Rambut rontok/patah dan ketombe

by -0 views
rambut-rontok/patah-dan-ketombe

Selamat siang, mau tanya dok bagaimana cara mengurangi rambut rontok/patah karena ketombe dok dan penyebab rambut rontok/patah karena ketombe itu apa ya dok supaya rambut sehat kembali. Terima kasih sebelumnya dokter

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Seperti apa yang Anda alami, ketombe memang seringkali menyebabkan rambut rontok. Olehkarena itu, yang perlu Anda lakukan adalah mengatasi ketombe. Apabila memang ketombe Anda disebabkan oleh jamur, maka Anda dapat memakai produk shampo antijamur yang mengandung Zinc pyrithione, Selenium sulfide, dan Ketoconazole. Shampo ketokonazole lebih efektif dibandingkan Zinc pyrithione. Selenium sulfida juga sering dipakai. Selenium sulfid digunakan dalam bentuk shampo, pemakaiannya dianjurkan 2-3 kali dalam seminggu selama  minimal 1 bulan. Setelah rambut dibasahi dan dioleskan sampo, diamkan selama 5 menit, setelah itu bilas. Pada kasus peradangan yang lebih berat dapat diberikan obat topical (oles) berupa krim kortikosteroid, krim ketokonazol, atau krim pragmatar.

Tentu saja rambut akan tumbuh kembali setelah ketombe tersebut sudah teratasi. Untuk membantu pertumbuhan rambut Anda, lakukan beberapa tips di bawah ini: 

  • banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi
  • hindari stres
  • hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut
  • rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah
  • cukup istirahat
  • stop merokok (pada yang merokok)
  • hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas
  • hindari pemakaian bahan – bahan kimia di rambut 

Bila hal-hal tersebut telah Anda lakukan, tapi kerontokan tidak kunjung berkurang, segeralah berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk dievaluasi akan kemungkinan adanya infeksi jamur pada kulit kepala Anda atau penyebab lain yang mendasari.

Baca juga

Temukan Kaitan antara Ketombe dan Rambut Rontok di Sini 

Berbagai Penyebab Rambut Rontok pada Remaja

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *