Ranking Militer Pakistan Naik, India Terbirit-Birit?

by -6 views
ranking-militer-pakistan-naik,-india-terbirit-birit?

Ranking militer Pakistan terkerek naik.

Menurut data yang dikeluarkan oleh grup di situs resminya, Angkatan Darat Pakistan telah menempati peringkat ke-10 terkuat di dunia dari 133 negara pada indeks Global Firepower 2021. Terutama di lini Grup Layanan Khusus (SSG) yang menjadi salah satu terbaik di dunia. Tepat di belakang; 1- PwrIndx Amerika Serikat: 0,0721, 2- PwrIndx Rusia: 0,0796, 3- PwrIndx China: 0,0858, 4- PwrIndx India: 0,1214, 5- PwrIndx Jepang: 0,1435, 6- PwrIndx Korea Selatan: 0,1621, 7- PwrIndx Prancis: 0,1691 , 8- Inggris Raya PwrIndx: 0,2008, 9- PwrIndx Brasil: 0,2037, 10- PwrIndx Pakistan: 0,2083.

Daftar Global Firepower (GFP) bergantung pada lebih dari 50 faktor untuk menentukan skor Indeks Kekuatan suatu negara (‘PwrIndx’) dengan kategori mulai dari kekuatan militer dan keuangan hingga kemampuan logistik dan geografi, tulis Modern Diplomacy.

Formula in-house yang unik memungkinkan negara-negara yang lebih kecil, berteknologi maju, untuk bersaing dengan negara yang lebih besar dan kurang berkembang. Dalam bentuk bonus dan penalti, pengubah khusus diterapkan untuk lebih menyempurnakan daftar tahunan. Panah warna menunjukkan perbandingan tren tahun ke tahun.

Lingkungan geopolitik, terutama situasi keamanan regional, cukup tidak bersahabat. Pakistan berbatasan dengan India, musuh tipikal dan belum menerima kemerdekaan Pakistan dari lubuk hatinya. Ia selalu berusaha merusak (kedamaian) Pakistan. Masalah Kashmir adalah masalah lama antara kedua rival tersebut. Di sisi lain, situasi Afghanistan merupakan ancaman keamanan permanen bagi Pakistan. Berbatasan dengan Iran berarti selalu menghadapi bahaya agresi dari AS atau Israel terhadap Iran, yang mengakibatkan kerentanan di Pakistan. Timur Tengah adalah wilayah yang terbakar panas dan menimbulkan ketidakstabilan di wilayah tersebut. Ketegangan yang meningkat antara China dan AS juga menjadi sumber masalah besar bagi Pakistan.

Dalam skenario seperti itu, Pakistan harus sangat sadar akan keamanan dan kedaulatannya. Meskipun ekonomi Pakistan yang sakit tidak mendukung kebutuhan pertahanannya, hal itu mungkin tidak membahayakan masalah strategis untuk kelangsungan hidupnya. Pakistan berfokus pada kualitas pasukannya daripada kuantitas. Pelatihan yang keras membuat perbedaan nyata — pemanfaatan Pakistan yang mendukung Sains dan Teknologi untuk mempertahankan supremasinya.

Pakistan terletak di lokasi yang penting – pintu masuk ke Teluk Arab yang kaya minyak berada di jalur perdagangan utama untuk energi. Pakistan berada pada pertemuan antara Afrika, Eropa, Eurasia, Asia Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, dan China. Pakistan adalah negara penting dan selalu menjadi fokus kekuatan dunia.

Selama era perang dingin, Pakistan memihak AS dan melindungi kepentingan wilayah Amerika. Pihak militer AS tahu betul bahwa selama Pakistan berdiri bersama AS, ia dapat mencapai semua tujuan strategisnya di wilayah tersebut. Namun, itu adalah pilihan Amerika untuk lebih mementingkan India dan mengabaikan Pakistan.

Pakistan adalah negara yang cinta damai dan berjuang untuk mempromosikan perdamaian secara global. Pakistan selalu bersuara di PBB dan forum internasional lainnya untuk yang tertindas dan melawan ketidakadilan. Dalam sejarah tujuh dekade, Pakistan tidak pernah terlibat dalam agresi apapun terhadap negara manapun. Sikap resmi Pakistan adalah, “Kami adalah mitra untuk perdamaian dengan negara mana pun, negara mana pun, atau individu.” Pakistan adalah mitra dan pendukung prakarsa perdamaian apa pun di belahan dunia mana pun.

Namun, Pakistan selalu siap untuk melindungi integritas teritorialnya dan tidak akan membiarkan penyerang merusak kedaulatan kami dengan cara apapun. Pakistan bertekad untuk menjunjung tinggi kemerdekaan dan integritas geografisnya.

Pakistan bukanlah ancaman bagi negara atau bangsa mana pun. Tidak ada niat untuk ekspansi. Namun, ia selalu siap memberikan waktu yang sulit untuk setiap penyerang. Jadi, dengan terkereknya ranking militer Pakistan, apakah India selaku seteru paling ajeg di perbatasan bakal terbirit-birit? Belum tentu juga, sebab ditinjau dari sisi manapun, posisi militer India masih lebih unggul dibanding negara Islam ini.

Penerjemah: Anastacia Patricia

Editor: Purnama Ayu Rizky

Keterangan foto utama: Para tentara Pakistan berpatroli di luar pusat distribusi materi pemilu di Lahore, Pakistan. (Foto: AFP/Wakil Kohsar)

Ranking Militer Pakistan Naik, India Terbirit-Birit?

, , ,

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *