dapat menghalau komentar-komentar tidak relevan yang mengganggu. Plugin ini juga hadir dalam versi gratis, loh!

iThemes Security

Total Instalasi: 1+ juta install

Sesuai dengan namanya, iThemes Security adalah WordPress untuk meningkatkan sistem keamanan dari WordPress. iThemes Security merupakan plugin yang sangat populer karena tersedia dalam versi gratis namun memiliki fitur yang sangat lengkap.

Jika kalian ingin menggunakan plugin ini secara profesional, maka dapat memilih versi berbayar dengan biaya $80 per tahun. Beberapa fitur yang dimiliki oleh plugin ini adalah meningkatkan keamanan server, memblokir pengeditan file yang terjadi dalam area admin WordPress, memberlakukan password yang kuat tetapi dapat dikonfigurasi, serta fitur lainnya.

AddThis Sharing Button 

Total Instalasi: 100+ ribu install

Sering bukan kalian menemukan artikel-artikel pada website yang dilengkapi dengan tombol share? Tombol share tersebut memungkinkan artikel untuk dibagikan pada berbagai media sosial sehingga akan meningkat jumlah pageviews dari artikel. 

Nah, salah satu plugin WordPress untuk share artikel adalah AddThis Sharing Button. Plugin ini dapat dikreasikan untuk ditempatkan pada posisi manapun di artikel. Beberapa fitur yang dimiliki oleh plugin ini adalah menampilkan atau tidak jumlah share pada artikel terkait, memilih posisi penempatan, mengontrol berapa banyak tombol yang akan muncul pada sidebar, serta fitur lainnya.

Redirection

Total Instalasi: 1+ juta install

Redirection adalah salah satu jenis plugin untuk mengarahkan pengunjung ke tautan lainnya yang masih aktif apabila tautan yang diklik sudah mati atau non aktif. Hadir dalam versi gratis, namun plugin ini memiliki beberapa fitur penting, diantaranya membuat beberapa jenis redirects, mengkategorikan atau mengelompokkan tautan, mengatasi terjadinya pesan error “404 error”, dan fitur lainnya. 

TablePress 

Total Instalasi: 800+ ribu install 

Lanjut ke rekomendasi plugin berikutnya yaitu TablePress. TablePress adalah plugin untuk membuat tabel pada WordPress. Hanya dengan menggunakan plugin ini, maka membuat atau menyematkan tabel kompleks pada website akan terasa sangat mudah. Plugin ini juga tersedia secara gratis, loh!

Imagify

Total Instalasi: 400+ ribu install

Manusia adalah makhluk visual. Oleh karena itu, tampilan website dengan gambar akan menjadi nilai tambah di mata pengunjung. Namun, tidak jarang bahwa penempatan gambar di website dapat mempengaruhi kecepatan load.

Sebagai solusi terhadap permasalahan tersebut, Imagify hadir untuk mengoptimasi gambar-gambar tersebut agar lebih ringan dan tidak mengganggu performa website. Imagify bekerja dengan cara mengecilkan size gambar untuk diunggah pada image library. Meskipun ukuran gambar menjadi lebih kecil, namun kualitas visualnya tetap sama.

Elementor

Total Install: 5+ juta install

Elementor adalah plugin wajib bagi seseorang yang ingin membangun website profesional tetapi tidak memiliki skill coding. Elementor hadir dalam versi gratis dan berbayar.

Versi berbayar dari Elementor memiliki fitur yang sangat lengkap hingga memungkinkan kalian untuk membangun keseluruhan elemen website (termasuk header dan footer) dengan hanya drag and drop saja.

MonsterInsights

Total Instalasi: 2+ juta install 

Plugin WordPress satu ini cukup unik karena berfungsi untuk menghubungkan website dengan tools analisa data yaitu Google Analytics. Dengan menggunakan MonsterInsights, kalian dapat mengambil data dari Google Analytics melalui dashboard website dengan mudah dan cepat.

Gravity Forms

Total Instalasi: 9+ ribu install 

Gravity Forms adalah sebuah plugin contact form untuk membuat formulir yang kompleks. Plugin ini memiliki fitur dan layanan yang sangat lengkap seperti password, captcha, download, dan lainnya. Dengan fitur yang sangat lengkap tersebut, maka sangat wajar apabila Gravity Forms memiliki harga yang cukup tinggi yaitu berkisar antara $59 hingga $259. 

User Switching

Total Instalasi: 100+ ribu install

User Switching adalah jenis plugin untuk mempermudah proses perpindahan akun tanpa perlu login dan logout berulang kali. Plugin ini menawarkan menu dropdown yang berisi pilihan akun kalian. 

Sehingga apabila kalian sedang login pada akun A dan ingin berpindah menggunakan akun B, maka kalian hanya tinggal menuju menu dropdown lalu klik pada akun B untuk berpindah.

Visual Form Builder

Total Instalasi: 60+ ribu install

Visual Form Builder adalah sebuah plugin untuk membuat formulir di WordPress. Plugin ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar seperti kebanyakan plugin lainnya. Versi berbayar dari Visual Form Builder memiliki harga $29. Salah satu kelebihan plugin ini yaitu dapat mengekspor formulir ke dalam file CSV.

Yoast Duplicate Post

Total Instalasi: 3+ juta install

Lanjut ke rekomendasi plugin selanjutnya yaitu Yoast Duplicate Post. Plugin ini mempermudah untuk melakukan duplikasi artikel, konten, serta kebutuhan lain WordPress. Hadir dalam versi gratis sehingga banyak menjadi favorit bagi para bloggers yang menggunakan WordPress. 

