Prodi Teknik Goelogi Universitas Jambi Kuliah Lapangan di Kawasan Geopark Nasional Sawahlunto | Ɍ™

by -5 views
prodi-teknik-goelogi-universitas-jambi-kuliah-lapangan-di-kawasan-geopark-nasional-sawahlunto-|-Ɍ

SAWAHLUNTO — Fakultas Program Study (Prodi) Teknik Geologi Universitas Jambi (unja) lakukan kuliah lapangan 1 regional Sumatera Barat. Rombongan yang membawa sebanyak 28 mahasiswa itu juga sambangi Kawasan Geopark Nasional Kota Sawahlunto.

Ketua Pelaksana Kuliah Lapangan 1 Prodi Teknik Geologi Unja Magdalena Ritonga menyatakan kuliah lapangan yang dipimpin Kepala Program Studi (Kaprodi) Anggi Deliana Siregar dan didamping 5 dosen ini digelar di Sumatera Barat sejak 1 sampai 11 Juni 2022 mendatang.

“Tujuan kegiatan ini guna mengetahui kondisi dan tatanan geologi regiaonal Sumatera barat dan untuk Kawasan Geopark Nasional Kota Sawahlunto lebih mengkhususkan pengenalan geologi cekungan Ombilin,“ kata Magdalena Jumat (3/6/2022).

Lebih jauh Magdalena menjelaskan selain cekungan Ombilin juga akan ke Lembah Anai, X Koto Sungai Puar, Kaldera Maninjau, Lembah Harau dan Danau Maninjau.

“Kegiatan ini akan dituangkan dengan pembuatan laporan akhir kuliah lapangan peta pola pengaliran, peta lintasan dan lokasi pengamatan, peta geologi, peta geomorfologi,” sebutnya.

Badan Pengelola Geopark Kota Sawahlunto Rachmad Zoraldi mengapresiasi kegiatan kuliah lapangan 1 regional Sumatera Barat ke ke beberapa Geosite yang ada di Kawasan Geopark Nasional Kota Sawahlunto.

“Di sela-sela kegiatan kuliah lapangan ini ada beberapa masukan yang diberikan rombongan serta dosen guna pelestarian beberapa geosite. Dan pengalaman berharga bagi badan pengelola serta komunitas Goepark Sawahlunto yang mendampingi kegiatan ini,“ harapnya. (Inv.02)

Leave a Reply

Your email address will not be published.