Profil Lengkap Sherina Munaf, Memulai Karier dari Aktris Cilik hingga Jadi Musisi Sukses!

by -10 views
profil-lengkap-sherina-munaf,-memulai-karier-dari-aktris-cilik-hingga-jadi-musisi-sukses!

Sherina Munaf dikenal sebagai seorang penyanyi yang telah merintis kariernya sejak 1999. Namun, ia memilih mundur dari industri hiburan Tanah Air saat tengah berada di puncak karier. Seperti apa profil Sherina Munaf?

Saat masih kecil, tepatnya masih berusia 9 tahun, Sherina sudah meraih ketenaran. Saat itu, dia memulai debut pertamanya di industri musik dengan album “Andai Aku Besar Nanti” yang berisikan 7 lagu.

Lagu-lagu pemilik nama lengkap Sinna Sherina Munaf ini  mampu menggebrak pasar musik anak-anak Indonesia. Setelah sukses mengawali karier sebagai penyanyi cilik, Sherina terjun ke dunia film layar lebar membintangi Petualangan Sherina.

Setelah itu, karier istri Baskara Mahendra tersebut semakin bersinar. Namun, di tengah masa emasnya, Sherina justru memilih untuk mundur dari industri hiburan yang telah membesarkan namanya dan fokus pada pendidikannya.

Dengan seluruh cerita tersebut, seperti apa sih profil Sherina Munaf? Mari ketahui dalam artikel berikut!

Mengulik Profil Sherina Munaf

Sherina Munaf dan keluarga (Instagram)

Perempuan kelahiran 11 Juni 1990 ini diketahui merupakan putri kedua dari tiga bersaudara pasangan Triawan Munaf dan Luki Ariani. Darah seni melekat di diri lulusan dari British International School tersebut.

Pasalnya, keponakan penyanyi senior Indonesia, Fariz Rustam Munaf ini diketahui memiliki hobi menyanyi dan melukis. Sherina sejak kecil kerap membawakan lagu-lagu gubahan Elfa Secioria.

Karena itu, tak heran Sherina terkenal sebagai penyanyi dan artis Indonesia yang sudah tenar sejak masih berumur 9 tahun.

Artikel terkait: Memesona! Intip 7 Transformasi Sherina Munaf dari Kecil Hingga Dewasa

Profil Sherina Munaf di Industri Musik Tanah Air

Sherina Munaf di Industri Musik Tanah Air (Instagram)

Muncul pertama kali dengan album “Andai Aku Besar Nanti” pada tahun 1999, Sherina berhasil menggebrak pasar Indonesia.

Sherina memiliki 7 lagu berjudul “Andai Aku Besar Nanti”, “Balon Udaraku”, “Bermain Musik”, “Dua Balerina”, “Kembali Ke Sekolah”, “Pelangiku” dan “Putri Dalam Cermin”.

Suara Sherina yang khas membuat anak-anak seolah mendapat musik alternatif yang sesuai.

Artikel terkait: Ajarkan Kebiasaan Baik hingga Sukses, Sherina Munaf Berterima Kasih pada Orang Tua

Berkiprah di Industri Film Layar Lebar

Berkiprah di Industri Film Layar Lebar (Instagram)

Tak hanya sukses di industri musik, Sherina juga berkiprah di film layar lebar dengan membintangi “Petualangan Sherina” pada tahun 2001. Dalam film tersebut, Sherina berperan dengan Derby Romero, Didi Petet, Mathias Muchus dan Butet Kertaradjasa.

Film ini bercerita tentang permusuhan Sherina dan Sadam yang diperankan Derby Romero. Meski awalnya bermusuhan, keduanya justru kini menjadi sahabat saat Sadam dan Sherina menghadapi penculikan Pak Raden (diperankan Butet Kertaradjasa) yang ingin menguasai tanah pertanian Ardiwilaga, ayah Sadam.

Peran kedua bocah ini dalam film arahan sutradara Riri Reza mendapat sambutan luar biasa dari penonton Indonesia. Dalam film tersebut, lagu-lagu Sherina pun dipilih menjadi soundtrack.

Film “Petualangan Sherina” disebut-sebut sebagai awal kebangkitan perfilman Indonesia. Setelah kesuksesan film tersebut, beberapa film musikal anak kemudian bermunculan.

Lagu-lagu Sherina yang ditampilkan di film itu langsung menarik perhatian khalayak. Demam Sherina pada tahun itu sempat melanda anak-anak di seluruh Indonesia.

Setelah sukses membintangi “Petualangan Sherina”, perempuan yang kini berusia 30 tahun itu kembali meraih kesuksesan saat bersama beberapa rekannya seperti Maisy, Saskia, Geofanny, Joshua, dan Kenny bermain dalam operet musikal Bobo berjudul “Misteri Naga Ungu”. 

Artikel terkait: Intip 7 Potret Menawan Ibu Sherina Munaf yang Berusia 61 Tahun, Awet Muda!

Pernah Manggung Bareng Westlife

Pernah Manggung Bareng Westlife (Instagram)

Tak hanya sukses bernyanyi dan bermain film, Sherina juga pernah tampil sepanggung bersama Westlife, grup band asal Inggris, menyanyikan lagu “I Have A Dream” yang saat itu sedang tenar.

Karier yang dimiliki Sherina pun terus meningkat. Namun, saat kariernya tengah berada di puncak, Sherina memutuskan untuk mundur dari industri hiburan dan fokus pada pendidikannya.

Saat itu, mantan kekasih Raditya Dika tersebut memilih fokus pada pendidikan dan meninggalkan dunia hiburan hingga menginjak umur 16 tahun.

Makin Bersinar

Makin Bersinar (Instagram)

Pada awal tahun 2007, Sherina muncul kembali dengan sebuah album baru yang bertajuk “Primadona”. Saat itu, Sherina muncul dengan jenis lagu yang sangat berbeda dengan ketika masih kecil.

Pada tahun itu juga, Sherina ditunjuk sebagai ikon Panasonic menggantikan Dian Sastrowardoyo. Setelah satu tahun, Sherina kembali muncul dengan penampilan yang beranjak remaja.

Dia berubah menjadi seorang penyanyi remaja dengan lagu-lagu yang mulai beraroma percintaan. Sherina kemudian bergabung untuk membuat lagu dalam film “Laskar Pelangi” dan “Ayat-Ayat Cinta”.

Merilis Album Sebagai Penyanyi Dewasa

Pada tahun 2009, kerja kerasnya membuahkan hasil. Album yang bertajuk “Gemini” benar-benar diterima pasar berbeda dengan album remaja sebelumnya. “Gemini” merupakan album kelima Sherina Munaf.

Diluncurkan pada 9 Juli 2009 di Hard Rock Cafe Plaza eX. Berisi 12 buah lagu yaitu “Ku Mau Kau Mau”, “Cinta Pertama dan Terakhir”, “Geregetan”, “Simfoni Hitam (versi Band)”, “Pikir Lagi”, “Battle of Dance”, “Bukan Cinta Segitiga”, “Pergilah”, “Kau”, “Semoga Kau Datang”, “Simfoni Hitam (versi Orkestra)”, dan “Jalan Cinta”.

Album anyar tersebut membuktikan transformasinya sebagai penyanyi dewasa. Tak tanggung-tanggung, ia ikut terjun langsung dalam pembuatan lagu, aransemen hingga proses rekaman.

Meski banyak yang menyebut dirinya sebagai seorang idealis dalam menghasilkan karya, Sherina mengaku dia hanya menginginkan hasil karyanya sempurna dan sesuai keinginannya.

Pada pembuatan single kedua dalam album tersebut yaitu “Geregetan”, sebelum mengacungkan jempol tanda puas atas hasil akhirnya, Sherina sempat mengubah lirik lagu beberapa kali, menyanyikan dan mengaransemen lagu berulang-ulang, serta mengulangi proses rekaman lagu itu.

Meski sukses menggebrak industri musik, penyanyi penyuka Marylin Manson, Peterpan, Slank, dan Gigi ini berkeinginanan melakukan kolaborasi dengan beberapa penyanyi, seperti Fariz RM. Dia pun sempat berduat dengan dua grup musik tenar di Indonesia, Gigi dan Slank.

Selain itu, Sherina kembali merilis album “Tuna” yang merupakan singkatan Tunes of Sherina pada 5 Juli 2013. Dalam album tersebut, terdapat 8 track dengan 2 lagu featuring bersama Afgan Syahreza dan Vidi Aldiano.

Lulus dari Sekolah Bahasa Jepang

Lulus dari Sekolah Bahasa Jepang (Instagram)

Sempat menghilang dari dunia hiburan, pada tahun 2016 Sherina muncul dengan kabar bahwa ia baru saja lulus dari Sekolah Bahasa Jepang bernama Kudan.

Di Negeri Sakura itu, Sherina tak hanya belajar bahasa, tapi juga memperdalam animasi. Setahun kemudian, setelah 17 tahun tak bermain film, dia pun terlibat dalam film Wiro Sableng.

Menikah dengan Baskara Mahendra

Menikah dengan Baskara Mahendra (Instagram)

Sherina Munaf telah menikah dengan aktor Baskara Mahendra pada 3 November 2020. Sherina dan Baskara melangsungkan pernikahan tanpa dihadiri tamu undangan, hanya dihadiri orang tua dari kedua mempelai dan saksi.

Acara pernikahan mereka berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat mengingat sedang adanya wabah virus COVID-19.

Meski begitu, keduanya tampak bahagia dan sampai saat ini belum menggelar resepsi pernikahan. Bahkan, keduanya mengaku mungkin tak akan pernah terjadi karena beberapa hal. 

Seperti diketahui, Baskara Mahendra Putra yang lahir 1 Januari 1993 dikenal sebagai seorang aktor dan model Indonesia.

Sherina mengungkapkan, mereka pertama kali bertemu dalam acara premier film Bebas. Saat itu, dia menikmati tersebut dan bertemu dengan seluruh kru yang bertugas, termasuk Baskara sebagai yang menjadi salah satu pemainnya.

Itulah profil Sherina Munaf yang memiliki karier cemerlang di industri musik dan film, dan memilih untuk mundur di tengah masa emasnya. Saat ini, Sherina diketahui masih aktif sebagai aktris, dan menikmati peran sebagai seorang istri.

***

12 Artis Cilik Korea yang Mencuri Perhatian, Berbakat Sekaligus Menggemaskan!

More

Leave a Reply

Your email address will not be published.