Replyable 

Total Instalasi: 1000+ install 

Meskipun masih memiliki jumlah instalasi yang tergolong sedikit dibanding plugin lainnya, namun Replyable diperkirakan akan populer di tahun depan. Mengingat saat ini pengunjung WordPress semakin aktif meninggalkan komentar pada konten yang mereka baca, sehingga plugin ini akan sangat bermanfaat.

Dengan plugin WordPress ini, pengunjung yang berkomentar dapat mengetahui ketika komentar yang mereka tinggalkan pada salah satu konten telah dimuat. Serta dapat juga memunculkan notifikasi ketika ada pengunjung lain yang membalas komentar tersebut. Kelebihan dari plugin ini yaitu membuat komunikasi antar pengunjung dan pemilik website dapat terjalin dengan mudah (karena membalas komentar dapat dilakukan hanya dari mailbox).

Mailchimp

Total Instalasi: 2+ juta install

Ingin mengimplementasikan email blast serta email newsletter untuk menunjang promosi website melalui email? Maka plugin Mailchimp adalah jawabannya. Versi gratis dari plugin ini sudah mampu mengirimkan email blast hingga ke 2000 pengunjung atau subscriber website. 

Really Simple SSL

Total Instalasi: 5+ juta install

Plugin Really Simple SSL sangat bermanfaat karena menjamin WordPress tetap aman ketika diakses melalui Google. Dengan menggunakan plugin ini, maka website kalian akan dengan mudah terpasang SSL dan URL akan berubah dari HTTP menjadi HTTPS.

Proses instalasi yang dibutuhkan pun sangat mudah. Kalian hanya melakukan proses aktivasi sertifikat SSL melalui penyedia jasa hosting yang ada, lalu install plugin Really Simple SSL dan mengaktivasinya. Maka URL website kalian telah otomatis berubah dan menjadi lebih aman.

WP-PageNavi 

Total Instalasi: 700+ ribu install

Plugin ini memungkinkan website kalian untuk mengatur navigasi halaman artikel atau konten menggunakan angka. Semisal konten website kalian memiliki jumlah halaman 7, maka apabila pengunjung ingin kembali lagi membaca halaman pertama, hanya tinggal klik pada angka 1 yang ada di bawah konten.

ManageWP Worker

Total Instalasi: 1+ juta install

Plugin ManageWP Worker mempermudah seseorang yang memiliki atau mengelola lebih dari satu website. Plugin ini bekerja dengan menggabungkan data dari semua website pada satu dashboard sehingga kalian dapat mengelola semua website tersebut secara praktis hanya melalui satu tempat saja.

UpdraftPlus

Total Instalasi: 3+ juta install

UpdraftPlus hadir sebagai salah satu plugin backup WordPress terbaik saat ini. Plugin ini tersedia dalam versi gratis dan versi Pro (berbayar). Versi gratis dari plugin ini memiliki fitur cukup lengkap serta dapat digunakan untuk melakukan backup terjadwal pada semua file atau data yang tersimpan di situs website. 

Salah satu kelebihan dari UpdraftPlus yaitu mendukung beberapa pilihan penyimpanan aplikasi cloud populer saat ini, seperti Google Drive, Dropbox, dan Amazon S3. Jika kalian ingin meningkatkan fungsionalitas dari UpdraftPlus secara maksimal, maka dapat berlangganan versi premiumnya dengan harga cukup terjangkau. Dengan versi premium, UpdraftPlus dapat berfungsi sebagai plugin migrasi WordPress dilengkapi dengan fitur untuk melakukan migrasi website.

Relevanssi 

Total Instalasi: 100+ ribu install

Relevansi adalah plugin untuk memaksimalkan hasil pencarian pada halaman website agar lebih sesuai dengan keinginan pengunjung. Apabila kata kunci pencarian tidak ada yang cocok, maka plugin ini akan mengambil hasil yang paling mendekati kata kunci tersebut melalui sistem pencarian parsial. Versi berbayar dari plugin Relevanssi dibanderol dengan harga $120 untuk multisites.

Manakah Plugin yang Kalian Pilih?

Bagi pemilik WordPress, kehadiran plugin adalah hal yang dianggap sangat penting karena dapat mempermudah proses optimasi serta pengembangan website. Nah, pada artikel kali ini sudah disediakan 25 rekomendasi plugin WordPress untuk dapat dipilih.

Plugin yang direkomendasikan telah mencakup berbagai persoalan website, seperti backup, security, marketing, pembuatan formulir, komentar, email blast, SEO, image, pagination, dan lainnya. Sudah sangat lengkap, bukan? Maka kalian dapat memilih plugin yang sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai rekomendasi plugin untuk tahun 2022. Semoga bermanfaat, ya! Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website, digital marketing, dan tips pembuatan konten, maka dapat mengunjungi blog Exabytes. Selain itu, Exabytes juga menyediakan jasa hosting WordPress Indonesia, loh!

Dengan berlangganan website hosting pada Exabytes, maka kalian akan mendapatkan berbagai manfaat seperti WordPress tidak akan lambat karena menggunakan SSD terbaru, memperoleh garansi 100 hari uang kembali, serta mendapatkan domain dan SSL gratis. Sangat menarik, bukan?

Dan jangan lupa subscribe agar tak ketinggalan konten artikel up-to-date lainnya. Sampai jumpa!

Leave your vote

674 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *